Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Kumpulan SMS Nasehat danTausiyah

berikut koleksi kumpulan SMS taushiyah dan nasehat yg aku kumpulin dari forum lain, semoga berguna, daripada kirim SMS joke2 yg garing, lebih baik kirim SMS yg berguna buat temen2mu

bisa juga buat untuk update status di facebook, twitter atau bahkan ditaruh disignature ii mu, insyaAllah jika banyak yg baca dan bisa berguna maka kita mendpatkan pahala, amiiin

Imam asy-Syafi'i:

Berilah nasehat kepada diriku ini tatkala sendiri
Dan jauhkan dari menasehatiku ditengah manusia
Sebab memberi nasehat dihadapan mereka berarti
penghinaan bagi diri, aku tak rela mendengarkannya
Andai kau tak terima dan durhaka dengan ucapanku ini
Janganlah berkeluh kesah, bila nasehatmu tidak diterima

{Diwan al imam asy-Syafi'i, Qafiyah al-'Ain,
Cet. darul fikr, Th. 1409 H - 1988 M}


Abu ‘Ashim :
“Semenjak aku ketahui bahwa ghibah (menggunjing orang lain) adalah haram maka aku tidak berani menggunjing orang sama sekali (Tarikh Al-Kabir, 4/336).

Ibnu Mas’ud :
“Tidak ada anggota tubuh yang lebih perlu untuk dikekang dalam waktu lama, selaindari lisanku (Minhajil Qashidin, 215)

Abdullah bin Mas’ud:
“Orang beriman memandang dosa-dosanya seolah batu besar di puncak bukit, ia takut kalau-kalau menimpanya.” (HR. Bukhari: 5949).

Ka’ab Al-Ahbar:
“Menangis karena takut kepada allah lebih aku sukai daripada bersedekah dengan 2 kg emas. (Tarikhul Islam III/39).

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yang selalu merasa cukup dan berusaha menyembunyikan amalnya. (HR. Muslim. 2965).

Al-Ghazali :
“Berteman & Bergaul dengan orang baik akan mewariskan sikap baik. Karena tabiat manusia cenderung selalu meniru dan mengikuti (Tuhfatul Ahwadzi, 7/42).

Umar bin Abdul Aziz :
“Ikatlah nikmat-nikmat Allah dengan bersyukur kepada-Nya.” (Tazkiyah An Nafs 98)

“Sesungguhnya kehidupan ini hanyalah kesenangan (yang bersifat sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS. Al Mukmin: 39).

Barangsiapa mengajak kepada petunjuk, niscaya ia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. (HR. Muslim)

“Sebaik-baik puasa sesudah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (Muharram) & sebaik-baik shalat sesudah shalat wajib adalah shalat malam.”(HR. Muslim, 1163)

Di samping puasa asyura tgl 10, disunnahkan juga untuk puasa tasu’a tgl 9 Muharram. Rasulullah: Insya Alloh tahun depan kita akan puasa hari ke-9.” (HR. Muslim, 1916)

Rasulullah: “Saya mohon kepada Alloh agar puasa Asyura (10 Muharram) menjadi penghapus dosa satu tahun yang telah lalu.” (HR. Muslim, 1976)

Salman: ”Orang yang banyak mencari fadhilah amalan sunnah tapi tidak menyempurnakan amalan wajib bagai pedagang yang rugi tapi ingin mencari keuntungan.” (Tanbihul Mughtarin: 159)

Hasan bin Sholih: “Mengerjakan kebaikan adalah kekuatan di badan, cahaya di hati, dan sinar di mata.” (Hilyatul Auliya’ VII/330)

“Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku sebagai orang yang mendirikan sholat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrohim: 40)

“Barangsiapa berangkat ke Masjid untuk sholat jama’ah maka satu langkah menghapus kesalahan dan langkah yang lain menulis satu kebaikan, pulang dan pergi.” (Sholih At-Yafghib: 229)

Sa’id bin Musayyib: “Barangsiapa bisa menjaga sholat lima waktu secara berjama’ah maka ia telah memenuhi daratan dan lautan dengan ibadah.” (Hilyatul Auliya’ II/160)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang tidak khusyu’, doa yang tidak didengar, jiwa yang tidak pernah puas, dan ilmu yang tidak bermanfaat. Aku berlindung kepada-Mu dari keempat hal itu.” (Shohih An-Nasai III/1113).

Harist bin Qois: “Jika setan mendatangimu ketika sedang sholat, lalu dia berkata, “Kamu pamer!” maka perpanjanglah sholatmu!” (Hilyatul Auliya’ IV/132).

“Sesungguhnya kematian itu dapat melenyapkan kenikmatan yang dirasakan oleh orang-orang yang dilipti oleh kenikmatan itu, oleh sebab itu carilah kenikmatan yang tidak ada kematiannya (Abdullah bin Mutharif rahimahullah)

Sa’id bin Abdul Aziz: “Setiap kali aku berdiri dalam sholatku, aku selalu terbayang-bayang neraka jahanam. (Hilyatul Auliya’ VII/274)

“Beramallah untuk duniamu sesuai keadaan tinggalmu di sana. Dan beramallah untuk akhiratmu sesuai kadar kekekalanmu di sana”. (Sufyan Ats Tsauri rahimahullah).

Muadz bin Jabal: “Jika kamu sholat, maka sholatlah seperti orang yang berpamitan. Jangan mengira bahwa kamu akan kembali kepadanya untuk selamanya.” (Hilyatul Auliya’ I/234)

Hudzaifah: “Sesuatu yang pertama kali hilang dari agama kalian adalah khusyu’ dan sesuatu yang paling terakhir hilang dari agama kalian adalah sholat.” (Hilyatul Auliya’ “I/281)

“Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu'.” (QS. Al Baqoroh: 45)

Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan orang yang tidak berdzikir kepada-Nya adalah seperti perumpamaan antara orang yang hidup dan yang mati. (HR. Al Bukhari dan Muslim).Marilah kita membandingkan dalam satu hari, berapa jamkah kita menjadi mayat dan berapa jam kita menjadi orang yang benar-benar hidup.

Abu Darda: “Jadikanlah ucapanmu dalam rangka berdzikir dan diammu dalam rangka berfikir serta renunganmu dalam rangka mengambil pelajaran.” (Al Aqdul Farid 3/110)

Ibnu Mas’ud: “Sungguh seandainya Allah menerima dariku satu amalan, maka hal itu lebih aku sukai daripada emas yang memenuhi bumi.” (Kanzul Amal: 3/698)

Rasulullah: “Di antara kebaikan Islam seseorang ialah meninggalkan hal-hal yang tidak berguna baginya.” (HR. Tirmidzi).

