Karakteristik Bahasa Arab

Bahasa Arab mempunyai ciri-ciri kekhususan yang tidak terdapat pada bahasa-bahasa lainnya. Kemudian dari kekhususannya ini menjadikan bahasa Arab sebuah bahasa yang fleksibel, mempunyai elastisitas yang tinggi, maka dalam menjalankan dan mempertahankan fungsinya sebagai bahasa komunikasi, sarana dalam penyampaian tujuan agama, pencatatan berbagai ilmu pengetahua, telah mampu disampaikan dengan mudah dan benar.

Berikut ini adalah yang merupakan keistimewaan bahasa Arab, antara lain :

A. Isytiqaq

Yang dimaksud dengan isytiqoq adalah pengambilan sighot (bentuk kata) dari sighot yang lain, karena ada persamaan baik dari segi bentuk, maknanya maupun strukturnya dengan beberapa tambahan tertentu yang telah ditetapkan.

Ada dua pendapat ulama mengenai isytiqok ini, antara lain :

1. Ulama Bashrah bahwa sumber isytqoq adalah masdar

2. Ulama Kufah bahwa sumber isytiqaq adala kata kerja (fi`il).

B. Al-Irab

Keistimewaan bahsa Arab juga disebabkan kehadirannya I`rab, bahkan dapat dikatakan bahwa I`rab adalah ciri khas bahasa arab. I`rab adalah perubahan bunyi akhir suatu kata dalam kalimat yang disebabkan oleh perbedaan factor (‘amil yang menyertainya, baik amil disebut itu jelas maupun diperkirakan dalam benak’) Perbedaaan tersebut dapat mempengaruhi makna’.
Efek yang di timbulkan terhadap harakat, sebagai contoh :

هدا تلميد -رأيت تلميدا - مررت بتلميد

تكتب - لن تكتب – لم يكتب
Efek ditimbulkan terhadap jumlah sangat elastisitas.

أكل م�*مد السمك - السمك أكل م�*مد – م�*مد أكل السمك

علي يتعلم اللغة العربية - جاء ابوه - �*ضر المسامون


Dalam bahasa arab, ada dua gender maskulin dan feminine yang masing-masing mempunyai bentuk yang berbeda-beda, kata ejektif dan kata kerja. Bentuk-bentuk feminin menurut kaidahnya dibentuk dan kata-kata maskulin dengan menambahkan akhiran (sufiks al (atun); kaatib (un) seorang penulis wanita.

Dalam bahasa arab terdapat tiga bentuk bilangan yaitu : Tunggal, ganda dan jamak. Bilangan dual di bentuk dari kata tunggal dengan menambahkan akhiran aan (aani) untuk kasus nominative dan ayn (ayni) untuk kasus-kasus akusatik dan genetif; untuk maskulin katib kaatibaan (i), dan kaatibyn (i); untuk femini kaatibah (tun)


Dalam bahasa Arab terdapat dua bentuk jamak, yaitu jamak yang beraturan dan jamak yang tidak beraturan. Jamak yang beraturan dengan menambah akhiran pada kata tunggal, sedangkan jamak yang tidak beraturan dibentuk dengan mengadakan perubahan vocal intern kata atau dengan jalan menambahkan prefiks, infiks dan sufiks, sesuai dengan salah satu pola yg terdapat dalam kaidah jamak taksir.


C. Ilmu Balaghah
ialah ilmu yang mempelajari gaya bahasa dan rahasia-rahasia yang terkandung dalam bahasa arab, khususnya Al-Qur`an, tegasnya ilmu balaghah ini merupakan ilmu kesustraan bahasa arab.

Sebagai contoh : di dalam ilmu balaghah ada diterangkan masalah mendahulukan mafulbih, seperti iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin sedangkan masalah ini adalah ilmu nahwu.

Ilmu balaghah ini mengandung tiga pokok pembahasan :

علم المعاني - علم البيان - علم البديع

Ilmu bayan mengandung dua pokok pembahasan .

التشبية - المجاز -الكناية

Ilmu Maani mengandung banyak pokok bahasan, antara lain :

االخبر والانشاء - الدكر وال�*دف -التقديم والتاخير - القصر - الوصل والفصل -الايجاز والاطناب - المساواة

Ilmu badi` mengandung dua pokok pembahasan

الم�*سنات المعنوية - الم�*سنات اللفظية

D. Al-Mufrodat

1. Setelah al-Qur`an turun, banyak pengertian atau arti kosakata yang mengalami pergeseran, perubahan makna semantic , seperti dalam contoh contoh :

لا ريب فيه - لا شك

الصب�* - الفجر

قعد - جلس

زوج - امراة

Lafal_lafal dalam al-Qur`an jika diperhatikan dan diteliti secara mendalam akan munculkan kajian baru, sehingga nantinya al-Qur`an bukan hanya sebagai sumber hukum islam antara fiqih dan akhidah tetapi juga merupakan sumber bidang kebahasaan.

