Ekonomi Makin Sulit Kejahatan Makin Parah

andree_erlangga

New member
Kejahatan di jalan (street crime) melonjak pesat selama tahun 2005. Kenaikan ini sebagai akibat tekanan ekonomi yang makin sulit, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan banyaknya pengangguran sebagai akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan-perusahaan akhir-akhir ini.

"Sepanjang tahun 2005, polda mencatat sebanyak 1.214 kasus tindak kejahatan di jalanan. Ini mengalami kenaikan yang cukup siginifikan karena pada tahun 2004 hanya tercatat 343 kasus atau naik 253,94 persen," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Firman Gani pada jumpa pers akhir tahun di Mapolda.

Kejahatan yang dimaksud misalnya perampasan dengan kendaraan bermotor maupun pejalan kaki, penodongan, kejahatan di bus, traffict light, serta tindak premanisme.

Untuk menekan kejahatan yang makin meresahkan masyarakat itu, polda telah menggelar berbagai operasi. Misalnya, Operasi Sarutama 2005 yang berhasil mengungkap 92kasus dan mengamankan 1.504 orang, serta Operasi Baladewa (114 kasus dan menangkap 187 orang.

suarakarya-online.com
 
Back
Top