Janganlah kamu meminta kebutuhanmu kepada anak Adam. Mintalah hanya pada yang pintu-Nya tak pernah tertutup. Allah akan murka jika kamu meninggalkan bermohon kepada-Nya, sedangkan anak Adam akan murka jika kamu memohon kepadanya. (Tazkiyatun Nafs: 55)

Jabir bin Zaid: “Aku lebih suka bersedekah satu dirham kepada anak yatim atau orang miskin daripada menunaikan ibadah haji setelah haji wajib.” (Hilyatul Auliya’: 3/89)

Hasan: “Carilah kenikmatan dalam tiga hal: Sholat, Al Qur’an, dan dzikir. Jika kamu menemukannya maka teruskanlah dan bergembiralah.” (Hilayatul Auliya’: 6/171)

Shilan bin Farwah: “Aku menemukan bahwa sikap menunda adalah salah satu prajurit iblis yang telah banyak membinasakan makhluk Allah.” (Hilyatul Auliya’: 6/42)

Kholid bin Mi’dan: “Jika pintu kebaikan dibukakan untukmu maka bergegaslah menuju ke sana. Karena kamu tidak tahu kapan pintu itu ditutup.” (Hilyatul Auliya’: 5/211)

Doa dari Al Qur’an: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku.” (QS. Thaahaa: 25-27)

Yahya bin Mu’adz: “Dunia adalah jembatan akhirat. Maka seberangilah ia dan janganlah kamu menjadikannya sebagai tujuan.” (Siyaathul Quluub: 35)

“Barangsiapa yang ingin mendapatkan kelezatan iman, hendaklah dia mencintai seseorang dengan tidak mencintainya kecuali karena Allah.” (Shalih Al-Jami’: 6163)

Yahya bin Mu’adz: “Seandainya akal dapat melihat hiburan surga melalui mata imannya, niscaya akan leburlah jiwa ini karena rindu kepadanya.” (Siyaathul Quluub: 34)

Yahya bin Mu’adz: “Barangsiapa yang memusatkan hatinya kepada Allah, niscaya akan terbukalah sumber-sumber hikmah dalam hatinya dan mengalir melalui lisannya.” (Siyaathul Quluub: 33)

“Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasannya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya.” (QS. Al Muzzammil: 20)


“Sesungguhnya kehidupan ini hanyalah kesenangan (yang bersifat sementara) dansesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.” (QS. Al Mu’min: 39)

Barangsiapa mengajak kepada petunjuk, niscaya ia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. (HR. Muslim)

“Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yang selalu takwa, selalu merasa cukup, dan berusaha meyembunyikan amalnya.” (HR. Muslim, 2965)

Wahab bin Munabih: “Waspadalah terhadap hawa nafsu yang dituhankan, teman yang jahat, dan keterpukauan dengan diri sendiri.” (Siyaru Alaamin Nubala IV: 549)

Rasulullah: “Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertakwa, yang merasa cukup, dan yang rajin beribadah secara diam-diam.” (HR. Muslim)

Ibnul Jauzi: “Waktu akan semakin berharga bila dijaga dengan baik, tapi aku melihat waktu itu sesuatu yang paling mudah dilalaikan.” (Thabaqat Hanabilah I: 281)

Raghib As-Sirjani: “Indikasi terkabulnya doa adalah semakin ringan beramal shalih, tertarik dengan segala ketaatan, selalu berhasrat untuk berbuat baik, takut balasan maksiat, dan tersentuh ketika mendengar bacaan Al-Quran, hadits, dan ilmu-ilmu lain yang bermanfaat.” (Risalatui ila shabab Al Ummah)


Ibnu Mubarak: “Aku melihat dosa-dosa mematikan hati. Sungguh melakukannya terus-menerus akan membuahkan kehinaan.” (Ashirul Maknun fi riqratil qulub, 53)

Rasulullah: “Tanda –tanda orang munafik itu ada tiga: Jika berkata bohong, jika berjanji ia mengingkari, dan jika dipercaya ia berkhianat.” (Muttafaqun ‘alaih)

“Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan Rabbmu dan surga yang luasmnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. (QS. Al Hadid: 21)

Ibnu Mubarak: “Berapa banyak amalan kecil menjadi besar pahalanya karena niat dan berapa banyak amalan besar menjadi kecil pahalanya karena niat pula.” (Jami Ulum wal Hikam, 12)

Rasulullah: “Waspadalah terhadap sifat dengki karena sesungguhnya dengki itu dapat memakan pahala kebaikan. Seperti api memakan kayu bakar.” (HR. Abu Dawud)

Umar bin Khotob: “duduklah dengan orang-orang yang bertaubat, sesungguhnya mereka menjadikan segala sesuatu lebih berfaedah.” (Tahfdzib Hilyatul Auliya I/71)

Umar bin Khotob: “Kalau sekiranya kesabaran dan syukur itu dua kendaraan, aku tak tahu mana yang harus aku kendarai.” (Al Bayan wa At Tabyin III/ 126)

Rasulullah: “Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.” (HR. At Tirmizi)

Umar bin Khotob: “Sesungguhnya kita adalah kaum yang dimuliakan oleh Allah dengan Islam, maka janganlah kita mencari kemuliaan dengan selainnya.” (Ihya’ Ulumuddin 4/203)


sumber:myquran.org
 
Last edited:
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Rasulullah: “Kebaikan adalah akhlak yang baik dan dosa adalah sesuatu yang tersembunyi di hatimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya.” (HR. Muslim)

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azabku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Rasulullah: “Sesungguhnya Allah merasa puas terhadap hamba-Nya yang bila makan selalu memuji-Nya dan bila minum juga selalu memuji-Nya.”(HR. Muslim)

Abu Hurairah: “Jadilah orang yang selalu puas dengan rizki Allah, niscaya engkau akan jadi orang yang paling bersyukur.” (Ibnu Majah: 4217)

Hasan Al Bashri: “Perbanyaklah untuk menyebut nikmat-nikmat ini, karena menyebut nikmat itu merupakan bentuk syukur.” (Kaifa Tasyakuru An-Ni’am: 38)

Umar bin Khattab: “Hendaklah kalian menghisab diri kalian pada hari ini, karena hal itu akan meringankanmu di hari perhitungan.” (Shifatush Shafwah, I/286)

“Ya Allah, bantulah Aku untuk mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah secara baik kepada-Mu.” (HR. Abu Dawud II/ 76)

“Hendaknya seorang hamba selalu berharap cemas kepada Allah, jangan merasa berjasa pada Allah dan jangan pernah putus asa dari Rahmat-Nya.” (Tahzibul Hilyah I/ 60)

Rasulullah: “Orang bijak adalah orang yang menghitung dirinya (menghisab/interopeksi diri) dan beramal untuk kehidupan sesudah mati.” (Jami’ At-Tirmidzi: 2459)

Rasulullah: “Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang dalam kesulitan, niscaya Allah memberi kemudahan di dunia dan akhirat.” (Shahih At Targhib wat Tarhib: 69)

“Sesungguhnya kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang jujur dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al Ankabut: 3)

“Cobaan demi cobaan senantiasa menimpa seorang mukmin dan mukminah pada diri dan anaknya hingga ia bertemu Allah pada hari kiamat tanpa membawa kesalahan.” (Jami’ At Tirmidzi : 2399)

“Tidak ada musibah yang menimpa seorang muslim melainkan Allah hapuskan dosanya, sampai duri yang menusuknya sekalipun.” (HR. Bukhari : 5640, Muslim : 2572)

Abu Bakar Ash Shiddiq : “Ketika aku mengingat ahli surga, aku bergumam : “Aku takut jangan-jangan aku tidak termasuk bagian dari mereka.” (Tahdzibul Hilyah, 1/ 60)

Hudzaifah bin Yaman : “Sesungguhnya fitnah selalu ditampakkan kepada hati, jika hatimu merasa senang dengannya maka satu titik hitam digoreskan padanya dan jika ia ingkari maka satu titik putih diletakkan padanya.

