Bagaimana Caranya Supaya Kita Mencintai Tuhan?

Joei

New member
Tuhan kan ga punya kekurangan yah. Tapi kok kita susah cinta sama Dia?

Tolong ya Tips & Sarannya =)
 
namanya juga manusia. itulah salah satu kekurangan manusia yang amat-amat familiar. susah mencintai Tuhan-nya.

caranya biar kita bisa mencintai Tuhan.. (gue ga akan berkomentar lebih. soalnya, gue sendiri juga masih belum bisa 100% mencintai Tuhan (Allah SWT)).
patuhi perintah-Nya, dan jauhilah larangan-Nya. itulah cara kita mencintai Tuhan. satu lagi, cintailah, apa-apa yang Ia cintai.

semoga ini bisa jadi nasihat buat gue pribadi, khususnya, dan buat kalian semua, pada umumnya.. amin..
 
Bos, bukan karena Tuhan tdk punya kekurangan kita tdk perlu lagi mencintaiNya. Fitrah manusia itulah dasarnya karena kita telah bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah yang wajib kita sembah.Seperti kata Kalina Maryadi cintailah apa di cintai Allah, apa itu ? Ya apa yang ada disemesta alam raya ini.Apa yang Allah ciptakan di alam semesta raya ini adalah bukti kebesaran dan kasih sayangNya walaupun kita tidak pernah meminta yang ada juga kita malah merusaknya. Satu contoh kecil yang barangkali seringkali kita lupa, apakah kita pernah minta untuk diciptakan telinga,mulut, hidung, dll kepada Allah, 'ngak kan? nah.. karena cinta dan kasih sayangNya tanpa kita minta Allah telah menciptakan untuk kita. Loginya kalau yang tidak kita minta diberikan apalagi yag kita minta dan sebagai balasan ( rasa syukur ) wajiblah kita mencintaiNya dengan Ikhlas dan menjalankan semua perintahnya serta menjauhkan sejauh-jauhnya larangannya.
Semoga bisa membantu ya bos, ma'af nich kalau kepanjangan nulisnya....
Mari kita sama-sama belajar mencintai Dia Yang Maha Pengasih dan Penyayang...
Amin.....
 
bagaimana kita mencintai Tuhan,Sang Pencupta, Ilahi,Yang Maha Adil, Allah Swt, Elling, Raja diatas segala Raja, Duduk di Singgah Sana, Sang Yang Widi, Yahweh dll ada 99 nama buatMu. Pertama Pernyataan UMUM kita harus mencintai alam semesta ini jangan sampai merusaknya.Tuhan menyatakan dirinya melalui alam semesta ini. oh betapa indahnya pegunungan ini, betapa dalamnya lautan ini tentu ada yg memeliharanya dan menjaganya, betapa nikmatnya sang Mentari terbangun dari peraduan kicauan burung ditaman menemaniku di pagi hari,jangan merusak hutan, dll kedua Pernyataan KHUSUS Tuhan menyatakan diriNYa melalui Agama dan Kepercayaan kita masing2 soal ini masing2 kepercayaan sudah tau bukan? ok Adakah seorang Bapak memberikan batu jikalau anaknya meminta sepotong Roti?
 
Last edited:
ah biasa saja harus berterimakasih pada forum ini juga maksudnya memberikan sepotong roti ya ROTI kEHIDUPAN
 
Janganlah kamu kuatir apa yg kamu pakai, makan,minum esok hari karena hidup ini lebih penting dari itu, karena itu sudah disediakan oleh Sang Pencipta.Pandanglah burung diatas taman yang menari-nari dengan ceria ia tidak menanam, menuai dan memintal namun senantiasa diberi makan oleh Sang Pencipta. Dan tengoklah bunga Bakung di pinggir jalan / bekas sampah, sering diinjak-injak orang adakah kita menyiram dan merawatnya? namun ia tetap tumbuh subur dan berbunga indah. Apalagi kita dengan berpakaian lengkap. Dapatkah kita menambah umur sejengkal? Roti Kehidupan tak akan habis dimakan usia karena bersumber dalam hati sanubari kita. Sang Pencipta Maha Suci sudah memberikan Roti Kehidupan itu jauh sebelum kita dilahirkan. Ahh betapa nikmat dan indahnya aku dilahirkan didunia ini
 
