Tips Hidup Tanpa Kartu Kredit

gusrus

New member
Kalau ada di antara rekan-rekan anda, yang berpenghasilan di atas PTKP (penghasilan tidak kena pajak), tidak mempunyai kartu kredit, biasanya orang condong memandang remeh atau kaget. Mungkin peredaran kartu kredit saat ini sudah bersaing atau bahkan mungkin melebihi telefon genggam. Bayangkan saja jika satu orang memiliki setidaknya dua kartu kredit, mungkin bisa jadi jumlah kartu kredit berimbang atau melebihi jumlah telefon genggam.

DI satu sisi kartu kredit memang menguntungkan, karena anda tidak perlu bawa dompet tebal-tebal, tapi di sisi lain, ada kewajiban yang harus dibayarkan di akhir periode. Dan itu mengikat, bahkan berbunga jika terlambat atau dicicil.

Kartu kredit, seyogyanya hanya bagi orang yang bisa mengatur keuangan pribadinya secara disiplin, dan mampu membayar penuh di akhir bulan. Sebab semakin panjang penundaan pembayaran atau periode cicilan, maka bunganya akan semakin berlipat ganda, lebih cepat daripada bunga deposito di bank abal-abal sekalipun. Sebenarnya tanpa kartu kredit sekalipun anda tetap bisa hidup, dan bahkan merdeka dari ketakutan terlambat membayar yang akan berakibat rumah anda diteror oleh abang-abang berwajah seram. Sehingga hidup anda bisa lebih tenang, dan kualitas hidup anda meningkat.

Berikut adalah tips hidup tanpa kartu kredit:

1. Atur dan sisihkan pos pengeluaran rutin bulanan, bisa dalam bentuk amplop, bisa dalam bentuk pecahan beberapa rekening. Seringkali di akhir bulan kita bingung penghasilan kita menguap tanpa jejak, dengan membuat perencanaan maka anda bisa mengetahui biaya hidup secara rinci dan bisa mengatur lebih baik lagi agar bisa menabung ataupun berinvestasi.
2. Pergunakan kombinasi kartu pembayaran jenis prabayar dan atau kartu debit / ATM sebagai pengganti kartu kredit jika anda risih membawa uang kas dalam jumlah besar.
3. Pergunakan perencanaan wisata jauh hari jika anda berminat berlibur ke suatu tempat, pergunakan jasa biro perjalanan / wisata yang terpercaya. Mereka ini tidak hanya sanggup memesan tiket pesawat tapi juga hotelnya sekalian.
4. Jika ingin memesan tempat peristirahatan/hotel, pergunakan tempat peristirahatan/hotel yang bisa menggunakan jaminan deposit kontan, tidak semua tempat mewajibkan penggunaan kartu kredit, ada banyak tempat peristirahatan yang berkualitas dan masih bersedia menerima pembayaran tunai.
5. Biasakan membayar makan atau minum secara tunai, setidaknya debit. Masih banyak tempat makan yang murah dan bisa menerima tunai, jangan terlalu tergoda oleh tawaran diskon, karena anda jadi tidak rasional lagi dalam menilai. Umumnya kartu kredit yang menawarkan diskon di sejumlah tempat makan biasanya harga masakannya sendiri sudah mahal. Jadi anda tidak diuntungkan apa-apa sebenarnya jika dibandingkan makan di tempat lain yang tidak perlu kartu kredit.
6. Cadangkan dana untuk berobat / sakit secara mendadak, setidaknya enam kali penghasilan bulanan, jika perlu ikut program asuransi yang bisa langsung disetujui tanpa harus tunggu klaim. Karena biaya sakit atau berobat seringkali jadi penyebab seseorang jatuh miskin.
7. Jika anda bekerja pada bisnis / usaha yang membutuhkan kartu kredit untuk menjamu klien / relasi bisnis, mintalah kepada perusahaan untuk membuatkan kartu atas nama perusahaan dan hanya bisa dipinjamkan saat hendak menjamu relasi/klien. Ada beberapa model perusahaan yang memiliki kartu kredit bisnis dengan limit / batas tertentu dan hanya dipakai / dipinjamkan kepada staff pemasaran pada saat tertentu saja.

Memang ini semua terlihat repot dan bertele-tele, tapi saya sendiri sudah mempraktekan gaya hidup tanpa kartu kredit ini selama tiga tahun. Dan tidak pernah ada masalah dengan itu.
 
Bls: Tips Hidup Tanpa Kartu Kredit

nih yg tak pakai kartu kredit2an
 

Attachments

  • tips mendapatkan uang halal lewat internet gratis.rar
    13.9 KB · Views: 243
Last edited:
Bls: Tips Hidup Tanpa Kartu Kredit

Setuju... jangan tergiur dengan Janji Manis Kartu Kredit ...
 
Bls: Tips Hidup Tanpa Kartu Kredit

@den Mojave..


hhhee
[mulai ketularan den mojave negh]
wkwkw
 
Bls: Tips Hidup Tanpa Kartu Kredit

satu ucapan "aku nggak punya kartu kredit"

bersyukurlah non ga punya kartu kredit





ak punya pengalaman buruk ttg kartu kredit
ak memiliki 2 kartu yang keduanya platinum. mungkin krn ak kerja d tempat yang lumayan baik hingga pihak kartu kredit menawarkan jasanya dgn begitu mudah. Tahun pertama baik2 aja karena mungkin ak bukan type co konsumtif. namun masalah terjadi saat ak ingin menutup salah satunya, sebutlah kartu kredit B. berulang2 ak menelpon pihak kartu kredit B agar menutup aja billingku sebab ak ga menggunakan kartu tersebut namun alasan yg d berikan selalu berbelit2, sementara tiap bulan ak dapat tagihan dgn alasan asuransi dll.. menyebalkan. pernah ak sengaja ga bayar karena kesal malah dapat surat peringatan akan d ajukan k pengacara kartu kredit B jika ak ga melunasi tagihan dlm jangka 14 hari. ak jadi geram dan mendatangi salah satu kantor pelayanan kartu kredit B dan mempertanyakan hal tersebut. tak ada jawaban yg dapat mengatasi masalah dan ak harus membayar tagihan tersebut. karena kesabaranku udah ilang, ak memanggil managernya dan ak membayar seluruh tagihan tersebut dan memberi peringatan jika masih ada tagihan bulan berikutnya ak akan kasih hadiah. eh bener, bulan berikutnya tagihan masih dateng. ak langsung ke kantor kartu kredit B tanpa basa basi langsung menuju ruang manager, ak hadiahkan bogem mentah k wajah manager sialan itu..
alhasil ak d proses d kepolisian dan kami damai atas saran pihak manajemen kartu kredit B..
 
Back
Top