Sleep Paralysis

Redbastard

New member
Sleep Paralysis

dreams.jpg



Sleep paralysis adalah paralyze atau atonement yg terjadi saat tidur, biasanya ketika terbangun tiba2 atau sebelum jatuh tertidur. Seseorg akan memiliki kesadaran penuh dengan mata terbuka namun tidak dapat menggerakkan tubuh sedikitpun.

Secara psikologis sleep paralysis berhub dgn REM sleep (Rapid eye movement) dimana setelah mengalami REM mata terbuka namun paralysis tetap bertahan. Biasanya hal ini mengakibatkan halusinasi. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit, namun akan terasa lama bagi org yg mengalaminya. Setelahnya mengalami sleep paralysis biasanya seseorg akan langsung kembali ke kondisi REM sleep atau terbangun penuh.

Bagi beberapa org yg mengalaminya, sleep paralysis dianggap hanya mimpi belaka.

Beberapa ciri yang dialami seseorang pada saat dalam keadaan paralyze:

- Pandangan kabur
- Ketakutan
- Merasakan suatu 'keberadaan'
- Merasa tekanan berat di tubuh
- Merasa tak dapat bernafas
- Merasakan ancaman kematian
- Halusinasi suara
- Halusinasi visual spt bayangan, cahaya dll
- Perasaan melayang (out of body exp, OOB)
- Halusinasi gerakan

Secara fisiologis penyebab sleep paralysis belum dapat diketahui dengan pasti.. sejauh ini, para pakar psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis, yakni :

- Tidur menghadap ke atas
- Pola tidur yg tak tentu
- Stress
- Perubahan tiba2 pd lingkungan/lifestyle
- Lucid dreams


Terkadang, Sleep Paralysis sering dihubungkan dengan hal2 gaib, seperti ditindih oleh makhluk halus, dan lain sebagai nya..


sleep-paralysis-imagery.jpg


Semoga bermanfaat [<:)

sumber : berbagai sumber
 
Last edited:
Bls: Sleep Paralysis

awakaka.. tak mungkin lah kalo gw. . .

weehh,, masih mending yak ditindihinnya ma makhluk ajaib.. coba kalo ditindihinnya ma bronthosaurus.. gak kebayang deh bentuknya kayak gimana. awkakakaka...
 
Bls: Sleep Paralysis

yupi..siip kata orang jawa tindihan/ tin dien..weeww aku pernah nih ngalaminnya...hmm yummi banget...setengah sadar setengah nggak...
tapi kalau aku mengalami itu, ga seperti dikejar hantu atau ketkutan apa...aku cuman tidur tiba- tiba kayak berada di dimensi lain yang sebenernya masih di tempat di mana aku berada. aku masih tahu sekelilingku, tahu orang sekitarku secara nyata lagi ngapain, tapi aku ga bisa bilang, teriak bahkan gerak, dan pastinya nafas sedikit sesak..hmm kalau udah gitu biasanya cuman ujung jari kaki/tanganku yang bisa gerak..dan saat itu pastinya bener2 berjuang sendiri karena orang lain ga tahu kalau kita sedang mengalami itu.....so di saat itu banyak2in nyebut..berdoa...syukurnya aku masih sadar untuk berdoa hingga aku terbangun dengan sadarnya. Kalau sudah bener2 bangun..rasanya lemes banget dan bawaannya ngantuk lagi.
oya kalau kondisi seperti itu kita langsung kembali tidur lagi..wah gawat, biasanya akan tindihan lagi...jadi untuk menyiasatinya kalau udah tindihan, aku berusaha bangun dari tempoat tidur dan sekedar berolah raga kecil menggerakkan tangan, kaki, memutar kepala, pinggang, dsb.

Sleep Paralysis


Secara fisiologis penyebab sleep paralysis belum dapat diketahui dengan pasti.. sejauh ini, para pakar psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis, yakni :

- Tidur menghadap ke atas
- Pola tidur yg tak tentu
- Stress
- Perubahan tiba2 pd lingkungan/lifestyle
- Lucid dreams



Semoga bermanfaat [<:)

sumber : berbagai sumber


nah buat penyebabnya, tentyang perubahan tiba2 pada lingkungan, klo menurut aku perubahan yang berhubungan dengan udara/ kelembapan di ruang itu..sepertinya pengaruh, karena memang aku alami di rumah. Setahu aku juga secara medis, tindian ini disebabkan karena tidak lancarnya peredaran darah yang mengalir pada tubuh kita.
 
Bls: Sleep Paralysis

kalau tindihan aku sering,aku pernah merasa di kejar kejar oleh bangsa alien yang berwarna biru tubuh ku ngak bisa di gerakan,mau teriak ngak bisa
tetapi ngak tahu kenapa aku tersadar kepala ku pusing
 
Bls: Sleep Paralysis

tidur hadap ke atas menurutku ga terlalu pengaruh...karena saat tidur miring atau tengkurep aja aku pernah ngalaminya..hmm apa lagi posisi tengkurap...susaaaaaaaahhnya buat bangun lagi..
 
Bls: Sleep Paralysis

MITOS-MITOS MENGENAI SLEEP PARALYSIS DI BERBAGAI NEGARA


7.1_Sleep_Paralysis-744339.jpg

* Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.

* Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.

* Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.

* Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.

* Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.

* Di budaya TuRki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.

* Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.

* Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.

* Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.

* Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.

* Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.

Sumber : koetaradja.wordpress.com

Semoga bermanfaat
 
Bls: Sleep Paralysis

kalau di Indonesia kan mitosnya juga karena ada hantu yang menindih kita pas kita tidur, jadi kita enggak bisa bergerak. yang kalau enggak salah fenomenanya sering juga disebut dengan "kadal bengkok nimyo"
 
Bls: Sleep Paralysis

aku sering tindihan ketika tidur,bahkan aku pernah merasa bertemu dengan mahkluk alien dari ras nordik gue merasa di kejar kejar nya

hingga tubuh ku sulit di gerakan,mau mekik ngak bisa rasa nya mulut terkunci
 
Back
Top