Ziyad bin Amru : “Semua manusia tidak menyukai kematian dan pedihnya luka. Akan tetapi manusia berbeda-beda derajatnya dengan kesabaran.” (Ash Shabr, 44).

Al Hasan Al Bashri : “Hai Bani Adam, janganlah kalian menyakiti orang lain dan jika kalian disakiti, maka bersabarlah !” (Ash Shabr, 26).

Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, maka Allah menyediakan bagi mereka pengampunan dan pahala yang agung.” (QS. Al-Ahzab: 35)

Rasulullah: “Kemenangan selalu bersama kesabaran, setelah kesusahan pasti ada kesenangan dan setelah kesulitan pasti ada kemudahan.” (HR. Ahmad I/307)

“Ya, Allah, berilah aku manfaat terhadap apa yang Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmuku.” (Ash-Shahihah, 1511)

Rasulullah: “Hikmah adalah milik muslim yang hilang, dimana saja dia menemukannya, maka ia berhak mengambilnya.” (HR. Tirmidzi, 2611)

“Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada mereka sendiri.” (QS. Yunus: 44)

“Tidaklah 2 orang saling mencintai karena Allah melainkan orang yang paling dicintai Allah di antara keduanya adalah yang paling besar kecintaannya pada saudaranya.” (Al Musnad V/ 259)

Ibnul Qayyim: “Barangsiapa yang takut kepada Allah, maka Allah akan membuatnya nyaman dan tenang dari sesuatu yang ditakuti dan dikhawatirkan…” (Taisirul Azizil Hamid)

Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘anhu: “Ridholah terhadap apa yang telah Allah berikan kepadamu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.” (Siyar A’lam an Nubala, I/497)

Rosulullah bersabda: “Tidaklah kelembutan ditempatkan pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya.” (HR. Muslim)

“Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 78)

Rasulullah bersabda: “Tidaklah dikatakan orang beriman seandainya diasuka melaknat, mencerca dan suka berkata kotor dan keji.” (Shahih Tirmidzi 8/189)

“Jika ada dua orang yang saling mencaci maka dosa perbuatan itu akan ditanggung orang yang memulainya selama orang yang dicaci tidak melampaui batas dalam membalas.” (HR. Abu Dawud 4/274)

“Wahai orang-orang beriman, janganlah seseorang mengolok-olok orang lain. Boleh jadi orang yang diolok-olok lebih baik daripada orang yang mengolok-olok.” (QS. Al-Hujurat: 11)

“Tidaklah seorang menuduh saudaranya dengan kefasikan/ kekafiran. Apabila tuduhan itu tidak benar maka tuduhan itu pasti akan kemabali pada dirinya sendiri.” (Fathul Bari 10/464)

"Allah berfirman: "Aku menyediakan bagi hamba-hambaKU yang shalih sesuatu yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik dalam kalbu manusia." (HR. Bukhari)
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Ziyad bin Amru : “Semua manusia tidak menyukai kematian dan pedihnya luka. Akan tetapi manusia berbeda-beda derajatnya dengan kesabaran.”
(Ash Shabr, 44).

Al Hasan Al Bashri : “Hai Bani Adam, janganlah kalian menyakiti orang lain dan jika kalian disakiti, maka bersabarlah !” (Ash Shabr, 26).

“Jannah itu diselubungi oleh perkara-perkara yang dibenci sedang neraka diselubungi oleh perkara-perkara yang mengundang syahwat.”
(HR. Muslim, 7130)

Abudurrahman bin ‘Auf: “Kami diuji dengan kesempitan maka kami pun bersabar ketika kami diuji dengan kelapangan justru kami tidak sabar.”
(Minhajul Qashidin, 272)

“Ya Rabb kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami dan kokohkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”
(QS. Al Baqarah: 250)

“Akan datang suatu zaman atas umat manusia pada saat itu, orang yang sabar di atas agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.”
(Jami’ At Tirmidzi, 2260).

Yassarollohu umurokum Yassarollohu umurokum Yassarollohu umurokum Yassarollohu umurokum Yassarollohu umurokum

Rasulullah: “seutama-utama amal shalih, ialah agar engkau memasukkan kegembiraan kepada saudaramu yang beriman.”
(Shahih Jamius Shagir no. 1096)

Rasulullah: “Beruntunglah orang yang disibukkan oleh aibnya sendiri, sehingga ia tidak sempat mengurus aib orang lain.”
(HR. Al-Bazzar dengan sanad yang hasan)

Rasulullah: “Maka jika kamu meminta sesuatu dari Allah, mintalah AL-Firdaus. Karena ia adalah surga yang paling utama & paling tinggi.”
(HR. Bukhari XI/214)

“Barangsiapa yang ingin ,merasakan nikmatnya iman, hendaknya dia mencintai saudaranya, dimana dia tidak mencintainya kecuali karena Allah.”
(HR. Ahmad II/298)

“Hai orang-orang yang beriman masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan & janganlah kamu turuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 208)

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…” (QS. An-Nisa’: 78)

Al-Hasan: “Kalian berangan-angan mendapatkan umur seperti umur Nabi Nabi nuh, sedangkan kematian selalu mengetuk kalian setiap malam.”
(Al-Hasan Al-Bashri, Az-Zuhd)

Rabi’ bin Khaitsam: “di pagi ini aku berada dalam keadaan lemah & penuh dengan dosa, kita memakan rizki sambil menunggu ajal kita.”
(Shifatush Shafwah, III/67)

Ibnu Mas’ud: “Usiamu semakin berkurang seiring dengan perjalanan waktu, sementara segala amalan akan tersimpan dan kematian datng secara mendadak. (Al-Fawaid, 147)

Amar bin Yasir radliyallahu’anhu: “Cukuplah kematian sebagai petunjuk, yakin sebagai kekayaan dan ibadah sebagai amalan.” (Tazkiyatun Nafs, 65)

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.” (QS. Ali-Imran: 185)

Mustaurid:“Demi Allah, tidaklah dunia dibanding akhirat kecuali seperti jari telunjuk yang dimasukkan ke laut, lihat berapa tetes air yang keluar.”
(HR. Muslim, 2858)

“Jika dosa yang dilakukan adalah hak Allah, taubat memiliki 3 syarat: PENYESALAN, BERHENTI dari DOSA, & TEKAD untuk TIDAK MENGULAGINYA.”
(Tazkiyah An-Nafs, h.144)

Ziyad bin Amru : “Semua manusia tidak menyukai kematian dan pedihnya luka. Akan tetapi manusia berbeda-beda derajatnya dengan kesabaran.”
(Ash Shabr, 44).

Al Hasan Al Bashri : “Hai Bani Adam, janganlah kalian menyakiti orang lain dan jika kalian disakiti, maka bersabarlah !” (Ash Shabr, 26).

