Hak Pilih TNI, Enaknya diapakan?

andree_erlangga

New member
Kapan hak pilih bagi TNI bisa direalisasikan? Dari berita Dari berita sepekan terakhir ini, banyak yang tak setuju hak pilih dilaksanakan pada pemilu 2009 mendatang. Pihak yang tak setuju ini berasal dari kalangan TNI maupun partai politik (yang tercatat antara lain PKB dan PDIP) dan tentu saja Presiden SBY sendiri. Jika diringkas, alasan pokok penolakan itu adalah kekhawatiran bakal terpecahnya TNI.

Meski begitu, ada pula yang hendak terus memperjuangkan gagasan memberikan hak pilih pada anggota TNI pada pemilu 2009. Salah satunya yang mengungkapkan itu secara terbuka adalah Partai Golkar. Dalam pandangan Golkar, hak pilih itu berkenaan dengan hak individu (prajurit) dan bukan hak institusi. Golkar juga menilai kekhawatiran TNI bakal pecah sebagai sesuatu yang dilebih-lebihkan.

Berkembang pula anggapan pemberian hak pilih ini sebagai upaya menarik kembali TNI dalam kancah politik praktis. Ini, misalnya, diutarakan oleh Wiranto. Menurut Ketua umum DPP Hanura ini, ketika reformasi digulirkan, ada desakan kuat untuk mencabut dwi fungsi ABRI. Kini, sebaliknya, justru ada upaya menggiring kembali TNI berpolitik praktis. "Ini dari mana sumbernya,?" tanyanya.

Ya, bagaimana baiknya hak pilih bagi anggota TNI ini?
 
Back
Top