Berguru Lewat Film Romantis

Kalina

Moderator
Film-film bertema cinta memang top banget. Ada saja skenarionya yang bisa bikin kita tertawa dan menangis sekaligus dalam satu waktu. Eits, film cinta itu nggak sekadar buat hiburan lho! Ada hikmah yang bisa kamu jadiin pelajaran untuk hubunganmu dan si pacar. Contek mana yang bagus dan buang yang nggak perlu ditiru.

1. ROMEO + JULIET

DO: Kisah cinta abadi sepanjang masa karya Shakespeare ini emang nggak bakal terlupakan. Lihat deh bagaimana usaha keras keduanya untuk memperjuangkan hubungan mereka di tengah keadaan yang nggak memungkinkan. Yap, perjuangkan cintamu meski keadaan dan semua orang menentang kalian. Jangan pernah menyerah ya!

DON'T: Bunuh diri is a big no no! Masak gara-gara nggak dapet restu keluarga terus kalian memutuskan minum racun. Hindari deh yang namanya cinta mati, bisa-bisa bikin kalian dan pasangan kalian mati beneran.

2. TITANIC

DO: Pertemuan antara Jack dan Rose di atas kapal Titanic memang bisa dibilang cinta kilat. Tapi, coba deh lihat bagaimana Rose mau menyayangi Jack dengan tulus tanpa memedulikan perbedaan status sosial antara mereka berdua. Begitu juga Jack yang maumengorbankan nyawanya demi si kekasih tersayang.

DON'T: Pertemuan antara Jack dan Rose memang bisa dialami siapa saja. Tapi, kamu harus ekstra hati-hati dengan yang namanya cinta kilat. Baru bertemu sekali dengan orang asing, jangan keburu bilang suka dulu. Kamu butuh waktu buat kenal lebih dekat.

3. A WALK TO REMEMBER

DO: Kesetiaan yang dimiliki oleh Landon Carter kepada seorang Jamie Sullivan patut dikasih acungan jempol. Landon yang urakan itu mau mendampingi Jamie dalam keadaan apa pun. Saat Jamie masih sehat maupun kala Jamie dinyatakan mengidap leukimia. Terima dia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

DON'T: Nge-judge orang di awal. Landon awalnya sebel sama Jamie yang cewek baik-baik. Sedangkan dia bad boy. Padahal, akhirnya, dia jadi cinta sama Jamie. So, don't judge the book from its cover.

4. HE'S JUST NOT THAT INTO YOU

DO: Mulai membuka mata dan melihat, sebenarnya seperti apa sih perasaan dia ke kita. Sebagai cewek, kita punya hak buat tegas. Buat meminta kepastian atau penjelasan darinya. Kalau toh perasaan kita nggak berbalas, kita wajib bisa menerimanya dengan jiwa lapang.

DON'T: Membuat pembelaanpembelaan tentang keadaan yang kita alami. Kalau nggak menelepon atau nggak membalas SMS kita, bisa jadi dia memang nggak tertarik sama kita. Daripada kamu terusmenerus menghibur diri. Kadangkadang kita perlu berpikir realistis.

5. TWILIGHT SERIES (NEW MOON)

DO: Disukai vampir sekeren Edward Cullen memang bikin Bella Swan jadi tergila-gila. Tapi Bella juga realistis, mau mempertimbangkan Jacob. Orang yang selama ini dia pandang sebelah mata dan selalu ada buat dia. Coba deh buka mata, siapa tahu orang yang tepat itu sebenarnya sudah ada di dekat kita.

DON'T: Waktu ditinggalin sama Edward, Bella jadi stres berat. Sampai-sampai dia melakukan hal gila untuk mencelakakan diri sendiri. Ngapain juga harus berbuat seperti itu? Yang rugi malah kita sendiri.

6. ADA APA DENGAN CINTA?

DO: Rangga yang cuek dan introver dipertemukan dengan Cinta yang periang dan suka bergaul. Rangga menyukai Cinta dengan caranya sendiri. Perbedaan sifat justru membuat mereka saling melengkapi.