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, maka Allah menyediakan bagi mereka pengampunan dan pahala yang agung.”
(QS. Al-Ahzab: 35)

Rasulullah: “Kemenangan selalu bersama kesabaran, setelah kesusahan pasti ada kesenangan dan setelah kesulitan pasti ada kemudahan.”
(HR. Ahmad I/307)

“Ya, Allah, berilah aku manfaat terhadap apa yang Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmuku.” (Ash-Shahihah, 1511)

Rasulullah: “Hikmah adalah milik muslim yang hilang, dimana saja dia menemukannya, maka ia berhak mengambilnya.” (HR. Tirmidzi, 2611)

“Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada mereka sendiri.”
(QS. Yunus: 44)

“Tidaklah 2 orang saling mencintai karena Allah melainkan orang yang paling dicintai Allah di antara keduanya adalah yang paling besar kecintaannya pada saudaranya.” (Al Musnad V/ 259)

Ibnul Qayyim: “Barangsiapa yang takut kepada Allah, maka Allah akan membuatnya nyaman dan tenang dari sesuatu yang ditakuti dan dikhawatirkan…” (Taisirul Azizil Hamid)

Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘anhu: “Ridholah terhadap apa yang telah Allah berikan kepadamu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.”
(Siyar A’lam an Nubala, I/497)

Rosulullah bersabda: “Tidaklah kelembutan ditempatkan pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya.” (HR. Muslim)

“Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 78)

Rasulullah bersabda: “Tidaklah dikatakan orang beriman seandainya dia suka melaknat, mencerca dan suka berkata kotor dan keji.”
(Shahih Tirmidzi 8/189)

“Jika ada dua orang yang saling mencaci maka dosa perbuatan itu akan ditanggung orang yang memulainya selama orang yang dicaci tidak melampaui batas dalam membalas.” (HR. Abu Dawud 4/274)

“Wahai orang-orang beriman, janganlah seseorang mengolok-olok orang lain. Boleh jadi orang yang diolok-olok lebih baik daripada orang yang mengolok-olok.” (QS. Al-Hujurat: 11)

“Tidaklah seorang menuduh saudaranya dengan kefasikan/ kekafiran. Apabila tuduhan itu tidak benar maka tuduhan itu pasti akan kembali pada dirinya sendiri.” (Fathul Bari 10/464)

“Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami & hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami & wafatkanlah kami beserta orang-orang yg banyak berbakti.”
(QS Ali’Imran 193)

Al-Hasan bin Ali:”Bacalah Al-Quran sehingga bisa mencegahmu dari dosa. Jika belum demikian maka pada hakekatnya anda belum membaca.”
(Kanzul ’Ummal I/2776)

Abu Ubaid:”Jgnlah seorg hamba bertanya pada dirinya kecuali ttg AL-QURAN. Maka jika ia mencintainya berarti ia mencintai Allah & Rasul-Nya.”
(Mushannaf Ibn Abi Syaibah X/485)

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri.”
(QS Al A’raaf:126)

Abu Darda’:”Brngsiapa melindungi kehormatan saudaranya, maka Allah akan melindungi wajahnya dari api neraka pd hari kiamat.”
(Shahih Sunan At-Tirmidzi:1575)

Allah berfirman: “Dan bekerjalah, niscaya Allah, Rasul, & orang-orang mukmin pasti akan melihat apa yang telah kamu kerjakan.”(QS.At-Taubah:105)

Rasulullah:”Kecelakaan atas org yg berbicara & berdusta demi membuat org lain tertawa. Celakalah dia...celakalah dia...”
(Shahih Sunan At-Tirmidzi:1885)

Abu Umamah Al-Bahili:”Ssungguhnya Allah tdk akan menerima amal kebaikan, kecuali yg murni krnNYA & mengharapkan ridhaNYA.”(Shahih Al-Jami’ 1852)

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau & main-main, & ssungguhnya akhirat itulah yg sbenarnya kehidupan, kalau mrk mngetahui.”
(QS.Al-Ankabut:64)

Rasulullah:”Sungguh Allah telah mengharamkan bagi neraka orang yg mengucapkan Laailaahaillallah yg dg itu ia mengharap ridha Allah.”
(Riyadhus Sholihin:389)

Rasulullah:”Brgsiapa yg ucapan akhir hidupnya berupa:Laailaahaillallaah(tdk ada Tuhan yg berhak disembah selain Allah)pasti masuk surga.”
(HR.Abu Daud:3116)
 
Last edited:
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Nabi pernah mengajarkan makan kepada seorang anak: “Wahai anak, ucapkanlah ‘Bismillah’, makanlah dengan tangan kanan & makanlah yang terdekat denganmu.” (HR. Bukhari)

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik, yang Kami berikan kepadamu & bersyukurlah kepada Allah, jk hanya kpd Allah kamu menyembah”(QS.AlBaqarah:172)

Rasulullah:”Jika kalian mendatangi org yg sakit atau yg meninggal dunia,ucapkanlah yg baik2,krn malaikat mengamini apa yg kalian ucapkan.”(HR.Muslim:919)

Rasulullah:”Tidaklah seorang hamba muslim menjenguk saudaranya yg muslim melainkan Allah mengutus 70 ribu malaikat bershalawat untuknya.”(HR.Ahmad:754)

“Sebaik2 mukmin adl yg baik akhlaknya & yg plg cerdas diantara mrk adl yg plg byk mengingat kematian serta yg mpy psiapan yg plg baik baginya”(HR.Ibnu Majah)

Rasulullah:”Barangsiapa yang menjenguk orang sakit seolah-olah ia berjalan di taman surga hingga ia kembali.”(HR.Muslim:2568)

Rasulullah:”Sesungguhnya Allah benar2 akan menguji hambaNya dgn penyakit, sehingga ia menghapus setiap dosa darinya.”(HR.AlHakim I/348)

Rasulullah:”Tidaklah seorang mmuslim tertimpa suatu penyakit atau sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa2nya.”(HR.Bukhari:5660)

Raulullah:”Jika kalian makan, mk makanlah dg tangan kanan&jk minum,mk minumlah dg tangan kanan,krn sesungguhnya setan makan&minum dg tangan kiri.”(HR.Muslim)

"Allah berfirman: "Aku menyediakan bagi hamba-hambaKU yang shalih sesuatu yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik dalam kalbu manusia." (HR. Bukhari)

Ziyad bin Amru : “Semua manusia tidak menyukai kematian dan pedihnya luka. Akan tetapi manusia berbeda-beda derajatnya dengan kesabaran.”
(Ash Shabr, 44).

Al Hasan Al Bashri : “Hai Bani Adam, janganlah kalian menyakiti orang lain dan jika kalian disakiti, maka bersabarlah !” (Ash Shabr, 26).

“Jannah itu diselubungi oleh perkara-perkara yang dibenci sedang neraka diselubungi oleh perkara-perkara yang mengundang syahwat.”
(HR. Muslim, 7130)

Abudurrahman bin ‘Auf: “Kami diuji dengan kesempitan maka kami pun bersabar ketika kami diuji dengan kelapangan justru kami tidak sabar.”
(Minhajul Qashidin, 272)

“Ya Rabb kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami dan kokohkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”
(QS. Al Baqarah: 250)

“Akan datang suatu zaman atas umat manusia pada saat itu, orang yang sabar di atas agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.”
(Jami’ At Tirmidzi, 2260).

