Ribuan Buruh Perkayuan Demo Tuntut Upah

andree_erlangga

New member
Mereka berdemo dengan aksi turun ke jalan sejauh tiga kilometer menuju Kantor Gubernur turun di jalan Sudirman. Aksi para buruh yang tergabung dalam Sarikat Pekerja Seluruh Indonesia ini menuntut segara Gubernur Kalsel Rudy Ariffin membuat surat keputusan upah minimim sektoral provinsi (UMSP) Kalsel sebesar Rp 790.000 atau naik lima persen dari upah minimum provinsi (UMP) tahun 2007 sebesar Rp 745.000.

Aksi itu membuat sebagian industri perkayuan lumpuh karena melibatkan ribuan buruh dari berbagai perusahaan, yakni PT Royindo Karya Lestari, PT Kayu Murni Uning, PT Wiyaya Karya Utama, PT Surya Satria Timber dan beberapa perusahaan perkayuan lainya.
kompas.com
 
Upah buruh sangat ketergantungan terhadap APD. Aksi-aksi illegal loging tentu merugikan pemerintah karena masuk kantong pengusaha yang melakukannya, sehingga sudah jelas APD pun tidak masuk dari sektor perkayuan. Untuk itu menurut saya, berantas aksi illegal loging, agar tidak ada alasan untuk menunda-nunda kenaikan UMSP yang lebih sesuai dengan kebutuhan para buruh.
 
Back
Top