J. R. Tolkien ~ mewarnai Dunia Dengan Tulisan

shisio

New member
j__r__r__tolkien.jpg

Jhon Ronald Reuel Tolkien lahir di Bloemfoentein, Afrika Selatan, pada tanggal 3 january 1892. Ia tinggal bersama kedua pamannya ketika menjadi seorang yatim piatu saat berusia 12 tahun. Sejak pindah ke Birmingham, Tolkien dan adik-adiknya mulai mengenal kehidupan Gereja Katholik Roma. Disinilah mereka mengenal Francis Morgan, orang yang selalu mendengarkan dan dianggapnya sebagai ayah. Morgan menyukai Tolkien, karena kemampuannya beradaptasi dengan bahasa Inggris klasik. Betapa tidak,dalam usia belia, ia telah mampu menguasai bahas yunani, gothik dan finlandia dalam bentuk modern dan klasik.
kemampuan lingusitik inilah yang membuat Tolkien mudah diterima di berbagai kalangan. Salah satu teman karibnya adalah Edith Bradd, yang kemudian dinikahinya pada tanggal 22 maret 1916 di Warwick. Tolkien meneruskan pendidikannya di Exter College, Oxford, dan meneruskannya lagi di King Edward College, khusus untuk mendalami sastra klasik. Disinilah ia mendalami bahasa jerman, finlandia dan wales. Namun obsesinya pada puisi yang berjudul "The Crist Of Cynewulf" membuatnya fokus pada bahasa dan sastra inggris. Tak lama kemudian Tolkien memutuskan untuk mengembara ke Staffordshire guna mendalami bahasa inggris klasik.
Sewaktu gencatan senjata pada perang dunia ke 1 ditandatangani pada tanggal 11 November 1918, Tolkien tercatat sebagai pengajar di Oxford menjadi asisten leksiografi untuk proyek penerbitan kamus Oxford English DIctionary. Ketika terlibat dalam proyek kamus inilah, ia mulai menyadari bakatnya sebagai penulis.
Tolkien pun pindah haluan menjadi seorang penulis. Karyanya "The Father Christmas Letters" dan "The Monster and The Critics and Other Essay" yang memamerkan komposisi inggris wales dengan sangat kental. Ia pun memetik sukses ketika mulai menduduki jabatan Merton professorship of English and Literature di Oxford tahun 1945. Namun sebelum itu, trilogi "The Lord Of The Rings" telah terbit dan meraih puncak kesusksesan, puncak penjualan dan popularitas. keingintahuan pembaca tentang dunia dan orang-orang Hobbit dalam trilogi itu, telah ia puaskan melalui novel "The Hobbit" (1937). Tolkien meninggal dunia pada tanggal 2 September 1973. Namun demikian namanya tetap dikenang para pecinta buku di seluruh dunia. Apalagi setelah Channel 4 Inggris dan Waterstone menahbiskan Trilogi Lord Of The RIngs sebagai buku terbaik adad ini pada tahun 1997.
 
Back
Top