Pahami kandungan ayat-ayat Alquran

andree_erlangga

New member
Alquran memerintahkan umat Islam untuk merenungkan ayat-ayatnya dan memahami pesan-pesannya. Allah SWT berfirman, ?Apakah mereka tidak mendalami Alquran? Kalau sekiranya Alquran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka dapati banyak pertentangan di dalamnya,? (QS An Nisa: 82).
Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda, ?Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi baik, Dia akan memahamkannya tentang agama,? (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Turmudzi dan Ibnu Majah).
Alquran juga mencela orang-orang munafik yang tidak memahami maksud Alquran dan hadis. Allah SWT berfirman, ?...Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun?? (QS An Nisaa: 78).
Mereka adalah orang Arab yang memahami maksud dan kandungan makna Alquran. Akan tetapi karena jiwa yang rusak dan hati yang kotor, mereka tidak memahami maksud ucapan Sang Penutur, yaitu Allah dan Rasul-Nya.
Seorang muslim harus meningkatkan pemahaman terhadap ayat-ayat Alquran dan alam semesta agar dapat memahami hikmah yang terkandung di baliknya. Kata ?memahami? yang terdapat dalam surat An-Nisaa ayat 78 dan kata ?memahamkannya? pada hadis di atas mempunyai cakupan yang lebih luas dari kata ?ilm? (ilmu pengetahuan), makrifah (pengetahuan) dan fahm (pemahaman).
Allah SWT berfirman, ?Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui. Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui,? (QS Al An?am: 96-98).
 
Back
Top