Dalam buku mukjizat Al-Qur`an Quraish shihab hal 97 mengintip pendapat Ibn al Jawzi dalam bukunya dzam –al-Hawa yang menjelaskan peringkat dan macam-macam kata cinta. Kosa kata yang bermakna cinta ini digambarkan dari kata yang paling ringan sampai kepada hal yang paling kuat, sebagai contoh :

علق – ميل - مودة - م�*بة - خلة

الهوى - العشق - التتيم -وله

Demikian contoh tentang kekayaan kosa kata bahasa Arab, serta betapa telitinya bahasa tersebut mamberikan gambaran tentang sesuatu, ini berarti bahwa dalam pemulihan kata untuk menjelaskan atau menjawab sesuatupun harus dengan kehati-hatian karena jika tidak tepat dalam memilih kata-kata maka boleh jadi membenarkan sesuatu yang sebenarnya menolaknya.

2. Efek Fonologi Terhadap Makna

Bahasa terdiri atas lambang-lambang, yaitu tanda yang digunakan untuk menyatakan sesuatu yang lain. Didalam bahasa, tanda terdiri dari rangkaian bunyi yang pada ragam tulis dialihkan kedalam tanda-tanda visual yaitu huruf dan tanda baca. Hubungan antara rangkaian bunyi tertentu dan makna yang dinyatakan bersifat arbiter semata tidak ada hubungan yang wajar antara lambang dan objek yang dilambangkannya (Panuti Sufirman, 1993, hal 9) istetika Al-Qur`an, namun demikian jika ada bunyi lafal yang menyerupai atau menunjuk kepada makna yang dikandung, maka makna itu dianggap lebih Kuba` mudo`ah mengandung arti perulangan.

Contoh : Za`za`ah artinya goncangan

Qolqalah artinya keributan

Solsolah artinya bunyi berderek-derek

Qa`qa`ah artinya gemerincing

Jarjarah artinya bising

Qorqorah artinya keroncongan

Selanjuntnya pengulangan “ain fiil menunjukan kepada makna pengulangan seperti kassara, qatta`a fettaha.

Penyair besar Mesir telah membahas ketertarikan huruf dengan maknanya, misalnya huruf awal fa berkaitan dengan makna jelas atau kejelasan seperti lafal fattaha – fakira, fajara yang mengandung arti membuka gambar dan membelah. Juga huruf awal ha berkaitan dengan makna-makna mulia, seperti hubb, haqq, huriyyah, hayah, hasan, harakah, kikmah.

Tuhan telah menciptakan bahasa Arab sebagai bahasa yang paling mulia dan paling kaya dari segala bahasa. Kekayaan kosa katanya meningkat setelah turunnya Al-Qur`an. Dari kebanyakan bahasa hanya mempunyai kosa kata untuk menyatakan satu barang (benda) maka bahasa arab untuk ‘pedang’ mempunyai delapan ratus kata, untuk ‘surga’ lima ratus kata, untuk ‘ular’ dua ratus kata dan sebagainya.


E.Al-Dalaalah

Ad-Dalaalah atau Semantic

Ilmu dalalah disepakati sebagai istilah yang digunakan untuk bidang linguistic yang memepelajari hubungan antara tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang ditandainya. Atau dengan kata lain, bidang studi linguistik yang mempelajari makna/ arti dalam bahasa arab mengenai jenis-jenis makna. Mukhtar umar membaginya kepada lima jenis

1. Al-Ma’na al-asasiy adalah makna kata yang melakat pada sebuah kata.

2. Al-Ma`na al-ishafy adalah makna yang terkandung dalam sebuah kata disamping makna sebenarnya yang melekat pada kata tersebut.

3. Al-Ma`na al –ushuby makna yang berkenaan dengan gaya pemilihan kata didalam masyarakat sehubungan adanya perbedaan sossial, geografi tingkat pendidikan.

4. Al-ma`na al-nafsy makna yang terkait pada orang tertentu tetapi tidak untuk umum.

5. Al-Ma`na al-ihaiy maka yang terkandung dalam sebuah kata yang menunujukan kepada seseorang yang berkenaan adanya kata itu dengan keadaan diluar bahasa.

