-katakana-

resi_dj

New member
Yuhuuu :), setelah kita buka lagi Hiragana

yuk, coba melangkah ke sistem penulisan jepang yang kedua yaitu KATAKANA..

(hihi aku ni langsung copas aja, yang lebih tahu,,mohon kasih penjelasan yak):p


Apa itu Katakana?

katakana digunakan terutama untuk kata yang diimpor dari bahasa asing. Kata-kata impor tersebut banyak yang berasal dari bahasa Inggris. Katakana juga bisa digunakan untuk menekankan kata-kata tertentu sebagaimana penggunaan huruf tebal.

Katakana melambangkan suara-suara yang sama dengan hiragana, namun tentu saja semua hurufnya berbeda. Kalau dipikir-pikir, ini tidaklah aneh karena di bahasa Indonesia juga terdapat dua jenis huruf yaitu huruf besar dan huruf kecil yang sebetulnya melambangkan suara yang sama.

Karena kata-kata bahasa asing harus dipaksa mengikuti kombinasi konsonan+vokal bahasa Jepang, banyak yang mengalami perubahan radikal sampai-sampai pembicara bahasa aslinya tidak bisa menyadarinya dengan mudah. Sebagai hasilnya, penggunaan katakana sangatlah susah bagi pengguna bahasa Inggris, karena mereka berprasangka kata-kata dari bahasa Inggris terdengar seperti... bahasa Inggris. Jadi, lebih baik melupakan kata bahasa Inggris aslinya dan perlakukan kata-kata impor tersebut sebagai kata bahasa Jepang. Kalau tidak, kamu bisa memiliki kebiasaan mengucapkannya dengan pelafalan bahasa Inggrisnya.

Berikut huruf- hurufnya :

2_2.JPG

Katakana jauh lebih sulit dikuasai dibanding hiragana karena hanya digunakan untuk kata-kata tertentu. Lalu, karena bahasa Jepang tidak memiliki spasi, kadang-kadang simbol 「・」 digunakan untuk menunjukkan batas kata misalnya pada 「?*ック・アンド・?*ール」 (rock and roll). Penggunaan simbol tersebut tidak mutlak, jadi kadang-kadang tidak digunakan apapun untuk menggantikan spasi pada istilah aslinya.

Nah untuk suara pelafalannya:

1. Semua suaranya sama dengan hiragana.

2. Empat huruf 「シ」、「ン」、「ツ」、dan 「ソ」 sangat mirip satu sama lain. Pada dasarnya, bedanya adalah dua huruf pertama lebih "horizontal" dibanding dua huruf terakhir. Garis kecilnya digambar lebih mendatar dan lengkungan panjangnya digambar dari bawah ke atas. Dua huruf terakhir memiliki garis kecil yang hampir vertikal dan lengkungan panjangnya digambar dari atas ke bawah. Huruf-huruf ini susah dibedakan sehinggan dibutuhkan kesabaran dan banyak latihan.

3. Kamu juga perlu hati-hati dengan 「ノ」、「メ」、dan 「ヌ」, juga 「フ」、「ワ」、 dan 「ウ」. Ya, mereka mirip-mirip dan sayangnya kita tidak bisa melakukan apa-apa.

4. Kadang-kadang 「・」 digunakan untuk menggantikan spasi pada bahasa aslinya.
 
Bls: -katakana-

Lagi dong tante, aku lagi mau belajar nulis nih <3D tapi apa bedanya hiragana dan katagana? apa penulisan ini ada penempatannya tersendiri, entah itu untuk momen resmi untuk pendidikan atau penulisan di surat kabar?
 
Bls: -katakana-

hu um non egha, ada bedanya,,,

sebentar, dari sumber (lupa di mana), suara-suara yang ada pada bahasa Jepang dituliskan menggunakan hiragana dan katakana. Keduanya secara kolektif disebut kana. Setiap huruf hiragana memiliki pasangannya pada katakana, sebagaimana huruf kecil pada bahasa Indonesia memiliki padanan huruf besarnya. Jumlah hiragana dan katakana masing-masing tidak sampai 50. Semuanya sebetulnya adalah huruf China yang disederhanakan dan diadopsi untuk keperluan fonetis.
Huruf China, disebut kanji oleh orang Jepang, juga digunakan secara ekstensif pada bahasa tertulis. Sebagian besar kata (nomina, verba, adjektiva) ditulis menggunakan kanji. Secara historis ada lebih dari 40.000 kanji, namun 2.000 huruf sudah mencakup lebih dari 95% kanji yang digunakan di bahasa Jepang modern. Tidak ada spasi di bahasa Jepang, jadi kanji diperlukan untuk mengetahui batas kata dalam suatu kalimat. Kanji juga berguna untuk membedakan homofon, yang muncul cukup sering karena jumlah suara di bahasa Jepang terbatas.
Hiragana terutama digunakan untuk keperluan tata bahasa. Kita akan melihat fungsi tersebut saat mempelajari partikel. Kata-kata yang kanjinya susah atau jarang dipakai, istilah percakapan, dan onomatop juga ditulis dengan hiragana. Hiragana juga sering menggantikan kanji untuk pelajar bahasa Jepang pemula dan anak-anak.
Walaupun katakana melambangkan suara-suara yang sama dengan hiragana, katakana umumnya dipakai untuk menuliskan kata-kata modern yang diimpor dari negara-negara barat. Ini karena kata-kata tersebut tidak memiliki kanji.
Secara umum:
•Hiragana - Alfabet fonetis utama bahasa Jepang. Digunakan terutama untuk keperluan tata bahasa. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan cara membaca kanji yang susah bahkan malah menggantikannya.
•Katakana - Alfabet yang pada umumnya digunakan untuk menuliskan kata serapan yang tidak memiliki kanji.
•Kanji - Pengadopsian sistem menulis China untuk bahasa Jepang.

Nah untuk huruf hiragananya bisa dilihat di https://indonesiaindonesia.com/f/39380-belajar-hiragana-yukz/index3.html#post508857

sementara itu non, hehe aku juga belum bisa, cuman pengen belajar aja, yuk belajar bareng, nanti aku rapiin lagi keterangannya:)
 
bingungnya dimana non tia?
tia masih belum tau kata-kata apa aja yang merupakan kata serapan dari kata-kata asing, dan tia lebih tau huruf hiragana dibanding katakana -_- mungkin karena hiragana itu lebih sering tia lihat di komik dibanding Katakana ya?
 
penggunaan Katakana adalah huruf yang dipakai dari luar jepang, seperti nama negara, nama orang asing. pendeknya semua kata yang berasal dari luar jepang
 
ya, benar. contohnya love. di katakanaisasi *vicky mode : on* menjadi RABU. liat aja gimana bentuk hurufnya di gambar atas



jadi RABU karena katakana Lo dan Ve ga ada ya? jadinya Ra Bu

jadi inget yg difilm... Mark jadi Maruk disebutnya hahaha
 
memang begitu. cara orang jepang menulis huruf katakana adalah dengan mendengar. ketika mereka mendengar orang asing mengucapkan kata love. maka mereka mendengar LAB..
makanya love dikatakanaisasi menjadi RABU ラブ
 
Back
Top