Last edited:
Coba deh baca artikel dan petunjuknya di www.damaihati.co.nr semoga dengan hati yang lebih terbuka untuk NYA, kita bisa semakin sadar untuk bisa semakin mengasihi / mencintai TUHAN YANG MAHA PENGASIH

Selamat membuka hati untuk NYA :)
 
Cara mencintai Tuhan secara Horisontal menjaga hubungan baik antar sesama mahluk hidup, Alam lingkungan sekitarnya dan secara Vertikal menjaga hubungan baik dengan Sang Pencipta menurut Keyakinannya masing2 OK
 
ya :) semuanya benar teori ya teori prakteknya minta ampun kadang tak mampu secara Horisontal aja coba bayangkan dengan Peraturan yg dibuat manusia sendiri kadang2 bertentangan dengan peraturan lain padahal tujuannya baik. Hubungan Vertikal kita kapan aja selagi masih ingat tuh
 
Sebenarnya emang ga usah bingung2 pake cara apa. Emang ga gampang sih butuh waktu,keberanian dan hati yang penuh cinta. Caranya cuman mencintai sesama kita manusia (saudara yang butuh pertolongan, temen yang lagi kesusahan, orang yang kehilangan jalan hidup, orang depresi, diri kita sendiri dan lain2), merawat alam kita tercinta (ga buang sampah sembarangan, dll), dan percaya ama Tuhan TME dengan sepenuh hati..

Bagi kita manusia yang sering seenaknya ini, kayaknya butuh perjuangan dalam melakukannya...
 
Bagaimana caranya supaya kita mencintai Tuhan ???, wow ...pertanyaan yang amat bagus,
gini lho tips dari gue, kita pake yang gampang dimengerti aja ya !!,
Syarat mencintai itu adalah menyayangi,
syarat menyayangi itu adalah mengenal, jadi tak kenal maka tak sayang, karena tak sayang maka tak cinta. so kita harus kenal dulu dong ama Tuhan Kita, tapi itulah masalah yang amat berat ! gimana caranya agar kenal kepada Tuhan.
maaf yaa bos ?? mau share aja, mungkin dapat membantu dan lain waktu kita tambah diskusinya, soalnya topik ini amat bagus untuk dibahas.
 
mencintai Tuhan? saya rasa dengan mencintai diri sendiri

dengan mencintai diri sendiri,mensyukuri segala nikmat yang sudah diberikan pada kita, jika kita sedang mendapat ujian, syukuri dan ambil hikmah/pelajaran dari nya. karena dengan ujian tersebut maka kita akan makin kuat dan akan makin bijak dalam menjalani kehidupan ini
 
PERMISI...
PERMISI..
hmm... pertanyaan baguss...
klo menurut saya cobalah berpikir bila kau kan segera mati.."berapa banyak dosa yang telah kau perbuat,apakah cukup pahala yang kau dapatkan,apakah kau kan masuk surga bila telah mati"
munkin setelah ini kan mati..????
apakah kau tidak kan ingat kan tuhanmu..
~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~
maap klo pendapat saya sangat extreme,itu tadi adalah cara saya agar bisa mencintai tuhan,dan akan ingat tuhan terus bila saya ingin melakukan sebuah dosa^_^.
 
PERMISI...
PERMISI..
hmm... pertanyaan baguss...
klo menurut saya cobalah berpikir bila kau kan segera mati.."berapa banyak dosa yang telah kau perbuat,apakah cukup pahala yang kau dapatkan,apakah kau kan masuk surga bila telah mati"
munkin setelah ini kan mati..????
apakah kau tidak kan ingat kan tuhanmu..
~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~!~
maap klo pendapat saya sangat extreme,itu tadi adalah cara saya agar bisa mencintai tuhan,dan akan ingat tuhan terus bila saya ingin melakukan sebuah dosa^_^.
punya rasa takut akan berbeda dengan punya rasa cinta.
Kalau hanya karena takut....maka kita akan melakkannya juga dengan rasa takut. tapi jika kita benar-benar mencintai nya, maka kita akan melakukan hal yang memang diwajibkan, dianjurkan dan menjauhi yang dilarang, dengan kesadaran penuh dan dengan hati yang lebih ikhlas.
mengenal tuhan, selain dg mengenal diri sendiri, kenali kata-kata Tuhan seperti yang dituangkan di dalam kitab suci
 
Back
Top