New Trends of Controller: Natal, Eye, Vitality

Krisna_aji_K

New member
timthumb.php


Seperti yang dijelaskan pada masing-masing press conference; dari Microsoft di hari pertama, berikutnya oleh Nintendo di hari ke-2, dan ditutup oleh Sony setelahnya; setiap perusahaan mencoba memberikan cara bermain baru yang berbeda dari kontroller yang telah ada.

Microsoft - Project Natal
algxbox.jpg


Memulai hari pertama E3 lalu, Microsoft secara resmi mengumumnkan tentang kontroller dengan sensor miliknya, Project Natal.

Dengan ini, Microsoft mengatakan tidak butuh kontroller; jika kau lihat bola, tendang saja; jika kau liat musuh, serang saja; jika kau lihat petarung, hajar saja.

Salah satu game yang akan menggunakannya secara maksimal adalah “Ricochet”, sebuah game sepak bola tapi pemain akan menggunakan seluruh tubuh untuk melempar bolanya. “Paint Party” adalah sebuah program melukis di mana dapat menggunakan tubuh pemain sebagai kuas. Dan satu lagi “Milo” yakni virtual boy yang dapat berinteraksi dengan pemain.



Nintendo - Wii Vitality Sensor

wiivitalitysensor.jpg


Nintendo menjelaskan dalam konferensinya tentang Wii Vitality Sensor yang dapat dipasangkan pada Wii Remote. Nintendo berharap cara ini akan membuka peluang gameplay baru yang lebih luas.

Cara kerjanya cukup sederhana, dengan disambungkan dengan jari, kontroller ini akan mendeteksi denyut nadi pemain, dan lebih dari itu akan ada banyak informasi tentang di dalam tubuh manusia, sesuatu yang belum terkesplorasi sampai sekarang.

Sudah terpikir genre apa yang akan mengalami efek terbesar? Penulis yakin genre horror akan menyambut dengan tangan terbuka. Dengan kontroller ini, akan ada banyak kemungkinan baru yang bisa dilakukan.

Kontroler gerakan yang dimulai oleh Wii sudah mampu dikejar oleh Microsoft maupun Sony, tapi dengan teknik baru ini, Nintendo membuktikan diri mampu membuat sesuatu yang selalu fresh di mata penggemarnya.


Sony - Playstation Eye

sonyplaystationeyerelea.jpg


Setelah lama berkutat dengan EyeToy pada Playstation2, Sony melemparkan lagi PlayStation Eye yang menggabungkan teknologi Wii-mote dengan EyeToy.

Dengan PlayStation Eye, game bahkan dapat mengetahui jarak antara kontroller (pemain) dengan layar. Dengan fitur ini, lebih dari apa yang dapat dilakukan Wii-mote akan terungkap di kemudian hari nantinya.
 
Back
Top