Dalam kajian ini ada lafal-lafal bahasa Arab yang dihubungkan dengan lafal-lafal lainnya dan dikaitkan dengan pemakaiannya dan kita kenal dengan sebutan at-taraduf al-musytaraq lafdzhi dan at-tadhodz.

Taraduf secara harfiah berarti sesuatu mengikuti sesuatu sedangkan kata taraaduf itu sendiri berarti sesuatu yang saling mengikuti, sedangkan secara etimologi definisi Taraduf menurut Dr. Taufik Muhammad Salim beberapa kata menunjukan arti yang sama.

Contoh : Zauj – imara`ah

As-subh – al-fajr

Al-qamka – an –nabr – al-hantatun

Al-Musytarak – al-lafidziy

A-Musytarak al – lafdziy dalam bahasa indonesianya adalah kata-kata yang sama bunyinya tetapi mengandung arti dan pengertian berbeda.

Contoh : 1. Syahaadah mengandung sepuluh arti/makna

Antara lain : Observasi, menyaksikan, melihat, yakni, beraksi, DLL

Contoh : 2. Quru` yang berarti siang atau siang malam



At- Tadzodz atau Antonim.

Para ahli bahasa Arab mendefinisikan antonim dengan menggunakan satu kata untuk dua pengertian yang berlawanan seperti.

الموت - ال�*ي

البياض - البيضاء

F.Balaghah.

Balaghah adalah merupakan ilmu yang ada dalam ilmu kabahasaan dan berfungsi sebagai alat untuk memahami kandungan-kandungan maknaAl-Qur’an secara benar yang merupakan Kalamullah bukan syair yang berpatokan kepada ar-rudh dan qawafi tetapi Al-Qur’an diciptakan Allah dengan memancarakan keindahan nada dan langgamnya, susunannya singkat dan padat, memuaskan para pemikir dan orang kebanyakan, memuaskan akal dan jiwa kemudahan dan ketetapan maknanya. Tanpa memahami ilmu Balaghah ini, orang tidak mungkin dapat memahami secara pasti yang terkandung pada isi ayat-ayat yang mulia itu.

- Pada masa Jahiliyah tercermin kesempurnaan bahasa yang terdapat pada syair mereka yang dinamakan Al-Muallaqat.

- Pada masa permulaan Islam dalam pidato banyak menirukan uslub-ushub Al-Qur’an dan memakai kata-kata yang bersifat religius

- Pada masa Daulah Umayyah berlomba-lomba berpidato dan para ahli pidato ini bermunculan yang menirukan ushlub-ushlub Al-Qur’an sebagai pidatonya.

- Contoh An-Nushush al –Adabiyah.

Anta syamsun anta badrun

Anta nuurun fauqo nuurin

Pada masa Daulah Abasiyyah pembakuan ilmu balaghah dengan munculnya penemuanAl-Jahiz, Abd Qahir, Al-Jurzain, Al-Badi” Al-khatib Qazwaini

Disadur 70% dari : http://marihanafiah.wordpress.com/2008/06/27/karakteristik-bahasa-arab/
 
Bls: Karakteristik Bahasa Arab

waahh [<:) makasih banget den masykur.....ini akan sangat berguna bagi saya dan pembaca lainnya
 
Bls: Karakteristik Bahasa Arab

Pengen bisa bhs arab, jadi bisa lebih mudah memahami kandungan yg terdapat dlm Al-Qur'an..
 
Bls: Karakteristik Bahasa Arab

dari dasar lautan apa dari dasar sumur? hihihihi....

makasih threadnya den masykur, jadi tahu sedikit2 deh tentang karakteristik bahasa Arab..
aku mau belajar lebih banyak lagi ah... ajarin yah...
 
Bls: Karakteristik Bahasa Arab

yah...terimakasih buat temen2 yg udah partisipasi di thread ini...nanti saya bantu sebisa saya....

saya cuma ngerti dikit2 bahasa arab...tapi yang sedikit itu semoga berguna...sayang ilmunya udah 4 tahun yang lalu gak pernah diasah...

yang mau tanya2 silahkan...atau nanti buat thread baru sesuai kebutuhan...karena forum b.arab ini masih sangat sepi
 
Bls: Karakteristik Bahasa Arab

ho oh, aku lom punya kamusnya jadi kosakata yang aku kenal juga masih dikit...
ok, aku download biar tambah kosakata...
 
Back
Top