7 Jenis Barang di Rumah yang berasal dari Minyak Bumi

gusrus

New member
Minyak bumi tidak hanya menyediakan bahan bakar untuk mobil bensin dan pesawat jet saja. Produk-produk sampingan minyak bumi banyak yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di seluruh dunia. Miliaran pon plastik polietilen dimanfaatkan menjadi kantong plastik, makanan kontainer, hula hup, dan produk konsumen lainnya. Tetapi ada beberapa barang yang merupakan produk turunan dari minyak bumi yang ditemukan di sekitar rumah dan mungkin akan mengejutkan Anda

Lipstik
generic_makeup_cosmetics_02-266x300.jpg


Manusia telah menerapkan kosmetik alami pada bibir mereka, mata dan wajah selama berabad-abad tetapi sekarang ini sebagian besar lipstik dan eye liner memperoleh tampilan yang menarik karena menggunakan produk minyak bumi atau produk sampingan seperti crylates, belangkin colorant, dan propylene glycol. Yang sedikit mengejutkan adalah banyak wanita telah beralih ke produk minyak bumi yang dikenal dengan nama Vaseline (petroleum jelly) sebagai eyeliner remover sederhana atau dasar untuk lipstik.

Panel Surya
090317-solar-plant-02-245x300.jpg


Panel surya dapat membantu pemilik rumah dan industri dengan memanfaatkan energi terbaharukan yang berasal dari kekuatan cahaya matahari. Tetapi sebagian besar panel surya masih mengandalkan panel berbasis petroleum resin dan komponen plastik dalam sel fotovoltaik. Saat ini banyak perusahaan telah mulai menggunakan bioresin dan bioplastics dalam pembuatan komponennya untuk menggantikan minyak bumi

Pakaian tahan kusut
080303-girl-shopping-02-300x191.jpg


Kapas sudah lama dimanfaatkan oleh kita untuk memproduksi kain. Tapi kandungan poliester pada celana, kemeja dan lainnya telah memberikan manfaat anti kerut, keawetan dan mengangkat noda dari bahu pakaian. Beberapa produk sampingan minyak bumi diciptakan untuk membentuk material sintetik pakaian yang dapat membantu jutaan orang. Tetapi itu tidak semuanya buruk, karena daur ulang polyester dapat menghasilkan serat poliester berkualitas tinggi

Gum
090420-gum-bubble-02-300x201.jpg


Banyak orang menikmati gigitan tekstur permen karet dan mengunyahnya dalam waktu lama. Semua ini berkat minyak bumi yang diturunkan dari polimer. Karet basa dapat terdiri dari lateks alami dan produk-produk minyak bumi seperti polietilen dan parafin lilin, yang merupakan produk non-biodegradable. Tapi permen karet pertama kali mengandalkan lateks alam yang dikenal sebagai chikle.

Krayon
crayons-colors-100225-02-300x184.jpg


Minyak bumi telah banyak membantu kenangan masa kecil kita pada saat menggambar di dalam kelas atau rumah. Masing-masing krayon dalam sebuah kotak krayon anak terdiri dari parafin lilin (lilin padat yang terbuat dari minyak bumi). Parafin juga dipakai untuk membuat lilin dan memberikan efek mengkilat pada sebuah apel atau kilauan cokelat.

Aspirin
generic_pills_tablets_02-300x209.jpg


Aspirin telah membuktikan sebagai salah satu obat yang paling aman dan sangat diandalkan dalam dunia farmasi selama puluhan tahun. Orang menelan miliaran tablet per tahun untuk sakit kepala, demam dan sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung atau stroke. Asam asetyl salisilat dalam aspirin berasal dari zat kimia salisin pada kulit pohon willow. Namun sebagian besar produsen aspirin menggunakan zat benzena, suatu hidrokarbon yang biasanya berasal dari produk minyak bumi.

Pantyhose
pantyhose-100225-02-300x200.jpg


Sebut mereka dengan celana ketat, kaus kaki ketat, atau apa pun yang serba ketat. Jutaan wanita modern telah memakai stoking nilon untuk kenyamanan dan mode. Sama seperti wanita jaman dulu, stoking nilon sudah sangat populer selama Perang Dunia kedua. Nilon mewakili termoplastik yang diturunkan dari minyak bumi yang diciptakan pada tahun 1935 oleh Wallace Carothers, seorang ahli kimia yang bekerja di perusahaan DuPont. Hari ini, nilon membantu dalam pembuatan produk scrubber untuk parasut.

Sumber bacaan Livescience
 
Bls: 7 Jenis Barang di Rumah yang berasal dari Minyak Bumi

Pantesan kalau umat manusia sangat tergantung pada minyak
 
loh,,waktu kapan itu saya dari yang jual pipa PPR GF murah,,pipa itu terbuat dari bahan propylene juga katanya jadi awet,,nah yang buat kosmetik ini bahan propylene nya sama enggak dengan yang buat pipa.
 
Last edited:
crayon dan lipstik,, dari bentuk benda nya saja sudah berminyak ya gan,, oh iya sebenernya minyak bumi itu masuk ke sumber daya tidak bisa diperbaharui atau masuk kedalam sumber daya alam yang bisa diperbarui gan ? katanya ada yang mengkaji kalau sebenernya minyak bumi itu energi terbarukan,,
 
ajaib lagi kata ilmuwan nih.. bahan dasar terjadinya minyak bumi itu "kotoran" makhluk hidup apapun,termasuk kotoranmu loh.. yg tekumpul dlm peroses pengembalian unsur (lewat jasad renik dimakan tuh kotoran) lalu terjepit bebatuan bumi. kebetulan pas dekat2 magma termasaklah dia.
cxixixixi.. bekas tinja ditempel dibibir, mata, lapisan kulit.. dll.

- n1 -
makanya jangan gunakan apa2. pengen lebih narik-narik pakailah "jimat" ditangan/badan. gak kenal bekas tinja kan?
 
baru tahu saya kalau lipstik dibuat dari produk turunan minyak bumi, dan yang lebih mengejutkan sih itu aspirin. Ternyata minyak bumi banyak juga manfaatnya.
 
Back
Top