Bahas Tentang Autisme

Bls: Bahas Tentang Autisme

kalau kata saia berbekal dari film, "i am sam", tidak mungkin. soalnya autisme itu kan perkembangan otak melambat. menyebabkan ia susah berinteraksi sosial, ia juga susah mengimajinasikan atau menyimpulkan seluruh gambaran dari ke 5 indranya.

naah, singkatnya ia hanya mengurusi detailnya saja tapi tidak bisa menyimpulkan seluruhnya. misalnya dia suka berhitung, maka ia mampu menganalisa secara detail hitungannya namun ia tidak bisa menangkap gambaran keseluruhannya, kegunaannya bahkan tujuan nya juga.

bener2 fokus sama satu keahlian saja. . .
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

oo....gitu ya om
ada tmn SMA dulu yang katanya waktu kecil dia autis, kata bapaknya,
dah sembuh wkt SMA itu, bukan main cerdasnya minta ampun.
jadi ga ada pengaruhnya ya om
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

wah. . .tanya dokternya kalau lebih lanjut. saia kasih gambaran dari buku barry wright&chris williams tentang diagnosa autism:

1. asd (autism spectrum disorder)
asd itu mencangkup keseluruhan bukan berarti diagnosa tunggal (sudah pasti). asd bisa berarti autism, asperger, pervasive development disorder not otherwise specified, dll. istilahnya ini cuma diagnosa umum (mungkin temen abang masuk ini)

2. autism
ciri: cacat sosial, komunikasi, dan permainan imajinasi sebelum usia tiga tahun (termasuk streotip, kesukaan dan kegiatan)

3.sindrom asperger
ciri: cacat sosial, dan ketertarikan terbatas, tanpa adanya keterlambatan umum signifikan. bisa jauh di bawah atau diatas intelegent rata2

4.autism atipikal (PDD-NOS)
tidak autisme atau asperger. tapi ada kecacatan parah dan menetap di area yang dipengaruhi asd.

nah, bisa jadi dokter mendiagnosa temen abang dengan asd saja, terus ternyata masuk kategori asperger atau mungkin atipikal. . .
 
Last edited:
Bls: Bahas Tentang Autisme

ada lagi istilah yang sering digunakan untuk kelas "autistik-pintar" yaitu:

1. high function autism
remaja yang mengidap autisme tapi memiliki intelegent diatas rata2 (tergantung minat dan fokusnya)

2. semantic pragmatic disorder & pathological demand avoidance

bukan klasifikasi diagnosa utama seperti post sebelumnya. diagnosa ini diajukan kepada anak autisme yang spesial. karena semua anak autisme punya masalah bahasa realistik. termasuk didalamnya, yang bertemperamen keras punya niat kuat bertahan dengan keinginan mereka. karenanya, klasifikasi luar ini dikategori khusus, karena tidak bisa menggunakan cara biasa dalam menangani anak autism kelompok ini.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

dulu sih wktu ana kuliah ada buku yang katanya einstein waktu kecilnya juga pengidap autis..
makanya ada pikiran tuk hubung2in ma tmn ku sma itu
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

pernah ada suatu pengujian kepada anak asd. ia diberikan sebuah ransangan visual dan ransangan audio (mungkin tv kali gitu ya, tapi terpisah gambar sama suaranya). otak autistik cendrung menangkap yang satu dulu, baru yang lainnya dan langsung tidak memikirkan fokus pertamanya. sedangkan tanpa asd, manusia akan menerjemahkan yaitu keseluruhannya sehingga seimbang.

makanya anak asd pastilah gifted. istilahnya, ia benar2 bisa fokus tanpa gangguan ransangan lainnya (tergantung seberapa besar kuat ransangan masing2) dan tetap jalan dijalan yang sama. kalau bisa di mamfaatkan sesuai dengan hobinya (hobi bisa macem2 tergantung ketertarikan), ia bisa menjadi sangat ahli dibidangnya itu. dengan konsekuensi, ia tidak memahami lainnya.

dengan didikan benar, dan sebuah istilahnya "perumpamaan-pergantian-terhadap-objek", menurut gw dia bisa menjadi anak pintar segala hal!
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

trus apakah autis itu bisa sembuh total om ? trus apakah ada kemungkinan kambuh ga om?
kira kira berapa lama ya om utk waktu penyembuhannya? apakah memang btuh waktu yang sangat lama ?
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

ehm. . .kalo tentang einsten gw ragu juga. karena einstein menyadari pentingnya imajinasi. . .

anak autistik sangat tidak bisa berimajinasi!

