Konsumsi Makanan Sehat : Telur

andy_baex

New member
Hm, siapa sih yang belum pernah makan telur? Makanan lauk yang sudah merakyat, murah dan sehat. Nah, Tulisan ini akan membahas sedikit seputar telur kandungan dan khasiatnya, apa aja sih...lanjut yukk...



Kandungan Telur



Ikhwah, menurut Prof.Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid dalam buku Beliau ?Pola Makan Rasulullah Shollallahu 'Alayhi wa Sallam?, telur dianggap sebagai makanan yang sempurna, karena mengandung setiap unsur gizi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.



Apa aja sih kandungan telur? Dua tabel berikut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gr putih telur dan tabel yang kedua menjelaskan kandungan gizi dalam kuning telur.



Pertama, putih telur, dalam setiap 100 gr mengandung :



Unsur


Kadar


Unsur


Kadar

Air


87,8 gr


Protein


10,8 gr

Karbohidrat


1 gr


Vitamin B2


0,23 mg

Asam Niasin


0,8 mg


Potasium


100 mg

Asam Pantosinik


3 mg


Besi


0,2 mg

Kalsium


6 mg


Fosfor


17 mg



Dari tabel diatas, Prof. Abdul Basith menyimpulkan bahwa dalam 100 gr putih telur mengandung 47 kalori, sementara rata-rata bobot satu putih telur adalah 30 gr.



Kedua, kuning telur, dalam setiap 100 gr kuning telur yang masih mentah mengandung :



Unsur


Kadar


Unsur


Kadar


Unsur


Kadar

Air


49,4 gr


Protein


10,8 gr


Karbohidrat


0,7 gr

Vitamin B2


0,23 mg


Vitamin B1


0,2 mg


Besi


100 mg

Asam Nikotenat


0,2 mg


Fosfor


0,2 mg


Kalsium


147 mg

Potasium


17 mg


Asam Pantotenat


3 gr


Seng


0,4

Sulfat


149 mg


Vitamin A


3110 si


Vitamin D


100 si



Prof. Abdul Basith kemudian menyimpulkan bahwa dalam setiap 100 gr kuning telur yang masih mentah mengandung 355 kalori, sebagaimana diketahui bahwa bobot rata-rata satu kuning telur adalah 17 gr.



Khasiat Telur



Menurut, Ibnu Qoyyim Al Jauziyah, telur yang baru lebih baik dari yang lama. Sementara di antara seluruh jenis telur unggas, telur ayam adalah yang terbaik. Sifatnya stabil, akan tetapi cenderung kepada unsur dingin.



Kuning telur disifatkan panas dan lembab, bisa menambah darah yang sehat dan sempurna, memberikan suntikan gizi ringan, disamping itu juga amat mudah laurt dalam lambung, yakni bisa dimasak lembut.



Ahli medis lain menegaskan, ?Kuning telur dapat mengurangi rasa sakit, bisa melegakan tenggorakan dan bronkus, baik untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, luka paru-paru, ginjal dan kandung kencing. Bisa juga memperlunak sisa makanan dan mengurangi ganjalan ditenggorokan?.



Sementara putih telur bila diteteskan ke mata yang mengalami bengkak meradang, bisa langsung mendinginkan radangnya dan menghilangkan rasa sakitnya. Bila dilumuri ke mata dicampur dengan abu pada saat pertama kali terjadi pembengkakan, akan mencegahnya agar tidak melepuh. Bila dicampur dengan serbuk kayu cendana lalu dioleskan ke kening, bisa mencegah terjadinya pengeriputan.



Penulis Al Qanun berkenaan dengan obat-obatan penyakit jantung menegaskan, ?Meskipun telur bukanlah termasuk obat-obatan optimal, namun jelas berkhasiat menguatkan jantung (yakni kuning telur). Kuning telur memiliki tiga keistimewaan: Pertama, mudah laurt dalam darah. Kedua, sedikit ampasnya, ketiga, bahwa darah juga berasal darinya, atau setidaknya unsurnya bisa berdampingan dengan darah yang menjadi makanan jantung. Selain itu, unsur telur juga ringan sekali. Oleh sebab itu, para penderita penyakit pencernaan mudah sekali beradaptasi dengan telur sehingga mudah diserap oleh tubuh.



Tips Memilih Telur



Setelah mengetahui kandungan dan khasiat telur, ini ada tips dari Buku Tips Praktis Seputar Dapur Nova mengenai cara memilih telur yang baik.



Pertama, Tanda telur yang baru dan masih segar, terlihat dari kulitnya yang kasar dengan warna yang pucat. Jika dimasukkan ke dalam air di gelas, posisi telur akan horizontal, jatuh ke bawah gelas. Putih telur akan mengelilingi sekitar bulatan merahnya.



Kedua, Telur yang sudah lama dapat diamati dari kulitnya yang halus dan bersinar.



Ketiga, Ketika membeli telur sebaiknya tulis tanggal pembelian di boksnya. Lakukan hal sama jika membuka makanan atau minuman kaleng. Hal ini berguna untuk menolong mengingatkan berapa lama sudah makanan itu ada/dibuka sehingga tetap aman dikonsumsi.



Keempat, untuk mengecek apakah telur masih dalam keadaan baik dan segar, taruh dalam panci yang berisi air kemudian tambahkan sedikit garam. Jika tenggelamn, berarti masih segar. Sebaliknya, jika terapung ke permukaan, buang saja karena sudah buruk.



Nah, semoga dengan tulisan ini, akan menambah pengetahuan pembaca mengenai khasiat telur. Tetap selalu hidup sehat dan halal.



Maroji' :



Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Metode Pengobatan Nabi Shollallahu 'alayhi wa sallam, Griya Ilmu, Jakarta



Prof.Dr.Abdul Basith Muhammad as-Sayyid, Pola Makan Rasulullah Shollallahu 'alayhi wa Sallam:Makanan Sehat Berkualitas Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah, Almahira, Jakarta



Tips Praktis Seputar Dapur Nova, Primamedia Pustaka
 
Back
Top