Melamar Kerja Lewat Internet,Mengapa Tidak?

andy_baex

New member
Dengan teknologi yang semakin canggih (maju) banyak hal yang tadinya memakan waktu lama bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Salah satunya adalah sistem melamar kerja melalui sarana internet.Melamar Pekerjaan dengan sarana internet (e-mail) insya Allah tidak sulit. Resume(berkas lamaran) yang dikirimkan akan segera sampai dalam waktu singkat.Dan, banyak perusahaan yang merekrut karyawannya lewat internet karena dirasakan lebih efisien, lebih cepat dan praktis.

Bila anda (para ikhwan ) ingin mencoba melamar kerja lewat internet maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum mengirim resume anda diantaranya adalah:

Pertama, Buru Web site yang Memiliki Kredibilitas

Yang perlu anda ketahui adalah, saat ini sudah terdapat lebih dari satu setengah milyar halaman web dinternet (sumber dari indomedia).Jadi, pandai-pandailah memilih dan memilah mana yang sesuai dnegan kebutuhan dan kriteria anda. Kalau perlu anda bisa cari tahu web site yang kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan, lewat rekomendasi teman-teman anda yang sudah pernah memakai jasanya.

Kedua, Maksimalkan Informasi Mengenai Perusahaan

Perusahaaan yang membuka penerimaan calon karyawan melalui internet biasanya memiliki halaman untuk profil perusahaannya. Jika mungkin, carilah forum interaktif yang memungkinkan anda berkomunikasi dengan perusahaan tersebut. Misalnya dengan forum diskusi atau tanya jawab melalui e-mail. Cara ini memberi banyak keuntungan bagi anda untuk 'membentuk hubungan' dengan perusahaan tersebut jauh-jauh hari sebelum anda mengirimkan resume anda.

Ketiga, Buat 'Costumized' CV

hindari membuat CV hanya dengan mengkopinya berulang-ulang.Sesuaikan CV anda dengan kebutuhan perusahaan yang dituju.Keluarkan kekuatan anda secara berbeda-beda untuk tiap perusahaan, sesuai dengan kebutuhan perusahaan terhadap calon karyawannya.

Keempat, Resume Sesuai Target

Mencari tahu nama seseorang yang bertanggung jawab mengenai penerimaan karyawan, kemudian menghubunginya adalah cara efektif untuk mendapatkan informasi mengenai kriteria karyawan yang sedang dibutuhkan.Bertanya akan memudahkan anda melengkapi resume sesuai target.

Kelima, Jangan Buang Waktu

Keistimewaan internet adalah kecepatan aksesnya.Jadi, jika anda mendapatkan balasan dari perusahaan yang bersangkutan.Segeralah balas dan jangan tunggu waktu lagi, karena kecepatan respon dari anda juga mereka tunggu.
 
Back
Top