Panasonic SA7, Ponsel Clamshell Outdoor Pertama

nurcahyo

New member
Panasonic SA7, Ponsel Clamshell Outdoor Pertama



KapanLagi.com - Tak mau ketinggalan dengan pabrikan ponsel lainnya, Panasonic bakal meluncurkan salah satu ponsel outdoor yang terbilang revolusioner di kelasnya. Ponsel seri SA7 ini rencananya akan dijual ke pasar tanah air Januari 2006. Seri SA7 diartikan sebagai sort and active, sebuah ponsel yang dirancang dengan pertahanan tinggi.

Uniknya, SA7 muncul dengan desain clasmhell, berbeda dengan kebanyakan ponsel outdoor yang berdesain candybar. Dukungan baterai Li-Ion 1660 mAh, SA7 memiliki kemampuan waktu siaga sampai 860 jam atau sekitar 1 bulan, sedang waktu bicara mampu digenjot sampai hitungan 16 jam.

DESAIN

SA7 mengambil konsep rangkaian clamshell sebelumnya. Sekilas SA7 serupa dengan ponsel seri VS dan MX, namun bila diamati dengan seksama SA7 tampil dengan desain yang lebih tebal dan besar, karena SA7 mengadopsi jenis baterai berkapasitas 'super' 1660 mAh yang membuat desain ponsel terlihat tebal dan gemuk dengan dimensi 102x53x26 mm dan berat 140 gram.

Untuk urusan ketahanan material, SA7 memiliki system perlindungan pada lapisan karet sintetis yang mengitari sekeliling cover. Tal hanya itu pinggiran front cover juga ditambahkan proteksi karet berwarna hitam.Ciri outdoor juga ditunjukkan pada desain lubang desain buzzer speaker yang terdapat pada bagian back cover.

LAYAR

Panasonic SA7 menggunakan layar jenis dual color LCD. Layar bagian dalam dilengkapi teknologi TFT (thin film transistor) 16 juta warna dan tingkat resolusi 240x320 pixels dengan ukuran 2,5 inci atau sekitar 40x51 mm. Ukuran layar dalam SA7 sedikit lebih besar dari seri VS2,VS3,VS6 dan MX6 yang besarnya hanya 2,2 inci dengan resolusi sama. Sedang layar bagian luar mengadopsi jenis STN (super twisted newmatic) berukuran 1,1 inci atau sekitar 24x16 mm. Peran layar bagian luar ini dapat dijadikan sebagai cermin saat digunakan self portrait.

Selalin itu layar luar berfungsi untuk menginformasikan adanya incoming call, kondisi jaringan, baterai hingga photo caller ID dan wallpeper.

KAMERA

Dengan mengapdopsi teknologi 2 megapixel, kamera SA7 menjadi keunggulan yang sangat diperhitungkan. Fungsi kamera seperti biasa dapat menjalankan peran pemotretan dan rekaman video. Untuk pemotretan ukuran foto dapat disetting mulai dari ukuran ultra large (1600x1200 pixel) hingga yang paling kecil 96x24 pixel yang dipersiapkan untuk front display. Sebagai ponsel outdoor SA7 sudah dilengkapi fasilitas flash light yang bisa berperan sebagai senter jarak dekat. Hadirnya fasilitas macro mode seolah menjadi ciri khas keunggulan teknologi kamera Panasonic. Hinnga kini belum ada vendor lain mengikuti jejak menghadirkan fasilitas yang canggih ini. Dengan macro mode Anda bisa menghilangkan kesan buram saat melakukan pemotretan jarak dekat. Selain juga mode yang juga tetap tidak absen pada ponsel ini. SA7 menyediakan pilihan efek gambar mulai dari mode normal, sepia, monochrome dan negatif.

Begitu pula self timer yang dapat di set dalam pilihan 5 dan 10 detik. Pada fasilitas rekam video terdapat pilihan waktu rekam berdasar extended video dan MMS sending. Waktu perekam berdasar MMS sending dengan waktu rekam 30 detik. Fungsi pemotretan dan rekam video dapat menggunakan digital zooming hingga 5 kali dan brightness.

MESSAGE DAN MEMORI

Seri SA7 masih mengunggulkan SMS dan MMS namun minus email client. Fasilitas SMS-nya hanya 1530 karekter, serta SMS memori sampai 500 pesan. Dengan ukuran layar yang besar, dalam satu kali pengetikan layar mampu menampung 7 baris. Sementara itu MMS tersedia dengan alokasi memori hingga 2 Mb. Masih seperti seri-seri sebelumnya, SA7 tidak menyediakan slot memori eksternal.Sehingga memori internal menjadi andalan satu-satunya memenuhi kebutuhan aneka dowlod. Jumlah kapasitas memori internal yang tersedia untuk download gambar dan melodi adalah 32 Mb.

KONEKTIVITAS DAN INTERNET

Fasilitas koneksi nirkabel jarak dekat yang cukup memadai, baik bluetooth dan infared sudah siap untuk membantu aktifitas Anda. Kemampuan koneksi lain yaitu dengan kabel USB, port slot USB terletak disamping kanan badan ponsel, menjadi satu dengan slot yang dipakai untuk charging. Slot ini juga cukup terlindung dengan penutup karet yang terintegrasi. Seri SA7 didukung oleh GPRS kelas 10 (4 downlink dan 2 I), WAP 1.2.1 protocol Stack dan WAP 2.0 browser. Salin itu juga SA7 , dalam paket penjualannya nanti telah dilengkapi system inject setting proxy GPRS dan operator lokal.

NADA DERING

SA7 mendukung format nada dering poliponik mmf 64 cord dan MP3. Meski bukan ponsel musik, mendengarkan melodi MP3 dari buzzer SA7 cukup nyaman, suara yang keluar begitu jelas.
 
Ponsel ini ane belum pernah melihat atau memiliki. Bagi yang dulu punya, maka sekarang ini sudah menjadi barang usang.
 
Back
Top