Keselamatan, Faktor Utama Dalam Memilih Kendaraan

nurcahyo

New member
Keselamatan, Faktor Utama Dalam Memilih Kendaraan

KapanLagi.com - Saat membeli mobil baru berarti Anda harus membuat banyak keputusan atas berbagai pilihan, seperti misalnya: warna, style dan merk kendaraan. Namun, faktor yang lebih penting dari semuanya itu, yang perlu Anda pertimbangkan secara matang adalah keselamatan.

Yang perlu Anda pertimbangkan adalah: Bagaimanakah performa mobil tersebut jika terjadi tabrakan? Apakah telah terpasang perangkat keamanan terbaru?


Electronic Stability Control (ESC)

ESC terhubung dengan sensor yang akan memantau gerakan dari mobil Anda. Jika perangkat ini mendeteksi adanya gerakan tak terkontrol pada mobil Anda, maka ia akan secara otomatis mereduksi kecepatan laju dan mengurangi putaran roda mobil seperlunya. Sehingga Anda cukup berkonsentrasi pada kemudi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh 'Insurance Institute for Highway Safety' menemukan bahwa ESC mengurangi resiko dari tabrakan mobil tunggal yang mematikan hingga mencapai lebih dari 50% dan menghindari kemungkinan mobil terbalik hingga 80%.

Sehingga menurut perhitungan ditemukan suatu prediksi bahwa sebanyak 10 ribu insiden tabrakan fatal bisa dicegah tiap tahunnya, jika tiap kendaraan dilengkapi dengan ESC. Perangkat ini tergolong teknologi baru yang telah dijadikan standard keamanan, yang terdapat pada kurang dari separuh dari keseluruhan model-model mobil terbaru.

Jadi, jika Anda adalah orang yang sangat mengutamakan keselamatan selama mengemudi, sebaiknya Anda memilih mobil yang telah melengkapi diri dengan perangkat keamanan tersebut.


Air Bags Systems

Ada dua tipe dari air bag atau kantong udara. Ada yang berfungsi sebagai pelindung dada dan perut, sementara yang lainnya berfungsi untuk melindungi kepala dan wajah pengemudi. Kedua tipe kantung udara tersebut sama-sama bagus. Dan jika mobil yang akan Anda beli tak memiliki kedua sistem tersebut, sebaiknya Anda mengutamakan perlindungan terhadap kepala dan wajah.

'Insurance Institute for Highway Safety' melakukan pengujian terhadap tabrakan yang dibuat senyata mungkin dan menemukan bahwa mobil dengan kantung udara samping serta tanpa kantung udara depan, beresiko menyebabkan kematian pada insiden tabrakan 'frontal' dari samping hingga sebesar 26%.

Sementara, mobil yang dilengkapi dengan kantung udara samping dan depan, akan mereduksi resiko kematian atas insiden tabrakan hingga 37%. (msnbc/bun)
 
Back
Top