Estonia

uRaN

New member
ESTONIA​





Negara republik di bagian utara Eropa; berbatasan dengan L. Baltik di barat dan utara,Latvia di selatan, dan Rusia di timur. Luas: 45.100km2.Penduduk: 1.500.000 (1995). Kepadatan penduduk:33/km2. Ibu kota: Tallinn. Bahasa resmi: Estonia.Satuan mata uanig: Kroon (EEK).
Politik

Kemerdekaan Estonia menjadi isu dominan politik di dalam negeri ini. Hubungan luar negeri ditandai dengan dibukanya jalur kerja sama ekonomi dan politik dengan beberapa negara.

Dalam Negeri. Pada tanggal 23 Februari 1990, Majelis Tertinggi Soviet (parlemen) Estonia memutuskan untuk menghapus UU yang memberikan kekuasaan pada Partai Komunis Estonia (CPE), dilanjutkan dengan diadakannya pemilu untuk memilih anggota majelis yang baru. Dalam upaya memisahkan diri dari Uni Soviet, pada tanggal 3 Maret pemerintah mengadakan pengumpulan pendapat mengenai kemerdekaan Estonia. Hasilnya menunjukkan bahwa 77,8% pemilih menginginkan Estonia merdeka. Para pemilih yang dianggap berhak ikut dalam pemilu dan pengumpulan pendapat tersebut adalah mereka yang telah tinggal di Estonia selama dua tahun terakhir sebelum pemilu dan pengumpulan pendapat atau sebelum aneksasi oleh Uni Soviet tahun 1940, beserta keturunannya.Pada akhir Maret 1990, majelis mengeluarkan deklarasi yang menyatakan bahwa Uni Soviet tidak lagi mempunyai kekuasaan di Estonia dan periode transisi sebagai langkah awal menuju Estonia merdeka dimulai Pada awal April, Majelis Tertinggi memilih Edgar Savisaar sebagai perdana menteri. Kemudian pada tanggal 8 Mei, majelis merestorasi lima artikel pertama dari Konstitusi 1938 sebagai UU yang menunjukkan status Estonia sebagai negara independen. Dalam kaitan ini Estonia berganti nama menjadi Republik Estonia dan menggunakan kembali lambang, bendera, dan lagu kebangsaan negara seperti yang digunakan sebelum menjadi bagian dari Uni Soviet. Tindakan ini dikecam oleh Presiden Mikhail Gorbachev dan etnik Rusia yang tinggal di Estonia.

Ketika terjadi kudeta terhadap Mikhail Gorbaehe di Moskwa pada tanggal 19 Agustus 1991, angkat bersenjata Uni Soviet pendukung kudeta sempat masu ke Estonia dan menguasai stasiun televisi. Majelis Ta tinggi Estonia mengumunnkan bahwa peniode transi. telah habis dan Republik Estonia adalah negara berdalat penuh. Ketika kudeta diketahui gagal, pantai polick yang mendukung kudeta dihapuskan. Edgar Savisar mengundunkan din sebagai perdana menteri dan digantikan oleh Tiit Vahi.

Konstitusi baru mulai berlaku pada awal Juli 1992 Negara membenlakukan sistem pemenintahan panIc-. menter dengan Riigikogu sebagai pengganti Majebs Tertinggi Soviet Estonia. Pemilihan anggota panlenn dan presiden dilaksanakan pada bulan September talizir itu. Partai yang merupakan aliansi kaum nasional& Isamaa, memenangkan suana terbanyak. Namun kar tidak ada pemenang mutlak dan empat orang va mencalonkan din sebagai presiden, maka keputusa diambil oleh parlemen. Lennant Men terpilih sebaa presiden pentama Estonia yang nierdeka dan benda[x penuh. Pada pertengahan Oktober, Mart Laar terprti sebagai perdana menteri.

Pada bulan September 1994 PM Mart Laar mendapat mosi tidak perCaya dan Riigikogu setelah teruneir bahwa ia seeara diam-diam melanggan suatu peijaira dengan IMF. Menteri Lingkungan Andres Tarand tajilih sebagai perdana menteri barn pengganti Laar. KaSnet koalisi barn yang dibentuk bulan November di&— minasi kelompok sayap kanan tengah, yang diwath oleh kelompok Isamaa dan moderat, Partai Indepem Nasional, dan partai-partai liberal.

Estonia secara aktif menjalin kerja sama erat di bidang ekonomi dan politik dengan negara-negara tetangga yaitu Latvia dan Lithuania, dengan mendirikan lembaga konsultatif antar parlemen pada akhir 1991. Pada awal 1992, dicapai persetujuan yang menghapuskan hampir semua hambatan perdagangan antara tiga negara dan memberlakukan kebijakan visa bersama.



Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top