Rasulullah: “seutama-utama amal shalih, ialah agar engkau memasukkan kegembiraan kepada saudaramu yang beriman.”
(Shahih Jamius Shagir no. 1096)

Rasulullah: “Beruntunglah orang yang disibukkan oleh aibnya sendiri, sehingga ia tidak sempat mengurus aib orang lain.”
(HR. Al-Bazzar dengan sanad yang hasan)

Rasulullah: “Maka jika kamu meminta sesuatu dari Allah, mintalah AL-Firdaus. Karena ia adalah surga yang paling utama & paling tinggi.”
(HR. Bukhari XI/214)

“Barangsiapa yang ingin ,merasakan nikmatnya iman, hendaknya dia mencintai saudaranya, dimana dia tidak mencintainya kecuali karena Allah.”
(HR. Ahmad II/298)

“Hai orang-orang yang beriman masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan & janganlah kamu turuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 208)

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh…” (QS. An-Nisa’: 78)

Al-Hasan: “Kalian berangan-angan mendapatkan umur seperti umur Nabi Nabi nuh, sedangkan kematian selalu mengetuk kalian setiap malam.”
(Al-Hasan Al-Bashri, Az-Zuhd)

Rabi’ bin Khaitsam: “di pagi ini aku berada dalam keadaan lemah & penuh dengan dosa, kita memakan rizki sambil menunggu ajal kita.”
(Shifatush Shafwah, III/67)

Ibnu Mas’ud: “Usiamu semakin berkurang seiring dengan perjalanan waktu, sementara segala amalan akan tersimpan dan kematian datng secara mendadak. (Al-Fawaid, 147)

Amar bin Yasir radliyallahu’anhu: “Cukuplah kematian sebagai petunjuk, yakin sebagai kekayaan dan ibadah sebagai amalan.” (Tazkiyatun Nafs, 65)

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.” (QS. Ali-Imran: 185)

Mustaurid:“Demi Allah, tidaklah dunia dibanding akhirat kecuali seperti jari telunjuk yang dimasukkan ke laut, lihat berapa tetes air yang keluar.”
(HR. Muslim, 2858)

“Jika dosa yang dilakukan adalah hak Allah, taubat memiliki 3 syarat: PENYESALAN, BERHENTI dari DOSA, & TEKAD untuk TIDAK MENGULAGINYA.”
(Tazkiyah An-Nafs, h.144)

Ziyad bin Amru : “Semua manusia tidak menyukai kematian dan pedihnya luka. Akan tetapi manusia berbeda-beda derajatnya dengan kesabaran.”
(Ash Shabr, 44).

Al Hasan Al Bashri : “Hai Bani Adam, janganlah kalian menyakiti orang lain dan jika kalian disakiti, maka bersabarlah !” (Ash Shabr, 26).

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, maka Allah menyediakan bagi mereka pengampunan dan pahala yang agung.”
(QS. Al-Ahzab: 35)

Rasulullah: “Kemenangan selalu bersama kesabaran, setelah kesusahan pasti ada kesenangan dan setelah kesulitan pasti ada kemudahan.”
(HR. Ahmad I/307)

“Ya, Allah, berilah aku manfaat terhadap apa yang Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmuku.” (Ash-Shahihah, 1511)

Rasulullah: “Hikmah adalah milik muslim yang hilang, dimana saja dia menemukannya, maka ia berhak mengambilnya.” (HR. Tirmidzi, 2611)

“Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada mereka sendiri.”
(QS. Yunus: 44)

“Tidaklah 2 orang saling mencintai karena Allah melainkan orang yang paling dicintai Allah di antara keduanya adalah yang paling besar kecintaannya pada saudaranya.” (Al Musnad V/ 259)

Ibnul Qayyim: “Barangsiapa yang takut kepada Allah, maka Allah akan membuatnya nyaman dan tenang dari sesuatu yang ditakuti dan dikhawatirkan…” (Taisirul Azizil Hamid)

Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘anhu: “Ridholah terhadap apa yang telah Allah berikan kepadamu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.”
(Siyar A’lam an Nubala, I/497)

Rosulullah bersabda: “Tidaklah kelembutan ditempatkan pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya.” (HR. Muslim)

“Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui suatu apapun dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 78)

Rasulullah bersabda: “Tidaklah dikatakan orang beriman seandainya dia suka melaknat, mencerca dan suka berkata kotor dan keji.”
(Shahih Tirmidzi 8/189)

“Jika ada dua orang yang saling mencaci maka dosa perbuatan itu akan ditanggung orang yang memulainya selama orang yang dicaci tidak melampaui batas dalam membalas.” (HR. Abu Dawud 4/274)

“Wahai orang-orang beriman, janganlah seseorang mengolok-olok orang lain. Boleh jadi orang yang diolok-olok lebih baik daripada orang yang mengolok-olok.” (QS. Al-Hujurat: 11)

“Tidaklah seorang menuduh saudaranya dengan kefasikan/ kekafiran. Apabila tuduhan itu tidak benar maka tuduhan itu pasti akan kembali pada dirinya sendiri.” (Fathul Bari 10/464)

“Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami & hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami & wafatkanlah kami beserta orang-orang yg banyak berbakti.”
(QS Ali’Imran 193)

Al-Hasan bin Ali:”Bacalah Al-Quran sehingga bisa mencegahmu dari dosa. Jika belum demikian maka pada hakekatnya anda belum membaca.”
(Kanzul ’Ummal I/2776)


Abu Ubaid:”Jgnlah seorg hamba bertanya pada dirinya kecuali ttg AL-QURAN. Maka jika ia mencintainya berarti ia mencintai Allah & Rasul-Nya.”
(Mushannaf Ibn Abi Syaibah X/485)

“Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri.”
(QS Al A’raaf:126)

Abu Darda’:”Brngsiapa melindungi kehormatan saudaranya, maka Allah akan melindungi wajahnya dari api neraka pd hari kiamat.”
(Shahih Sunan At-Tirmidzi:1575)

Allah berfirman: “Dan bekerjalah, niscaya Allah, Rasul, & orang-orang mukmin pasti akan melihat apa yang telah kamu kerjakan.”(QS.At-Taubah:105)

Rasulullah:”Kecelakaan atas org yg berbicara & berdusta demi membuat org lain tertawa. Celakalah dia...celakalah dia...”
(Shahih Sunan At-Tirmidzi:1885)

Abu Umamah Al-Bahili:”Ssungguhnya Allah tdk akan menerima amal kebaikan, kecuali yg murni krnNYA & mengharapkan ridhaNYA.”(Shahih Al-Jami’ 1852)

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau & main-main, & ssungguhnya akhirat itulah yg sbenarnya kehidupan, kalau mrk mngetahui.”
(QS.Al-Ankabut:64)

Rasulullah:”Sungguh Allah telah mengharamkan bagi neraka orang yg mengucapkan Laailaahaillallah yg dg itu ia mengharap ridha Allah.”
(Riyadhus Sholihin:389)

Rasulullah:”Barangsiapa yg ucapan akhir hidupnya berupa:Laailaahaillallaah(tdk ada Tuhan yg berhak disembah selain Allah)pasti masuk surga.”
(HR.Abu Daud:3116)