dalam mendapatkan pertanyaan-jawaban urutannya seperti ini:

|--- pertanyaan -> jawaban ---|
| imajinasi -> logika -> imajinasi |
|---------- logika ----------|

cara baca diagram diatas:
-pertanyaan akan mendapat jawaban dan dicerna sebagai logika
-prosesnya harus diawali dan diakhiri dengan imajinasi

kalau anak autistik susah untuk berimajinasi, maka ia hidup dalam sebuah logika. aturan sebab-akibat, aturan a menjadi b, rutinitas tanpa ada jalan keluar lain.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

loh bukannya anak autis itu spt mempunyai dunia sendiri, punya imajinasi sendiri gitu om ?
maap2 nanyaknya aneh2. tp jd tertarik nih. hehe
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

nah itu tanya ke dokter fundingpang. kalau kata gw gag bisa sembuh. bukan gag bisa sih, mungkin tepatnya, sangat2 terlambat perkembangan. jadi tidak bisa dibilang sembuh juga, karena dari cerita2 yang saia cerna para pengidap asd masih terkungkung dalam "gelas-gelas kaca". sebuah keterikatan dengan rutinitas yang harus dijalani. bisa hilang tapi akan butuh waktu yang lama karena mereka tidak memiliki pemahaman imajinasi sama sekali. imajinasi itu sangat penting untuk membentuk sebuah manusia, imajinasi ini sering dinamakan akal pikiran. imajinasi berhubungan langsung dengan cara memahami inti suatu permasalahan. padahal kita tahu sendiri, bahwa semakin maju manusia semakin rumit dengan imajinasi (memahami joke, perasaan, empati, kebijakan, dan interaksi sosial)

coba cari kisah seorang autistik donna williams. beliau menuliskan kisah hidupnya sebagai sebuah novel. satu dari sekian banyak asd yang berkarya ketika dewasa.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

itu terbalik bang. dunia autistik itu kaku, abu-abu! dunia sendiri yang berimajinasi itu orang gila~

beda loh! hahahaha. tanya dokter fundingpang deh. . .

sama kok, saia tertarik autistik saat sma ampe sekarang. UN loh, malah beli buku tentang autistik.

back to topic,
autistik itu berbanding terbalik dengan sebuah halusinasi (orgil). jika orgil melakukan sesuatu karena merasakannya, autistik melakukan berdasar kebutuhannya.

makanya bisa disebut "dunia-gelas-kaca". kenapa? mereka bisa melihat kamu, mereka bisa berinteraksi, namun mereka menjadikanmu objek, sehingga terkesan kesendirian. kesan yang berbeda dengan "dunia buatan sendiri" karya orang gila yang benar2 sendiri. nah, ditambah anak autis itu bergerak berdasar kebutuhan, bukan keinginan. jadi kalau ia sedang melakukan sesuatu dan bentrok dengan rutinitas (kebutuhannya) ia cendrung kembali ke kegiatan rutinnya. . .
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

berarti pada dasarnya ketika org autis melakukan rutinitasnya itu dia sadar betul apa yang dia lakukan ya om ??
hadow tambah penasaran saya. apa yo yang di pikirkan org autis itu. maksud saya di pikirannya itu. masak kosong, tp kok bisa fokus ?
dokter fundingpang, plis answer my questions ?
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

bukan sadar, tapi butuh. tanpa mengerti mengapa dia butuh, tapi merasa haruss.

nah, kalo pikiran kosong, menurut saia cuma kesan yang dari luar dia perlihatkan. kenapa? karena anak2 autis, sangat2 sensitif (ada yang sering mengaitkan dengan indigo). mereka bisa merasakan hal2 yang sangat menyenangkan bagi pikiran mereka sendiri. konon, hormon penghilang rasa sakit (gw lupa istilah biologinya) di anak autis itu diproduksi banyak sekali loh. makanya jangan heran ketika mereka menyakiti diri sendiri, tapi tidak menangis. sensasi2 menyakitkan-menyenangkan sering dilakukannya ketika bereksperimen dengan tubuh. menjulingkan mata, merenggangkan jari, bergerak naik turun. dan mereka menikmatinya dan sangat memikirkannya. . .berarti, berbeda dengan manusia yang zoning out.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

Jika kita tidak kesepian di tengah khalayak ramai ataupun di pegunungan yang
sunyi, maka kita adalah orang yang mampu mengetahui bagaimana menikmati
kebebasan mutlak
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

pak
katanya kalo anak autis kalo sudah sembuh itu anaknya cenderung cerdas.
apa itu benar pak ?

