Lahirkan Lou han Jawara ala KLC

Status
Not open for further replies.

andree_erlangga

New member
Karaeng Lou han Club (KLC) dari Makassar kerap melahirkan lou han jawara di setiap kontes yang diikuti. Contoh sang grand champion Alfamart Lou han Competition & Expo 2006 di WTC Manggadua, Jakarta Pusat. Lou han yang dibeli dari Boen Yauw Ibrahim seharga Rp8,5-juta itu, setelah dirawat Rennes Harjono semakin tampil memikat. Wajar harganya kini tak kurang dari Rp200-juta.

Menurut Rennes yang juga pengurus KLC itu, kualitas air menjadi unsur pendukung penting. Selain pH terjaga, air selalu bersih. Rennes kerap mengganti air minimal seminggu sekali. Perawatan tetap fokus pada pembentukan warna, ujar Rennes.

Memelihara kemalau perlu perawatan intensif. Kemalau butuh pakan berprotein tinggi untuk menjaga kesehatan dan warna tubuh. Pakan itu berupa bloodworm berbobot yang dikombinasi cacing tanah. Dalam kondisi basa lou han terangsang makan lebih banyak, ujar Rennes.

Untuk memacu warna, udang air tawar bisa diberikan. Cukup udang kecil-kecil ukuran 1 cm sebanyak 5-10 ekor per hari, ujar Boen Yauw. Berselang 3 jam, berikan cacing tanah sebanyak 2-3 ekor seukuran lidi. Setelah diberi pakan, ajaklah ikan bermain-main 3-5 menit untuk membiasakan ia tampil agresif.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top