Rasulullah:”Jika seseorang bermimpi sesuatu yg ia sukai,maka mimpi itu dari Allah,segeralah memuji Alloh atasnya & ceritakanlah mimpi itu.”(HR.Bukhari:7045)

“Tdklah seorg muslim tidur dlm keadaan brdzikir & suci kmd bangun mlm & minta kpd Allah kbaikan dunia &akhirat kecuali Allah akan mngabulkan.” (HR. Abu Dawud)

Rasulullah akan tidur brdoa:”Allahumma bismika amuutu wa ahyaa’. Jk bngun tidur:”Alhamdulillah iladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wailaihinnusyuur.”(HR.Bukhari)

Rasulullah:”Jk kamu mendatangi tempat tidurmu,mk berwudhulah spt wudhumu utk sholat,kmd tidurlah miring ke sisi kananmu,kmd berdoalah.”(Muttafaq’alaih)

Rasulullah:Matikanlah lampu pd waktu malam jk ingin tidur,tutuplah pintu-pintu,kencangkan tutup minuman,tutupilah tempat makan&minum.”(Muttafaq’alaih)

Rasulullah:”Jadilah org yg slalu menghindari hal yg dikhawatirkan berbahaya di akhirat,niscaya engkau akan jd org yg plg rajin beribadah.”(Ibn Majah:4217)

“Brgsiapa bertakwa kpd Alloh niscaya Dia akan mengadakan baginya jln keluar.Dan memberinya rizki dari arah yg tiada disangka-sangkanya.”(AthThalaaq:2-3)

Rasulullah:”Ssungguhnya Alloh mencintai seorg hamba yg bertakwa yg merasa cukup
& yg rajin beribadah scr diam-diam.”(HR.Muslim)

Umar b.Khatab:”Brgsiapa yg bertakwa kpd Alloh mk Dia akan melindunginya & brgsiapa yg pasrah kpd Alloh mk Dia akan mncukupinya.”(Al Aqdul Farid 3/114)

Umar b.Abd.Aziz:”Stiap prjalanan mmbutuhkan bekal,mk bekalilah kalian dg ketakwaan utk prjalanan dr dunia menuju akhirat.”(Bidayah Wa Nihayah IX/283)

“Sedikit makan itu melembutkan hati,menguatkan daya pikir,membuka diri serta melemahkan nafsu & sifat amarah.”(Tazkiyah An-Nafsh:33)

Rasulullah:”Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yg jk kalian lakukan mk kalian akan saling mencintai?Sebarkan salam diantara kalian.”(HR.Muslim)

Seorg sahabat btanya:Amalan apa yg baik dlm Islam?Nabi:”Engkau mberi makanan&mengucapkn salam baik thd org yg dikenal maupun tdk dkenal.”(HR.Bukhari)

Anas:”Nabi brnafas 3 x ketika hendak minum&brsabda:”Ssungguhnya yg demikian itu lebih segar,lebih bersih&lebih memuaskan.”(HR.Bukhari)

Rasulullah:”Sesungguhnya Alloh ridha kpd hamba yg bila makan makanan ia memuji Alloh atas makanannya/minum kmd memuji Alloh atas minumannya”(HR.Muslim)

"Dua kalimat yg rinngan di lisan,berat di timbangan & dicintai Ar-Rahman:Subhanallah wa bihamdih & Subhanallahil'azhim.(HR.Bukhari 7/168,Muslim 4/2072)

Ibnu Qudamah:"Sebelum makan sseorang hrs meniatkan utk menambah ketaatan kpd Allah & tdk sekedar menikmati makanan yg ada."(Minhajul Qashidin,85)

Ibnu Katsir:"Jika kalian bertaubat kpd Allah,minta ampun kpdNYA & mentaatiNYA niscaya Allah akan membanyakkan rizki kalian."(Kunci-Kunci Rizki,13)
 
Last edited:
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Ibnu Mas’ud:”Ssungguhnya harta seseorang adalah yg dia infaqkan di masa hidupnya & harta yg dia simpan adalah harta ahli warisnya.”(HR.Bukhari:6442)

Rasulullah:”Brgsiapa brbuat riya’ mk Allah akn mnjelek-jelekannya & brgsiapa yg brbuat sum’ah mk Allah akn mmbeberkn sum’ahnya kpd manusia.”(Minhajul Muslim:263)

Perbanyaklah mengingat pemotong seluruh kelezatan ,yaitu kematian.(HR.Ibnu Hibban dlm Shohihnya)

3 gol. Manusia yg mengherankanku & membuatku trtawa:1.Org yg sgt mengharap dunia sdg kematian mengintainya,2.Org yg lalai pdhl tdk ada tindakannya yg akan dilalaikan,3.Org yg trtawa trbahak-bahak sdg dia tdk tahu apakah Allah ridha kpdnya atau bhkn memurkainya.(Salman Al Farisi)


Ibnul Qayyim:”Ketauhilah,sesungguhnya seorang hamba menempuh jalan menuju Allah dgn hati dan tekad bajanya dan bukan dgnfisiknya.”(AlFawaid)

“Jika hidupnya badan membuatnya lancar dalam beraktivitas,maka hidupnya hati membuatnya bahagia dunia & akhirat.”(Tazkiah an-Nafs:39)

Kholid bin Mi’dan:”Jk pintu kebaikan dibukakan untukmu,mk bergegaslah menuju kesana. Krn kamu tdk tahu kapan pintu itu ditutup.”(Hilyatul Aulia’5/211)

Ibnul Jauzi:”Waktu akan semakin berharga bila dijaga dgn baik,tapi aq melihat waktu itu ssuatu yg paling mudah dilalaikan.”(Thabaqat Hanabilah I:281)

Rasulullah:”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu padanya,yaitu kesehatan dan kelonggaran (waktu luang).”(HR.alBukhari:6412)

Rasulullah:”Beruntunglah orang yang disibukkan oleh aibnya sendiri,shg ia tidak sempat mengurus aib org lain.”(HR.alBazzar)

“Tdklah seorg menuduh saudaranya dg kefasikan/kekafiran.Apabila tuduhan itu tdk benar mk tuduhan itu pasti akan kembali pd dirinya sendiri.”(Fathul Bari 10/464)

“Jk ada 2 org yg saling mncaci mk dosa prbuatan itu akan ditanggung org yg memulainya slama org yg dicaci tdk malampaui batas dlm mmbalas.”(HR.Abu Dawud 4/274)

“Tidaklah 2 org saling mencintai krn ALLAH mlainkan org yg plg dicintai ALLAH di antara keduanya adlh yg plg besar kecintaannya pd saudaranya.”(Al-Musnad V/259)

Ibnul Qayyim:”Brgsiapa yg takut kpd ALLAH,mk ALLAH akan membuatnya nyaman & tenang dr sesuatu yg ditakuti & dikhawatirkan...”(Taisirul Azizil Hamid)


“Perumpamaan rumah yg digunakan utk berdzikir kpd Allah dgn rumah yg tdk digunakan berdzikir, laksana orang hidup dgn orang mati.”(HR.MUSLIM,1/539)

Hasan:”Carilah kenikmatan dlm 3 hal yaitu sholat, Al-Qur’an & dzikir. Jika kamu menemukannya mk teruskanlah & bergembiralah.”(Hilyatul Aulia’6/171)

