Tanggalan penting dan bersejarah (November)

uRaN

New member
Tanggalan penting dan bersejarah di bulan November​




6 Partai Nasional Selandia Baru memperoleh mayoritas.

Dalam pemilihan parlemen Selandia Baru. Partai Nasional yang konservatif di bawah pimpinan Perdana Menteri James Brendan Bolger memperoleh mayoritas tipis (50 dari 99 kursi). Partai oposisi terbesar (Partai Buruh) meraih 45 kursi.





8 Arafat mencari dukungan Uni Eropa.

Pemimpin PLO Yasser Arafat tiba di Brusseldalam rangka kunjungannya ke Uni Eropa dan Belgia untuk mencari dukungan demi pelaksanaan rencana pemerintahan sendiri PLO di Gaza-Yeriko. Arafat diterima sebagai kepala negara.





9 Jembatan Mostar hancur kena artileri.


Jembatan Mostar bergaya Turki dari abad ke-16 hancur oleh serangan artileri Kroatia-BOsnia dalam pentempuran melawan Muslim-Bosnia.


11 Ancaman sanksi PBB atas Libya.

Setelah serangkaian usaha perdamaian tanpa hasil, Dewan Keamanan PBB (resolusi 883) mengancam Libya dengan sanksi-sanksi tambahan agar sebelum I Desember Libya menyerahkan dua warganya yang dituduh terlibat dalam serangan bom atas pesawat Amerika Serikat di Lockerbie. Skotlandia, pada tahuan 1988.


19 Pemilihan parlemen Serbia


Pada pemilihan parlemen di Serbia, Yugoslavia, kelompok sosialis ( bekas partai komunis) dari presiden Milosevic tidak memperoleh mayoritas absolut



Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Bls: Tanggalan penting dan bersejarah (November)

21 Putri Castro melarikan diri.


Putri sau-satunya Presiden Fidel Castro.Aliana Fernandez Revuelta, tiba di Amerika Serikat dan memperoleh suaka politik. sehari sebelumnya ia melarikan diri dari Cuba ke madrid,Spanyol.


22 Undang-undang Perlindungan Aborigin

Untuk pertama kalinyasejak koloni orang kulit putih 200 tahun yang lalu.senat Australia menyetujui UU yang mengakui dan mengatur tuntutan suku Aborigin.Penduduk asli Australia akan tanah.


28 Munas PDI di jakarta.

Sebagai penyelesaian atas kegagalan Kongres Luar biasa PDI di Surabaya pada awal bulan ini.PDI mengadakan Munas yang dihadiri 52 fungsionaris DPD PDI dari 27 profinsi itu. Megawati Soekarnoputri dikukuhkan dengan suara bulat untuk menjadi ketua umum DPP PDI sekaligus ketua formatur DPP periode 1993-1998.










Pesawat terbang Cina dibajak ke Taiwan.

Untuk kesepuluh kalinya pada tahun ini penerbangan domestik Cina dibajak ke Taiwan. Pembajak menyerahkan diri kepada polisi di bandara Taipei.


Kericuhan di Libanon Selatan.

Di Libanon selatan terjadi lagi kericuhan hebat antara pasukan Israel dan pejuang Hizbullah pro-Iran.



30 Pengakuan bilateral vatikan-Israel


Para degelasi takhta suci dan negara yahudi mendatangani di Yerusalem perjanjian tentang pengakuan bilateral dan hubungan antara Gereja Katolik Roma dan orang Yahudi.



Sumber : Ensiklopedia Indonesia
 
Back
Top