Bolu Apel (Apple Cake)

andy_baex

New member
Selingan kue yang satu ini sangat nikmat dimakan bersama teh, teksturnya yang lembut membuat kita ingin mencicipinya lagi. Bahan-bahannya sangat mudah didapat serta cara membuatnya yang sangat sederhana (tidak rumit) asalkan kita teliti dan hati-hati. Bila ukhti tidak ingin menambahkan irisan apel ,..bolu inipun tetap lezat dinikmati. Selamat mencoba.

Bahan-bahannya: - 150 gr tepung terigu ayak dengan 1/2 sendok teh baking powder - 120 gr gula halus - 160 gr margarine - 3 putih telur dikocok kaku - 3 kuning telur - 1/2 sdt vanilla - 300 gr apel diris tipis lumuri dengan jeruk nipis agar tidak berubah warna - 1/4 kaleng susu kental manis

cara membuat: - kocok (mixer) margarine dengan gula halus hingga putih masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata, masukkan susu kental manis aduk rata ( mixer dengan kecepatan rendah), tambahkan tepung terigu aduk rata. Bersihkan gagang mixer pastikan benar-benar bersih kemudian kocok putih telur hingga kaku. Untuk mengetahui kaku tidaknya putih telur ukhti bisa mencobanya dengan membalikkan wadah putih telur yang telah dikocok tersebut bila putih telur itu tidak menetes berarti adonan putih telur itu telah kaku dan siap dicampurkan dengan adunan bolu tadi. Aduk rata.Terakhir masukkan vanilla aduk rata kembali. Semir loyang dengan margarine taburi sedikit tepung terigu. Susun irisan apel dengan rapi kemudian tuang adonan bolu tadi. Ratakan. Panggang dalam oven dengan panas sedang (medium ) selama 25-30 menit.

Tips: Agar bolu apel ini bagian bawahnya tidak gosong, ukhti bisa membakarnya dalam rak bawah dulu selama 10-15 menit kemudian pindahkan kue ini kebagian rak atas dengan demikian kue ini akan matang sempurna tanpa ada keluhan gosong lagi.
 
Back
Top