Umar b.Khattab:”Ssungguhnya kebenaran itu berat namun dampaknya baik sedangkan kebatilan itu ringan namun dampaknya buruk.”(Al Bayan wat Tabyin 3/138)

Rosulullah:”Barangsiapa menunjukkan seseorang kepada kebaikan maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang melakukannya.”(HR.Muslim)

Ibnul Munkadir:”Tiada tersisa dr kelezatan dunia melainkan pd 3 hal yaitu:shalat mlm, bertemu saudara muslim, & shalat jama’ah.”(Tazkiyatun Nafs,62)

Ibnul Qayyim:”Siapa yang menginginkan agar hatinya bersih maka hendaklah dia lebih mementingkan Allah daripada syahwatnya.”(Al-Fawa’id)

“Zuhudlah di dunia,niscaya Alloh akan mencintaimu & zuhudlah thd apa yg ada di tangan manusia,niscaya mereka akan mencintaimu.”(Shahih al Jami’,935)

Rosululloh:”Dosa-dosa besar itu adalah:Menyekutukan Alloh, durhaka kpd orang tua, & sumpah dusta.”(HR.Bukhari)
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Ibrahim bin Sufyan: “Apabila rasa takut bersemayam dalam hati seseorang, ia akan mengubah syahwat dan mengusir cinta dunia. (Tahdzib Madarijus Salikin,I/433)

Al-Junaid Rahimahullah: “Orang yg zuhud tidak gembira karena mendapatkan dunia & tidak sedih karena kehilangan dunia.” (Tahdzib Madarijus Salikin, I/453)

Shilan bin Farwah: “Aku menemukan bahwa sikap menunda adalah salah satu prajurit iblis yang telah banyak membinasakan makhluk Alloh.”(Hilyatul Aulia’, 6/42)

Rosululloh: “Barangsiapa memberi kemudahan kpd org dlm kesulitan, niscaya Alloh memberi kemudahan di dunia & akhirat.” (Shohih at-Targhib wat Tarhib:69)

Rosululloh: “Jangan sekali-kali kamu meremehkan sedikitpun dari kebaikan-kebaikan meskipun hanya kamu berjumpa saudaramu dengan muka manis.” (HR.MUSLIM)

“Surga itu dihiasi dengan segala sesuatu yang tidak disenangi sedangkan neraka dihiasi dengan segala sesuatu yang disenangi.”( HR.MUSLIM:2823)

Abu Darda: “Sesungguhnya pd hari kiamat kelak stiap hamba akan ditanyai,’Apa yg tlh kamu amalkan dari apa yg kamu ketahui?”(Iqtidha’Al’Ilm Al’Amal:51)

Hasan AlBashri:Sesungguhnya hisab itu akan berat bagi suatu kaum di Hari Kiamat,yaitu mereka yg tdk melakukan MUHASABAH didunia.(Tazkiyatun Nafs:75)

Rosululloh:Amal yg paling dicintai Alloh adalah amal yg dilakukan secara terus-menerus,sekalipun sedikit.”(Shohih Al Jami’:173)

Abu Qilabah:”Apabila ada kabar yg tdk mengenakkan dari saudaramu sesama muslim,carilah hal yg dapat memaafkannya sebisa kamu,kalau tidak kamu dapati alasan yang tepat, katakan kepada dirimu sendiri: Mungkin saudaraku ini memiliki alasan yang tidak aku ketahui.”(Shifatush Shofwah III:237)

Orang yang berpuasa memiliki 2 kegembiraan:ktka berbuka ia brgembira dg berbukanya & ktka bertemu Rabb-nya ia brgembira dg puasanya(Bukhori:1904)

Setiap amal anak Adam adlah untuknya sendiri kcuali puasa,adapun puasa adalah untukKU (Alloh),AKUlah yg akan membalasnya.(Bukhori:1904-Muslim:1151)

Rosululloh:”Brgsiapa berpuasa satu hari di jalan Alloh Azza wa Jalla maka Alloh mnjauhkn wajahnya dari neraka sejak hari tsb slama 70 thn”(Minhajul Muslim:413)

Abu Hurairoh:Rosululloh tdk pernah mencaci makanan sekalipun,jk beliau menyukainya mk beliau memakannya, jk tdk suka beliau meninggalkannya.(HR.Bukhori)

“Brgsiapa menghendaki khidupan sekarang (duniawi),mk KAMI sgerakan bgnya di dunia itu apa yg KAMI khendaki & KAMI tentukn bgnya nraka jahanam(Al-Isro’:18)

Pada bulan Romadhon Rosululloh memperbanyak:SEDEKAH,BERBUAT BAIK,membaca ALQURAN, sholat (SUNNAH),DZIKIR,& I’TIKAF (Zadul Ma’ad:2/30)

Siapa saja yg sholat malam pada bulan Romadhon niscaya diampuni dosa2nya yang telah lampau (Bukhori:4/217,218 & Muslim:759)

Rosululloh:”Barangsiapa yang terseret ramalan dengan suatu keburukan karena suatu keperluan maka dia telah berbuat syirik...”(HR.Ahmad)

Rosululloh:”Sesungguhnya Alloh menyukai perkara-perkara yg tinggi&mulia&tdk menyukai perkara-perkara yg rendah.”{HR.Ath-Thabrani&dishohihkan oleh Al Albani}

Rosululloh:”Barangsiapa yang tidak mau meninggalkan ucapan jelek & melakukannya maka Alloh tak butuh akan rasa haus & laparnya<puasanya>”{HR.Bukhori}

“MAKAN & MINUMlah hingga jelas bagimu BENANG MERAH dari BENANG PUTIH yaitu FAJAR.”{Al-Baqoroh:187}oleh krnnya adanya SYARI’AT IMSAK tiada dalilnya dari sunnah.

“Celakalah orang yang mengada-adakan ! Celakalah orang yang mengada-adakan ! Celakalah orang yang mengada-adakan !” {HR.Muslim:2670}

Anas dari Zaid: Kami makan sahur brsm Rosululloh kmd beliau sholat.Aku tnykan,brp lama jrk adzan-sahur?Zaid mjwb, sekitar 50ayat mbaca Al-Quran.{Muttafaq ‘alaihi}

“...dan janganlah ENGKAU jadikan dunia sebagai cita-cita terbesar kami,tidak pula sebagai puncak pengetahuan kami...”{HR.At-Tirmidzi,dihasankan Al Albani}

“Jadilah engkau di dunia ini sebagaimana orang asing atau seperti orang yang dalam perjalanan.”{HR.Bukhori}

Rosululloh:”Siapa yang dapat menjamin untukku apa yang ada di antara 2 janggutnya<lisan>&apa yg ada diantara 2 kakinya<kemaluan>mk aku akn mjmin utknya surga{HR.Bukhori}

Sebaik-baik pria:yg tdk dilalaikan oleh PERNIAGAAN&tdk <pula>JUALBELI dari mengingat ALLOH&dari mendirikan SHOLAT&dari menunaikan ZAKAT{An-Nur:37}

Kebanyakan dosa yg menyebabkan manusia masuk neraka adl LISANnya.Oleh krnnya ALLOH berfirman:”serta ucapkanlah kata-kata yg baik kpd manusia{Al Baqoroh:83}

