pluralitas

bjhe

New member
ini saya kutip dan rangkum berdasar ceramah jumat yang saia hadiri pada tanggal 29 februari 2010 di mesjib itb, berdasar pemahaman saia sendiri. karena cukup membuat saya tergugah, jadi saya share ya :)

pengertian pluralitas dalam islam

akhir2 ini sering sekali memperdebatkan pluralitas. pluralitas adalah sebuah paham yang mengartikan bahwa semua agama adalah sama. benarkah hal tersebut dapat kita terima sebagai ajaran islam? bahkan ada pula yang mengaitkannya dengan sikap toleran. apakah benar jika kita menolak paham pluralitas berarti kita tidak menghormati pluralisme (kemajemukan) ?

ternyata, tidak. pluralitas sangat berbeda sekali dengan kemajemukan. sikap2 yang diambil oleh orang yang memiliki paham pluralitas, lebih dari sekedar takaran toleransi yang seharusnya kita berikan. justru, lebih banyak yang mengandung ketidak teguhan. kenapa? karena pada dasarnya setiap agama di setiap yang di pimpin oleh ahli agama, akan mengatakan agama mereka (bahkan kita) yang terbenar!!
 
Bls: pluralitas

nah, oleh karena itu, sudah dari sekarang jangan lagi membingungkan tentang, "kalau kita tidak begitu-begini, kita tidak toleran." pada dasarnya, seluruh agama juga mengatakan "siapapun yang berada diluar golongan agama itu, merupakan orang2 yang tidak selamat"

lantas, apakah toleransi itu tidak ada dalam islam?

benar-benar salah jika kamu menghakimi suatu perbuatan yang biasa dilakukan diluar kalangan muslim (oleh masyarakat umumnya; entah tradisi setempat/non-muslim) adalah hal yang sama yang harus kita lakukan. disinilah batasan kita, selama tidak ada dalam aturan kita (al-quran dan hadist), kita tidak boleh bahkan ikut2an. (semuanya sudah diatur dalam hadist dan al-quran bagaimana bersikap. baca untuk sendiri ya, percaya lebih berguna buat diri sendiri ketimbang menasehati orang lain)

menurut ahli sejarah. . .
menurut ahli sejarah, bahkan diakui oleh seluruh dunia. islam adalah agama yang tanpa paksaan. belum pernah ada yang namanya colonialisme atas nama agama di sejarah manapun.
 
Bls: pluralitas

banyak yang salah mengartikan, ekspansi wilayah yang dilakukan pada pemerintahan islam adalah berdasarkan tuntutan agama. (tendangan buat forum sebelah yang mengakui sebagai "wadah-murtad")

tidak ada yang namanya disana bentuk pemaksaan untuk masuk islam. ini terbukti, ketika kedudukan diatas negri spanyol. tidak ada yang mengatakan dipaksakan masuk islam semua, dan wajib. justru, disana peran islam adalah memulihkan nama baik. (gw lupa sedikit karena mulai ngantuk; haha :D )

JADI, apa tujuan ekspansi itu? kepentingan politik pemerintahan saja, yang dikendalikan oleh seorang manusia biasa. tanpa unsur seruan agama islam, yang dalam hal ini bukan pendekatan secara kekerasan dan perang. tidak ada juga yang namanya memamerkan suatu agama kepada daerah yang ditumpanginya, karena islam sendiri membuka toleransi beragama bagi agama lain.

toleransi islam

sudah banyak yang telah digambarkan rasullullah. Beliau sendiri, ketika masa kekhalifahannya, hidup berdampingan dengan masyarakat non-muslim lainnya
 
Bls: pluralitas

di daerah sekitarnya. dalam salah satu hadits, beliau mengatakan, "ketika salah seorang dari luar islam meminta perlindungan, lindungilah ia!"

dalam artian, kita wajib melindungi dan menghormati kepercayaan yang ada diluar. nah, kembali lagi kan, ke masalah menghormati~

menghormati disini adalah, cara apapun yang bisa kita tunjukkan tanpa mengurangi sedikitpun bahkan menyentuh dan mengait2kannya kepada iman seorang muslim.

karena nilai agama yang satu dan yang lainnya berbeda, dan cara yang berbeda pula. ketika kamu melakukan sesuatu tanpa kejelasan apapun, tentu itu termasuk kriteria ketidak pastian/mengada-ada/bahkan kebohongan belaka. dan hal tersebut adalah yang harus kita jauhi sebagai seorang mukmin.

(mungkin yang ikut denger bisa menambahkan)

". . .mari kita hormati kemajemukan, dan jauhi paham pluralitas dalam diri kita. . ."
 
Back
Top