Waspadai Kejang pada Anak

andy_baex

New member
Sebuah penelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa sekitar 3 % anak menderita demam disertai dengan kejang. Pada dasarnya demam kejang yang menyerang anak-anak adalah kejang yang disebabkan oleh adanya kenaikan suhu tubuh, bukan disebabkan oleh adanya proses kelainan dalam otak. Untuk menangani anak yang terserang demam kejang harus dipikirkan pula kalau si anak tersebut mengalami infeksi pada susunan saraf pusatnya. Seperti misalnya radang selaput otak atau juga kelainan saraf.

Kadang kala kita sebagai orang tua akan kalut dan bingung duluan jika kita mendapati anak kita terserang kejang, padahal dengan penanggulangan yang tepat sebenarnya demam kejang pada anak segera dapat diatasi dengan baik. Jangan panik dulu lakukan langkah-langkah berikut ini :

* Menjaga jalan napas

Jagalah jalan napas sang anak agar dia bisa tetap bernapas dengan lega karena gangguan napas inilah sebab utama penyebab kematian bagi anak yang mengalami kejang. Untuk menjaga kestabilan pernapasan , letakkan anak dalam posisi telentang lalu segera periksa

Miringkan kepala anak ke salah satu sisi untuk mengeluarkan sisa makanan dalam mulutnya bila diperlukan koreklah makanan itu.. Pada kondisi semacam ini jangan sekali-sekali memberikan anak obat, makanan, minuman ataupun bahan lainnya sebelum anak sadar sepenuhnya. Lepaskan sabuk, pakaian anak dan yang lainnya yang bisa mengganggu jalannya pernapasan.

* Cegah trauma

Untuk menghindari terjadinya luka pada mulut dan bibir akibat gigitan, masukkan sendok yang telah dibalut saputangan dan letakkan di antara gigi bagian atas dan bawah. Ingat jangan sekali-sekali menggunakan benda tajam atau benda yang tidak dibalut dengan saputangan karena dapat melukai organ sekitar mulut anak.

* Turunkan panas badan

Untuk menurunkan panas badan anak lakukan pengompresan dengan alkohol 70% pada bagiab dada, perut, dahi atau anggota badan lainnya. Pengompresan bisa juga dilakukan dengan air dingin atau es, bila menggunakan es yang dibungkus kain kompres harus dipindah 朴indah hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan setempat akibat sushu udara yang terlalu dingin.

* Pertolongan dokter

Meskipun kejang pada anak telah berhenti jangan lupa bawa anak ke dokter secepatnya. Hal ini penting untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab kejang pada anak dan bagaimana mencegah atau mengatasi bila kejang timbul lagi.

* Mencegah anak kejang

Serangan kejang disamping dapat membahayakan jiwa anak, juga dapat mengakibatkan kerusakan otak. Oleh karena itu tindakan pencegahan terhadap kejang ini adalah suatu hal yang sangat bijaksana. Langkah yang bisa dilakukan untuk ini yaitu, jagalah selalu kesehatan anak agar dia selalu terhindar dari serangan demem. B ila anak terserang demam segeralah lakukan usaha untuk menurunkan panasnya. Bisa juga diberikan obat anti kejang dengan sepengetahuan dokter.
 
Back
Top