Artikel Tentang Semua Jenis Anggrek

Bls: Artikel Tentang Semua Jenis Anggrek

Anggrek Sepatu Glouttis, Si Unik Penyuka Cahaya

Anggrek sepatu glouttis yang sangat unik ini termasuk dalam keluarga anggrek terestial (anggrek tanah) yang tumbuh di tanah dan sangat menyukai cahaya. Tidak seperti anggrek lainnya, yang satu ini membutuhkan sinar matahari secara langsung. Di alam terbuka ditemukan tumbuh di padang rumput dan juga hutan-hutan terbuka.

Bunganya yang indah berbentuk tandan dan terletak di ujung tangkai. Berwarna putih pada punggungnya dan coklat kemerah-merahan atau keungu-unguan pada bagian dalamnya. Bunga mekar beruntun dari satu kuntum ke kuntum lainnya. Masa bunga merekah untuk setiap kuntumnya berkisar antara 1 sampai 3 hari.

Aromanya terkenal sangat lembut. Si cantik ini berbunga sepanjang tahun. Tidak pernah sungguh-sungguh berhenti berbunga hanya mengalami masa istirahat untuk beberapa saat namun setelah itu berbunga kembali. Salah satu perilaku uniknya adalah tangkai bunganya terpilin merunduk sebelum bunga terbuka penuh. Hal ini sering terjadi sebelum bunga merekah secara sempurna..

Tanah yang kaya akan humus sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil budidaya yang baik. Untuk itu dapat digunakan kompos dan pupuk kandang yang sudah terdekomposisi (tercampur dengan komposisi yang tepat). Lakukan sebulan sekali untuk hasil yang optimal.

Penyiraman juga harus diperhatikan untuk menjaga kelembaban namun jangan sampai berlebihan sebab dapat membuat akar membusuk. Untuk mencegah adanya serangan hama, penyemprotan insektisida dapat dilakukan juga sesekali.

Tampilannya yang unik dan menarik sangat tepat untuk dijadikan sebagai tanaman hias di kebun atau taman kita. Selain itu, berguna sebagai sumber plasma nutfah( kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional). Bahkan sebagai induk silangan untuk proses hibridasi (kawin silang antara jenis anggrek yang berbeda).

Melihatnya ada di taman rumah kita di tengah-tengah tanaman-tanaman lainnya dengan warna bunganya yang indah yang bermandikan sinar matahari pagi pastilah akan menjadi aktivitas pembuka hari yang sangat menyenangkan…

Sumber : Flowers VBL
 

Attachments

  • anggrek-glotis-1.jpg
    anggrek-glotis-1.jpg
    30.2 KB · Views: 337
  • anggrek-glotis-3(1).jpg
    anggrek-glotis-3(1).jpg
    35.3 KB · Views: 803
Back
Top