G-7 (Group of Seven)

Miyuki

New member
G-7 (Group of Seven)​






Kelompok tujuh negara industri maju yang terdiri dan AS, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Canada, dan Perancis. Anggota kelompok ini sebenarnya delapan dengan masuknya Uni Eropa. Kelompok G-7 dibentuk terutama untuk meningkatkan kerja sama antara negara maju. Negara-negara G-7 menguasai sekitar dua pertiga GNP dunia dan sekitar separuh perdagangan internasional.
G-7 melakukan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) setiap tahun untuk membahas masalah-masalah khusus yang menjadi perhatian anggotanya. Pada KTT G-7 yang berlangsung 7—9 Juli 1993 di Jepang, yang menjadi bahasan antara lain adalah masalah usaha pemulihan kondisi ekonomi ketujuh negara selama 3 tahun terakhir.

Sebelum KTT tersebut berlangsung, terjadi pertemuan antara ketua Gerakan *NonBlok (GNB), Soeharto, dengan ketua G-7, Kiichi Miyazawa. Kedatangan ketua GNB didasarkan atas undangan ketua G-7.

Dalam pertemuan itu Soeharto menyerahkan dokumen yang berisi gagasan hasil KTT Non-Blok di Jakarta, September 1992. Intinya, Soeharto menyampaikan keinginan 108 negara anggota GNB untuk menghidupkan kembali dialog ekonomi Utara-Selatan. Pesan ini dibawa Miyazawa ke forum KTT G-7. Semula, pertemuan kedua pemimpin itu hampir tidak terwujud, karena beberapa negara tidak ingin forum pertemuan G-7 diperluas dan merasa kehadiran ketua GNB dapat menjadi ancaman bagi forum G-7.




Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top