4 Alasan Orang Kristen Tidak Berdoa

A_S_T

New member
4 ALASAN ORANG KRISTEN TIDAK BERDOA



Lukas 18:1
"Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan,

bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu."



PENDAHULUAN



TUHAN YESUS mengajar dan menginginkan supaya kita memiliki kehidupan dan komitmen doa yang dilakukan secara terus menerus dengan tidak jemu-jemu, walaupun apa yang kita doakan belum memperoleh jawaban dari TUHAN. Tetap melaksanakan doa adalah keinginan BAPA kepada kita anak-anakNya untuk memiliki hubungan yang dekat, intim dan senantiasa berkomunikasi kepada Dia.



Tetapi dengan kuatnya segala peringatan dan bahaya mengacuhkan doa, orang Kristen masih merasa sulit untuk beroda.

Kenapa? Saya percaya ada empat alasan untuk hal ini.



Alasan-alasan yang sering dikemukakan adalah:



1. Beberapa orang Kristen tidak berdoa karena mereka mempunyai Kasih yang suam-suam kepada TUHAN!



Pada saat saya memakai kata 'suam-suam' untuk menggambarkan kasihnya pada YESUS, saya tidak mengartikan ia dingin terhadap TUHAN. Tetapi yang saya maksudkan ialah bahwa kasihnya 'murah' - tidak berharga. Biarlah saya memberikan sebuah contoh: Saat YESUS berpesan pada jemaat Efesus di kitab Wahyu 2:4-5, pertama-tama IA memuji mereka karena pekerjaan mereka. IA mengakui kerja keras mereka di dalam iman: membenci dosa dan kompromi, menolak ajaran sesat dan tak pernah lelah atau menyerah pada waktu disiksa, dan selalu berdiri untuk Injil.



Tetapi KRISTUS berkata, IA menemukan satu hal yang kurang pada mereka. Mereka telah meninggalkan kasih mula-mula, kasih yang mahal padaNya! "Namun demikian AKU mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula." (Wahyu 2:4)

Walaupun mereka mempunyai pekerjaan yang bagus, mereka meninggalkan kasih mereka, perjalanan mereka dengan YESUS. Dan sekarang IA berkata pada mereka, "Kamu telah meninggalkan kasihmu yang semula. Kamu meninggalkan kedisiplinan yang berharga untuk datang dalam hadiratKu, untuk berhubungan denganKu!"



2. Beberapa orang Kristen tidak berdoa karena mereka telah kehilangan prioritasnya!



Prioritas ialah seberapa pentingnya kamu menganggap satu hal. Dan orang Kristen yang mengabaikan doa telah kehilangan prioritasnya! Banyak orang percaya bertekad mereka akan berdoa kalau mereka mempunyai waktu. Tetapi tiap minggu, mencari KRISTUS menjadi kurang penting bagi mereka daripada membersihkan rumah, mengunjungi teman, makan di luar, pergi belanja, menonton olah raga. Mereka cuman tidak menyediakan waktu untuk berdoa.

Nabi Maleakhi menuliskan, "Apabila kamu membawa seekor binatang buta untuk dipersembahkan, tidakkah itu jahat? Apabila kamu membawa binatang yang timpang dan sakit, tidakkah itu jahat? Cobalah menyampaikannya kepada bupatimu, apakah ia berkenan kepadamu, apalagi menyambut engkau dengan baik? Firman TUHAN semesta alam." (Maleakhi 1:8)

Maleakhi berkata, "Kamu membawa binatang tua untuk dipersembahkan ke hadirat TUHAN. Tetapi ini adalah persembahan yang ceroboh, bodoh dan bekas. Cobalah memberikan persembahan semacam ini pada pemerintahmu. Ia akan melemparkanmu dari hadapannya."



TUHAN mengharapkan umatNya pergi ke ternaknya secara hati-hati, memeriksa semua binatang, untuk memilih yang paling sempurna dari mereka untuk dipersembahkan kepadaNya. Dan sama seperti hari ini, TUHAN mengharapkan hal yang sama dari kita. IA ingin waktu kita yang berharga - waktu yang tidak terburu-buru atau tergesa-gesa. Dan kita harus menyediakan waktu itu untuk prioritas kita!