DON'T: Jaim! Yup, si Cinta kan awalnya nggak mau ngaku kalau dia sudah telanjur suka sama Rangga. Malahan, dia menutup-nutupi perasaannya itu dari teman-temannya yang lain. Kalau suka, nyatakan saja. Ketimbang kamu akhirnya menyesal kalau sudah terlambat.

ada banyak banget film-film romantis di jagad raya ini.. ada yang mau nambahin dari kalian??


sumber : aime, deteksi, jawapos
 
Last edited by a moderator:
CASSANOVA

DO: (saran bagi cowok ato cewek sama aja)
-be the flame, not the moth
(jadilah penarik perhatian jangan jadi yang tertarik perhatian; ini berguna banget ketika kamu menunjukkan perhatian ke lawanmu. Karena, ketika kita telah dikuasai oleh cinta untuknya, sering ngebawa kita kepada perasaan canggung ketika berhadapan dengannya. Pertama, Kuasai dirimu lalu kenali cintamu. Jangan pernah dikuasai oleh cintamu sendiri, ujung2nya target akan menjauh)

-murung tidak menarik (cassanova selalu menampilkan energi positif ketika menghadapi siapa saja, bahkan ketika berbohong kepada pengawas gereja serta calon istrinya. Ia tidak pernah memperlihatkan kesedihannya. Ingat, (khusus buat cowok) rata2 cewek akan merasa kasihan ketika melihatmu menangis bukan semakin cinta!! Selanjutnya kebanyakan cewek akan menilai kamu lemah paling tidak hingga kamu dapat menutupi kelemahan itu dengan berbagai perbuatan menarik lainnya)

DON'T: jangan meremahkan kekuatan cinta akan datang kapan saja. terbukti di filmnya ketika cassanova mencari calon istri yang baik untuk menghapus namanya! ketika ia memilih calon istri dan sudah tunangan, ia menyadari sebenarnya cinta yang ia cari bukan karena perawakan yang cantik saja. ia menyadari cinta yang harus ia cari adalah seorang wanita apa adanya bahkan sanggup untuk menantang dirinya duel anggar! inget, apa adanya ya~

SEMUA FILM ROMANTIS

DO: hampir diseluruh film romantis, banyak menampilkan adegan kebecian di awal namun akhirnya menerima sebagai cintanya. Kunci suksesnya dalam setiap tokoh yaitu: PD. Inget kata james bond? "aku mampu membuatmu tergila2 denganku"

double post
 
Last edited by a moderator:
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

Good ideas, namun biasanya tips/trik dari film itu misleading semua karena itu adalah.. ya fantasi dan film belaka. Tidak untuk dijadikan patokan bagaimana memulai hubungan cinta.
 
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

@faithhopelove
mau ambil nilainya apa keabsahan ceritanya dengan dunia nyata? :)
 
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

@faithhopelove
mau ambil nilainya apa keabsahan ceritanya dengan dunia nyata? :)
Nilai-nilainya juga banyak yang misleading! Misalnya, melakukan pengorbanan ketika hendak mendekati wanita, berlagak gentleman, dsb..
 
emmmm. . .nah perlu faithhopelove tau terdapat 2 jenis kategori:

umum dan khusus. umum adalah bagaimana kamu menindaki situasi. khusus adalah cara tertentu untuk menjalani umumnya tadi itu.

ini perlu dibedain loh~ ambil contoh pengorbanan ketika menghadapi wanita itu termasuk umumnya. sedangkan yang sering dipertontonkan adalah secara khusus yang dalam dunia perfileman itu disebut 'pendalaman penjiwaan' agar melebihi streotype-nya (dibaca: umum)

apa bisa nikmat kamu menonton sebuah film jika hanya berbalut streotype? (setiap prajurit tegas dan kaku, setiap bangsawan angkuh dan sombong, dll) lalu apa arti sebuah nama?

difilm disuguhkan bagaimana karakter itu sendiri, bukan berarti setiap manusia seperti itu (streotype). tapi bisa aja ada yang seperti itu, mengingat kepribadian itu banyak.

nah singkat cerita, ambillah umum2nya aja. yang khususnya (cara si anu di tv itu begitu, lagak wanitanya seperti ini) terserah mau kamu lakuin apa nda, yang pasti semua orang berbeda2 dan kamu gag bisa pukul rata semuanya sebagai streotype yang tidak masuk akal. perlu kreassi yang termasuk dirimu banget. termasuk bagaimana cara si pemain berakting dan bereaksi, itu adalah cara khusus si aktor dalam menjalani nilai umum yang ada.

moral yang bisa diambil dari sebuah film adalah keseluruhannya, bukan detail karakternya (watak, sifat). dan saia rasa tulisan saia cukup umum dan non kalin juga begitu

doubellll~
 
Last edited by a moderator:
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

Bukankah udah ada dua opsi, Do (lakukan) dan Dont (jangan lakukan)
Hehe kalo nonton film jangan dilihat dari satu sisi saja. Rugi banget. Hehe
 
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

film Yes Men lebih keren tuh..

jangan asal sembarangan ungkapin kata Ya
akibatnya.. dalam hal asmara.. rugi juga kan :)
kata "ya" nya dikira bohong, padahal beneran :)
 
Bls: Berguru Lewat Film Romantis

aaaa. . .zooey kenapa ngikut jim carey disana >:'(
 
Back
Top