Jb.tidak juga demikian, anak autisme ada dua macem, yaitu keterbelakangan mental dan yang jenius.. autsime adalah gangguan konsentrasi dengan bermain pada dunianya sendiri.. jika anak autisme yang mempunyai retardasi mental ( mental terbelakang) yang telah sembuh maka anak tersebut dapat berfungsi dalam menjalani kehidupan pribadinya namun tetap sulit menjalani kehidupan sosialnya karena anak tersebut cenderung senang menjalani aktifitas sendiri dan sulit berinteraksi dengan orang lain, kecerdasaan seseorang itu bisa diasah walaupun anak itu autisme namun konsentrasinya masih tetap berada dibawah orang yang normal.

oo....gitu ya om
ada tmn SMA dulu yang katanya waktu kecil dia autis, kata bapaknya,
dah sembuh wkt SMA itu, bukan main cerdasnya minta ampun.
jadi ga ada pengaruhnya ya om


Jb, iya bisa saja cerdas dalam hal pendidikan formal, namun kecerdasan verbal dan kecerdasan sosial atau kecerdasan yang memerlukan konsentrasi itu masih kurang dibawah anak normal dan terlihat ada perbedaannya.

trus apakah autis itu bisa sembuh total om ? trus apakah ada kemungkinan kambuh ga om?
kira kira berapa lama ya om utk waktu penyembuhannya? apakah memang btuh waktu yang sangat lama ?


Jb. tidak ada kata sembuh dalam dunia autisme, yang ada adalah lebih berfungsi dalam menjalani kehidupannya... sebagai contoh,anak autisme yang awalnya sulit untuk memakai baju sendiri padahal umurnya sudah seharusnya dapat menjalani fungsi tersebut dan setelah diajari dengan terapi okupasi maka anak tersebut sudah bisa memakai baju dan sepatu sendiri dan hal tersebut tidak akan balik kembali seperti tidak bisa memakai baju sendiri.. sebenarnya anak autisme bukanlah sebuah penyakit kronis dan tidak bisa disembuhkan, anak autis adalah keterlambatan perkembangannya dan adanya gangguan atensi.. jika anak tersebut belajar terus menerus untuk meningkatkan konsentrasi maka anak tersebut dapat meningkatkan konsentrasinya dan harus konsisten agar tidak menjadi lemah.

waktu penyembuhan tergantung oleh bagaimana kondisi gangguan atensi tersebut dan setiap anak autisme itu beda karakteristiknya..semakin parah gangguan tersebut maka semakin lama pengobatannya.

loh bukannya anak autis itu spt mempunyai dunia sendiri, punya imajinasi sendiri gitu om ?
maap2 nanyaknya aneh2. tp jd tertarik nih. hehe


Jb. iya betul... punya imajinasi tersendiri dan tertentu yang sulit dimengerti orang lain, mereka bisa menjadi orang yang kreatif kok.


berarti pada dasarnya ketika org autis melakukan rutinitasnya itu dia sadar betul apa yang dia lakukan ya om ??
hadow tambah penasaran saya. apa yo yang di pikirkan org autis itu. maksud saya di pikirannya itu. masak kosong, tp kok bisa fokus ?


Jb. Jika sudah dewasa dan konsentrasinya sudah terlatih dengan baik maka ia bisa sadar apa yang ia lakukan kok.. pikiran mereka tidak kosong kok, hanya saja mereka selalu mengikuti arahan dan petunjuk atau rutinitas yang mereka jalani.

Semoga bahagia selalu

psikolog/sinshe fudin pang
www.accuratehealth.blogspot.com
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

Anggap semua masalah sebagai tantangan. Pandanglah hal-hal yang negative yang timbul sebagai peluang-peluang untuk belajar dan bertumbuh. Jangan lari darinya, nyatakan bahwa diri anda salah dan kubur beban anda dengan membungkam seperti orang saleh, anda punya masalah ? bagus, lebih banyak lagi tantangan untuk dipecahkan. Bergembiralah, tangani dan selidiki.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

Jika kita ingin mencapai status untuk diri kita sendiri, kita hanya perlu melakukan apa yang bisa membantu orang lain. Bukankah mereka yang ingin membersihkan wajah mereka terlebih dahulu harus mengelap bersih permukaan cermin.
 
Bls: Bahas Tentang Autisme

Apa yang anda kira adalah masalah berasal dari pikiran anda sendiri, apa yang anda kira adalah kegembiraan berasal dari pikiran anda sendiri. Kebahagiaan anda tidak tergantung kepada sesuatu apapun dari luar.
 
Back
Top