Bau Mulut

andy_baex

New member
Kadang kita nggak menyadari bahwa ketika kita asyik bercerita lawan bicara kita terlihat megap-megap menahan napas sambil menoleh ke arah lain. Kenapa demikian??Rupanya mulut kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap sehingga mengganggu lawan bicara kita, kalo udah begini nggak ada jalan lain selain berburu cairan-cairan pencuci mulut yang mengandung alkohol dan zat rasa. Tapiii?apakah langkah ini udah efisien????

BAU mulut sejak dulu bukan hanya menjadi masalah kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga merupakan masalah sosial, halitolisis telah menghantui manusia sepanjang masa. Memang, banyak hal yang bisa jadi penyebabnya, tetapi yang utama adalah masalah di dalam mulut. Seorang pengajar kedokteran gigi di Boston University Henry Goldman School of Dentistry dalam the Female Body. Richard H. Price.D.M.D, mengatakan bahwa mulut adalah salah satu bagian tubuh yang paling kotor.

Mengatasi bau mulut tergantung dari penyebabnya, 80 hingga 90% dari kasus bau mulut disebabkan oleh sesuatu di dalam mulut kita yang seringkali dikarenakan oleh mulut yang kotor. Penyebabnya bisa aja akibat gigi kita yang bermasalah seperti gigi berlubang dan lain-lain. Ada juga yang disebabkan oleh kondisi tenggorokan atau saluran pernapasan yang kurang baik. Masalah lain yang bisa jadi sumber bau mulut adalah beberapa penyakit atau kelainan di bagian tubuh lainnya. Penderita kencing manis misalnya, mengeluarkan bau aseton melalui mulut atau pernapasannya. . Juga demam yang diakibatkan oleh infeksi karena suhu tubuh yang tinggi akan menurunkan produksi air liur. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan, seperti obat penurun tekanan darah, antidepresi, dan antihistamin juga mengakibatkan terjadinya bau mulut. Selain itu, gangguan metabolisme dan gangguan fungsi beberapa organ tubuh bisa membuat bau mulut tak sedap.

Beberapa makanan dan minuman juga bisa menyebabkan bau mulut. Orang yang menyukai pete, jengkol, durian, nangka, dan cempedak tentunya mengetahui efek yang ditimbulkan beberapa saat setelah memakan makanan di atas. Demikian pula halnya dengan bawang-bawangan. Selain itu, minuman beralkohol dan rokok juga menyebabkan bau mulut karena sifat bahan-bahan di dalamnya yang menyebabkan mulut kering. Pada orang-orang tertentu, kacang-kacangan menyebabkan munculnya bau amis karena kelainan dalam metabolisme protein. Makanan yang mengandung gula, susu, dan kopi juga menyebabkan bau mulut, karena zat-zat tersebut akan terurai menjadi zat yang asam dan berbau oleh bakteri dalam mulut Pada dasarnya, apa yang baik bagi gigi dan gusi pastilah baik pula untuk mulut kita. Kalo kita memperbaiki cara membersihan mulut dan terus menerus memantau semua kejadian dalam mulut, mudah-mudahan kita dapat menyingkirkan bau busuk dan sariawan selamanya. Nggak enak kan ketika kita sedang ngobrol ternyata mulut kita mnegeluarkan bau khas yang kurang sedap, kalo udah begini siapa yang mau deket, nyamuk pun pasti enggan (wahh?.gawat). Nah berikut ada langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memerangai yang namanya halitolisis alias bau mulut.

- Bersihkan mulut

Menggosok gigi bila dikerjakan dengan benar dapat membuang bakteri yang paling berperan dalam semua masalah mulut dan gigi. Menyikat gigi yang benar adalah: memegang sikat dengan gagang dalam telapak tangan, sementara jempol diluruskan untuk bertindak sebagi penahan. Pelan-pelan, gosokkan sikat gigi dengan gerakan ke depan ke belakang pendek-pendek (tiga gigi saja sekali sikat). Kemudian dengan memutar pergelangan sedikit, sapukan sikat gigi ke bagian samping gigi untuk membersihkan kotoran dan bakteri dari garis gusi. Sikat lidah. Banyak dokter gigi percaya bahwa kita harus menyikat lidah . Lidah dihuni oleh bakteri yang dapat menyebabkan napas berbau. Dan ingat sikatlah gigi paling sedikit dua kali sehari, waktu yang terbaik untuk menyikat gigi adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur.

- Berkumur

Selain dengan sikat gigi, pembersihan mulut dapat dilakukan dengan cara berkumur-kumur di antara kedua waktu menyikat gigi. Tidak peduli apa pun yang baru kita makan, apabila kita tidak dapat langsung menggosok gigi, cara terbaik adalah mencari wastafel kemudian berkumur. Berkumur akan membuang sebagian besar sisa makanan dan melarutkan asam-asam yang terbentuk oleh partikel-partikel makanan. Banyak produk larutan kumur yang beredar di pasaran dan pada umumnya mampu menurunkan jumlah bakteri dalam mulut. Tetapi, penggunaan obat kumur secara rutin tidak dianjurkan karena hal ini justru akan mengganggu keseimbangan flora dalam mulut.

- Minum air

Selain dengan menjaga kebersihan mulut, pencegahan bau mulut dapat dilakukan dengan minum air paling sedikit delapan gelas sehari. Mulut yang kering dapat juga menjadi sumber bau yang tidak sedap. Mengonsumsi makanan berserat juga banyak manfaatnya, karena proses mengunyah makanan berserat akan merangsang produksi air liur dan mempunyai efek self-cleansing pada mulut, oleh karena itu sering-seringlah memakan seledri, wortel, kacang-kacangan ataupun keju.

- Lupakan bawang

Hindari bawang putih dan merah. Dua bahan ini mungkin rasanya lezat , tetapi mereka akan bersirkulasi di tubuh kita selama 24 jam setelahnya. Serang plak. Mulut kita mungkin merupakan surga untuk plak, suatu lapisan tipis yan lunak dan jernih yang merupakan tempat perkembangbiakan yang sangat dicintai oleh bakteri . Menyikat gigi tiga sampai lima kali setiap hari atau setidaknya setelah sarapan pagi dan sebelum tidur, akan membantu gusi kita tetap merah dan bau napas kita menyenangkan.

- Makan apel

Renyah dan banyak serat, akan membantu membawa plak dari gigi. Apel juga memberikan pernapasan yang lebih menarik yang tidak dapat diberikan oleh bawang. Menyikat juga sangat baik untuk gusi. Tetapi bila dilakukan terlalu keras dan berlebihan dapat melukainya. Lembutlah saat menyikatnya. Satu hal lagi, sebaiknya hindari makanan yang lengket pada gigi, sebab, kata para pakar, makanan yang lengket dapat membuat gigi cepat lapuk. Biskuit, es krim, roti, sereal, adalah makanan yang yang paling mudah lengket untuk waktu lama. Tentu saja menggosok gigi setiap habis makan adalah cara terbaik. Tetapi, bila Anda tidak dapat segera menggosok gigi, paling baik adalah menghindari makanan yang mungkin lengket.

Kalau semua usaha pencegahan telah dilakukan, tetapi bau mulut tidak sedap masih ada, pemeriksaan oleh dokter gigi mungkin akan membantu mengatasinya. Gigi berlubang atau kelainan lain dalam mulut juga berperan dalam menciptakan bau mulut. So tunggu apa lagi?Bau mulut? NO WAY. (Salam cayank buat akhwat ss, jazakunnallah khoiron katsiiro)
 
Back
Top