3. Beberapa orang Kristen tidak berdoa karena mereka terbiasa hidup tanpa doa!



Banyak orang Kristen berpikir bahwa yang diperlukan hanyalah pergi ke gereja, memuji, mendengarkan firman, menolak dosa, melakukan yang terbaik, dan semua akan lebih baik bagi mereka. Ini bukanlah persembahan yang mereka bawa pada TUHAN - dan mereka berpikir Ia bersuka terhadap hal-hal itu! Mereka adalah orang baik-baik, berkeluarga, dan mereka bisa berbicara tentang semua hal-hal kerohanian. Tetapi mereka tidak mempunyai kehidupan doa sama sekali. Mereka menghabiskan berjam-jam dengan keluarga, duduk di depan TV, atau melakukan hobi mereka - tapi mereka tidak punya waktu untuk sendirian dengan KRISTUS.



Saya takut pada setiap orang Kristen yang terbiasa hidup dengan tenang tanpa kehidupan doa sehari-hari - yang tidak pernah berhubungan dengan TUHAN. Orang-orang semacam ini akan menjadi orang asing bagiNya. Dan mereka akan ada di antara mereka yang ditolak KRISTUS pada hari penghakiman. Matius 7:21–23 berkata: "Ya, kamu melakukan banyak pekerjaan besar - kamu menyembuhkan orang, kamu melakukan mukjijat, kamu membawa banyak orang ke dalam kerajaanku. Tapi aku tak pernah mengenalmu. Enyahlah dari hadapanKu, orang asing!"



4. Beberapa orang Kristen tidak berdoa karena mereka tidak percaya TUHAN mendengar doa mereka!



Setelah beberapa waktu, banyak orang percaya akan merasa ragu-ragu terhadap doa yang belum dijawab - dan akhirnya, mereka menyerah. Mereka berpikir, "Mungkin aku kurang iman. Yang kutahu, doa tidak bekerja untukku. Dan mengapa aku harus berdoa kalau itu tidak bekerja

Orang Israel pada jaman nabi Yesaya punya sifat yang sama. Yesaya menulis: "Memang setiap hari mereka mencari Aku dan suka untuk mengenal segala jalanKu. Seperti bangsa yang melakukan yang benar.. mereka menanyakan Aku.. Mereka suka mendekat menghadap ALLAH, tanyanya, mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" (Yes 58:2-3).



Yakobus menulis bahwa TUHAN tidak menjawab doa mereka yang meminta kepuasan untuk diri mereka sendiri: "Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu." (Yakobus 4:3). Dengan kata lain, "Kamu tidak meminta kehendak TUHAN terjadi. Kamu tidak siap untuk menyerah pada keinginanNya. Sebaliknya, kamu mencoba mendikte DIA untuk hal-hal yang memuaskan hatimu sendiri!"

YESUS berkata, "apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Mat 21:22). Dijelaskan, KRISTUS berkata, "Kalau kamu benar-benar percaya, kamu akan mau untuk menanti dan berharap untuk sebuah jawaban dari BAPAmu di sorga. Dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk hal itu tidak masalah. Kamu harus berpegang teguh dalam iman, percaya IA akan menjawabnya."



KESIMPULAN

Kita harus memperbaharui hubungan kita dengan TUHAN untuk mengalami semua janji-janjiNya dan menerima apa yang kita rindukan dalam hidup kita untuk menjadi nyata melalui doa-doa yang kita naikkan setiap hari.



Pergi ke ruang doamu setiap saat, dan carilah Ia dengan sepenuh hatimu. Itulah jawabanmu untuk perkawinan yang dipulihkan, kerabat yang belum diselamatkan, semua kebutuhan dalam hidupmu. Jawaban untukmu mungkin tidak datang dalam semalam. Tetapi, TUHAN akan melakukan pekerjaanNya dengan waktu dan jalanNya. Bagianmu ialah untuk percaya bahwa Ia setia untuk menjawabmu - sebab kamu adalah anak yang dikasihiNya!

sumber : http://www.ladangtuhan.com/komunitas/kumpulan-kotbah-renungan/4-alasan-orang-kristen-tidak-berdoa/
 
Bls: 4 Alasan Orang Kristen Tidak Berdoa

yup,
Tuhan selalu mendengar,
sekalipun kita berontak
Dia selalu memanggil,
karena,
DIA ADALAH TUHAN YANG HIDUP!!!!

met natal.
Tuhan Yesus Memberkati
 
Bls: 4 Alasan Orang Kristen Tidak Berdoa

yup,
Tuhan selalu mendengar,
sekalipun kita berontak
Dia selalu memanggil,
karena,
DIA ADALAH TUHAN YANG HIDUP!!!!

met natal.
Tuhan Yesus Memberkati
selamat natal jg yaa
 
Back
Top