Lapis Surabaya

andy_baex

New member
Tekstur cake ini sangat lembut,..cepat larut di mulut ketika mengunyahnya dan yang lebih utama rasanya itu lho,..penasaran kan?? Ayuk kita lihat resepnya?



Bahan :

- 175 gr tepung terigu (pilih yang berkwalitas bagus)

- 175 gr gula pasir

- 12 kuning telur dan 7 putih telur

- 1 sdm TBM

- 1 sdt vanilla

- 250 gr mentega/margarine, cairkan/lelehkan

- 4 sdm susu kental manis

- 1 sdm pasta coklat atau sesuai selera

- ? sdt bumbu spekoek

- Selai strawberry atau selai hazelnut coklat atau mocha cream atau sesuai selera





Cara membuatnya :

1. Kocok telur, gula, TBM dan vanilla hingga putih mengembang, masukkan terigu yang telah diayak tambahkan susu kental manis aduk rata. Terakhir masukkan mentega yang telah dilelehkan aduk rata kembali.
2. Bagi adonan menjadi 2, satu putih satu coklat untuk adonan coklatnya masukkan pasta coklat dan bumbu spekoek.Aduk rata. Tuang dalam loyang persegi 22cmx22 cm.Panggang dalam oven yang sebelumnya telah di nyalakan 10atau 15 menit sebelumnya. (Ini menghindari dari bantatnya cake). Pastikan oven untuk memanggang telah dipanaskan dahulu sebelum memanggang adonan agar hasilnya bagus, cake akan mengembang dengan sempurna. Insya Allah.Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat (ukuran sedang) selama 25-30 menit atau sampai cake matang.*
3. Olesi cake dgn selai strawberry, coklat atau yang lainnya. Tumpuk cake dan potong-potong sesuai selera.
4. Resep telah di uji coba.



* biasanya kondisi oven berbeda-beda , ada yang cepat panas dan tidak. Maka semua tergantung pada oven ukhti bila cepat panas maka pastikan jangan terlalu lama memanggangnya karena cake bisa gosong. Jadi ukuran waktu memanggang diatas hanyalah kira-kira saja jangan dijadikan patokan.
 
Back
Top