Konsumsi Pizza, Awas Lemak!

nurcahyo

New member
Konsumsi Pizza, Awas Lemak!
Lihat Gambar

KapanLagi.com - Anda termasuk penggemar pizza? Mungkin kini keinginan untuk makan pizza dalam porsi besar harus ditahan. Sebab makanan cepat saji ini ternyata juga mengandung lemak dan kalori sama banyaknya dengan burger superbesar.

"Orang umumnya enggan makan burger berukuran super besar. Tapi justru banyak yang mengkonsumsi pizza sampai beberapa potong," kata Jayne G.Hurley, pakar nutrisi dari Center for Science in the Public Interest (CSPI) di AS.

Sekedar informasi di Amerika Serikat ada tiga miliar pesanan pizza tiap tahunnya. Karena itu CSPI tergerak meneliti 15 jenis pizza dari 36 toko pizza di Washington, Chicago dan Loas Angeles. CSPI juga menggunakan informasi yang didapat dari produk pizza yang ikut disertakan dalam produk pizza mereka, seperti produk dari Pizza Hut, Domino's Little Caesars, dan Papa John. Sementara California Pizza Kitchen dan Pizzeria Uno tidak memberikan keterangan gizi pada setiap produk pizza mereka.

Yang diteliti adalah kandungan tiap porsi pizza dengan keju tawar ternyata mengandung 600 kalori dan 25 gram lemak. Ini termasuk 10 gram lemak jenuh yang berpotensi menyumbat pembuluh darah arteri. Jumlah tersebut merupakan separo di antara kebutuhan lemak sehari. Kalori dan lemak pada satu porsi pizza akan bertambah, tergantung topping yang ditambahkan.

Untuk satu jenis pizza ('Meat Lovers') yang paling banyak digemari mengandung 420 kalori dan 21 gram lemak. Kandungan tersebut nyaris sama dengan dua potong jenis pizza lainnya.

Sementara untuk dua potong Stuffed Crust Pepperoni Lover mengandung lebih dari 800 kalori dan sebanding dengan kebutuhan lemak jenuh dan sodium sehari, atau bisa juga dikatakan empat potong pizza sebanding dengan lemak kebutuhan lemak selama dua hari.

CSPI juga menyarankan beberapa cara terbaik untuk menghindari timbunan lemak berlebih selain masih bisa menyantap pizza favorit Anda:

- Pesan pizza dengan taburan keju separuh, topping yang terdiri dari sayur-mayur rendah kalori dan kaya gizi. Ayam dan ham bisa jadi pilihan alternatif kedua.
- Hindari memesan pizza dengan keju pada bagian dalam kulit.
- Saat makan pizza hindari mengkonsumsi jenis menu lain selain salad, seperti roti perancis, sayap ayam, roti keju, ataupun menu lain yang mengandung banyak keju dan lemak hewani di dalamnya.
- Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah cobalah mengkonsumsi pizza dengan sedikit keju didalamnya. (cspi/rit)
 
Back
Top