Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

hktoyshop

New member
INILAH.COM, Bandung

gerhana.jpg
]

LAPAN menyimpulkan Jumat (15/1) akan terjadi gerhana matahari cincin di sebagian wilayah RI. Gerhana ini menjadi unik karena gerhana pertama dan terakhir di 2010.

Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfir dan Iklim LAPAN, Thomas Djamaluddin, di Bandung menyebutkan, gerhana itu akan terlihat di Bandung sampai 8,3 persen.


Fenomena alam yang mulai berlangsung pukul 14.39 WIB hingga 15.55 WIB tersebut, menurut Thomas, akan terlihat sebagian, karena pada saat terjadi gerhana, matahari tidak pada posisi tegak lurus dengan posisi Indonesia.

"Cincin tidak akan kelihatan. Cincin hanya akan bisa terlihat jika berada tepat di bawahnya. Gerhana cincin tersebut akan terlihat jelas di Afrika Tengah, India Selatan, Myanmar dan China," kata Thomas Djamaludin.

puncaknya :)

lamp01.jpg


Bandung jangan takut gelap, lanjut Thomas, sebab persentasenya tidak cukup besar. Puncak terjadinya gerhana di Bandung sebagai fenomena alam tersebut, diprediksikan pukul 15.18 WIB. Meski demikian, tetap saja tidak akan terlihat dengan jelas.

Berbeda dengan di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Di sana, ujar Thomas, akan terlihat gelap, sebab gerhana matahari di Aceh Darussalam akan tampak hingga 60 persen.

"Gerhana ini akan terjadi dengan persentase nol sampai enampuluh persen, jadi paling besar di Aceh. Nanti akan sangat gelap di sana," kata Thomas.

Gerhana kali ini, lanjut Thomas, menjadi unik karena menjadi gerhana matahari pertama dan terakhir pada 2010. Gerhana matahari sebelumnya terjadi pada 26 Januari dan 22 Juli 2009.

Thomas menandaskan, gerhana yang terjadi pada 26 Januari 2009 diisitilahkan gerhana matahari cincin, sementara gerhana matahari 22 Juli 2009 sebenarnya gerhana matahari total.

"Tapi di Indonesia hanya terjadi gerhana sebagian," ujar Thomas



Gimana ada kalian yang mau nungguin?^^
 
Bls: Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

di tempat ku kelihata gerhana matahari nya,aku sangat jelas melihat awal terjadinya Gerhana Matahari Parsial dengan magnitude Matahari sekitar -5.80 dilihat dari prabumulih pada pukul 15:00 sudah mulai kelihatan
 
Bls: Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

sungguh Allah maha besar dg segala ciptaanNYA..
 
Bls: Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

ntar taun 2011 ada lagi kan?
gue yang hari ini belum liat..
 
Bls: Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

gue kemarin udah liat kal,sayang kal loh melewatkan peristiwa alam yang langkah
 
Bls: Hari Ini Gerhana Matahari Pertama dan TerakhiR

semalam memandang bulan sehabis hujan

terjadi awan hallo bulan di kelilingi pelangi

bulan nya nampak malu malu karena terlihat sangat anggun dan cantik
 
Back
Top