Perawatan Busi Sepeda Motor

rx34ak

New member
Meski bentuknya kecil dan imut imut.Busi (dari bahasa Belanda bougie) atau spark plug pada sistem pengapian berfungsi sebagai alat untuk memercikan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang bakar. Percikan api listrik ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkannya, mesin tak akan bekerja. Agar mesin bekerja prima sebaiknya Anda rajin memerhatikan kondisi busi.Salah satu cara perawatannya adalah membersihkan busi dari kotoran dan sisa pelumas. Berikut ini cara perawatan busi.



*Lepaskan semua busi dengan kunci busi, jangan sekali-kali memakai kunci pas.Periksalah kondisinya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu menandakan kondisi pembakaran motor Anda baik. Bila basah serta kerak berwarna hitam, menggambarkan pembakaran mesin kurang sempurna.

*Sebelum busi dilepas, lubang tempat busi bersemayam harus dibersihkan terlebih dahulu. Cukup dengan kain bersih. Ketika melakukan pembersihan, cek kondisi penutup busi apakah masih dalam kondisi baik. Bersihkan mulut busi bagian luar dengan menggunakan sikat kawat. Untuk memudahkan pembersihan, busi direndam dengan bensin atau minyak tanah sebelum dibersihkan. setelah bersih keringkan. Bersihkan elektrode masa dengan kikir plat tipis. Ukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi Anda.

*Periksa kembali celah antara elektroda positif (bagian membulat) dan elektroda negatif (bagian melengkung yang nampak keluar dari busi). Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah busi berjarak 0,8 mm-1,2mm.

*Setelah itu masukkan kembali busi pada tempatnya. Harap diingat, jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras. Sebab, bila itu terjadi busi akan sulit kembali dilepas atau bisa saja menyebabkan rusaknya arus ulir pada lubang mesin. Bersihkan busi secara teratur. Agar umur pemakaian busi Anda bisa lebih panjang, sebaiknya setiap 5.000 km Anda membersihkannya dengan tiupan angin atau dengan sikat khusus.
Perawatan busi akan sangat membantu proses optimasi pembakaran. Sehingga tak saja busi, platina maupun injektor juga akan lebih awet.



:terimakasih::terimakasih::terimakasih:
 
Bls: Perawatan Busi Sepeda Motor

wah klo punyaku sering basah n berkerak hitam.. berarti pembakaran mesin kurang sempurna ya? trus digimanain tuh?
 
Bls: Perawatan Busi Sepeda Motor

wah klo punyaku sering basah n berkerak hitam.. berarti pembakaran mesin kurang sempurna ya? trus digimanain tuh?

kalo servis motor bilang ama abang montirnya setingg yang normal aza kan gak untuk balap (biasanya pada saat service montirnya kurang paham cara seting karburatornya sehingga pemakaiaan busi cepat rusak)


 
Bls: Perawatan Busi Sepeda Motor

ooo gitu ya... hehe.. makasih yah..
biasanya umur busi motor yg normal itu rata rata berkisar berapa lama? atau untuk berapa km..
hiaha... tanya terus ah..
 
Bls: Perawatan Busi Sepeda Motor

tergantung pemakaiaan neng biasanya kalo normal (gak ada acara tuoring ato balapan) gw pakenya 1 tahun lebih......
 
Bls: Perawatan Busi Sepeda Motor

oo gitu ya... sip deh bang rx34ak... tak kasih bintang tuh...
emang suka balapan ya?
 
Maka dari itu harus dibersihkan dengan baik gan. Bisa gunakan carb cleaner untuk membersihkan busi tersebut.
 
Back
Top