“Tidak masuk surga daging yang tumbuh dari SUHT <PENGHASILAN HARAM>.”{HR.Ibnu Hibban}

Rosululloh: “Jangan sekali-kali seseorang di antara kamu buang air kecil di air yang menggenang yang tidak mengalir kemudian ia mandi di situ.”{Muttafaq’alaih}

“Barangsiapa menghndaki khidupan sekarang (duniawi),mk KAMI sgerakan bgnya di dunia itu apa yg KAMI khendaki & KAMI tentukan baginya neraka jahannam{Al-Isro’18

“Diangkat pena (tidak dicatat) dari 3 golongan: orang gila sampai dia sadarkan diri,org yg tidur hingga dia bangun & anak kecil hingga dia baligh.”{HR.Ahmad}

Anas bin Malik tatkala sdh tdk sanggup berpuasa mk beliau memanggil 30 org miskin lalu (membrikan pd mrk makan) sampai mereka kenyang{HR. Ad-Daruquthni:2/207}

“Adalah kami mengalami HAIDH lalu kamipun diperintahkan untuk meng-QADHA puasa & tidak diperintahkan meng-QADHA sholat.” { HR. Bukhori dan Muslim }

Imam Al-Qurthubi:”Hakikat riya’ ialah menginginkan dunia dalam ibadah & asalnya ialah menginginkan kedudukan di hati manusia”{Al-Jami’ li Ahkamil-Qur’an:10/144}

Al-Hafizh Ibnu Hajar: “Riya’ ialah menampakkan ibadah dengan tujuan agar dilihat manusia lalu mereka memuji peaku amalan tersebut.” { Fathul-Bari: 11/336 }

Andai hal tsb mmng BAIK mk SAHABAT adlh org yg I x mlakukannya sblm QTA,sahabat mrupakn org yg sgt bersgr dlm mlakukn kbaikan
{TAFSIR AL QURAN AL AZHIM 4/199}

Jika hamba2KU bertanya pdmu ttg AKU, maka (jawablah) bahwa AKU dekat. AKU akan mengabulkan permohonan org yang berdoa apabila ia memohon kepada-KU”{QS.2:186}

Rosululloh: ”Sesungguhnya orang yang berpuasa mempunyai DOA yang tidak ditolak ketika ia berbuka puasa” {Minhajul Muslim: 414}

Utsman bin ‘Afffan: “Sekiranya hati kita ini bersih, maka kita tidak akan puas membaca AL-QUR’AN.”
{Ighatsatul Lahfan min Mashayidisy Syayathin, I/64}

“Sungguh dalam SURGA ada 8 PINTU, salah satu pintu tersebut bernama RAYYAN, tidak akan masuk dari pintu tsb kecuali orang2 yg puasa.” {HR.Bukhori-Muslim}

Dari ROMADHON yg satu ke ROMADHON brikutnya mrupakan penggugur dosa yg dilakukan sseorang antara keduanya,slama ia menjauhi dosa-dosa besar.{HR.Muslim:233}

Doa Abu Bakr: “YA ALLOH jadikan masa terbaikku di penghujungnya,amalan terbaikku di akhirnya & hari terbaikku di hari bertemu dgMU.
{Al Aqdul Farid 2/184}

Ibnul Qayyim: “Orang yang paling ikhlas adalah orang yang menyembunyikan kebaikannya sebagaimana ia menyembunyikan keburukannya.”{Tazkiyatun Nafs:17}

Ibnul Qayyim: “Dosa yang dapat menunjukkan pada kerendahan dri lebih dicintai Alloh daripada ketaatan yang menyebabkan kesombongan.”
(Al Fawaid,71)

“Umatku senantiasa dalam KEBAIKAN, selagi mereka MENYEGERAKAN berbuka puasa dan MENGAKHIRKAN SAHUR.” (HR. Bukhori-Muslim)

Nabi pernah mengajarkan makan kpd seorang anak: Wahai anak, ucapkanlah ‘BISMILLAH’, makanlah dengan TANGAN KANAN & makanlah yang TERDEKAT dgmu. {HR.Bukhori}

“Barangsiapa lupa, lalu makan/minum, maka hendaknya terus berpuasa, karena sesungguhnya ia diberi makan atau minum oleh Alloh ta’ala.”
(HR. Bukhori:1933)



Abu Hurairah: “Andaikan orang kafir tahu besarnya kasih sayang ALLOH tentu tidak akan ada satupun yang putus asa dalam menggapai surga-NYA.{HR.Muslim:2755}

Sesungguhnya orang yang berpuasa mempunyai DOA yang tidak ditolak ketika ia berbuka puasa.”{Minhajul Muslim:414}

Jika ada yang mencela atau memusuhi [orang yang berpuasa] maka katakanlah padanya: “aku sedang berpuasa...aku sedang berpuasa”
{HR.Bukhori:1904 & Muslim:1151}

Jika puasa telah datang, janganlah seseorang berkata kotor, bertengkar, dan bertindak bodoh. {HR.Bukhori: 1904 & Muslim:1151}

Ada 2 mata yg tidak disentuh neraka, mata yg menangis karena takut pd Alloh&mata yg tdk tidur krn menjaga perbatasan kaum muslimin.
{HR.At Tirmidzi:1639}

“Jika kamu berdoa kpd Alloh,mk BERSUNGGUH2lah dlm memohon&mmbesarkan HARAPAN,krn ssungguhnya Alloh tdk merasa berat krn sesuatu yg DIA berikan”.{Muttafaq’alaih}

Sesungguhnya Nabi MELARANG minum sambil BERDIRI.{HR.Muslim}; Nabi makan dgn menggunakan TIGA JARI & MENJILATI tangannya sebelum membersihkannya.{HR.Muslim}

Kamu sekali2 tdk sampai kpd kebajikan(yg smpurna),sblm km menafkahkn sbgian harta yg km cintai&apa sj yg km nafkahkn,mk ssngghnya Alloh mngthuinya”{Ali Imron:92}

Rosululloh:Adalah WAJIB atasmu menZAKATI hartamu,oleh karena itu JANGAN kamu keluarkan dia(dg TERLAMBAT), karena yg HARAM itu akan MERUSAK yg HALAL{Nailul Author,1195}

Rosululloh:Barangsiapa KELUAR dari suatu daerah yg lain,maka zakatnya bserta[zakat tanamannya]yg seper10 itu,adl utk daerah kaumnya
{Nailul Author1199}

“Ya Alloh aku mohon ketegaran hati dalam setiap urusanku & tekad yang bulat di atas jalan yang lurus.” {HR.At-Tirmidzi. Kitab Ad Da’awaat 3407, 5/476}

Rosululloh: “Dan barangsiapa SHOLAT SUBUH berjama’ah maka seakan-akan dia sholat satu malam penuh.” {Al-Adzan, 647}

Mutharrif bin Abdillah:Sungguh aku ketiduran &bangun dgn PENYESALAN lebih aku SUKAI daripd aku sholat SMALAM SUNTUK&BANGUN dgn rasa UJUB{Hilyatul Auliya’:2/200}

“Yang paling aku TAKUTKAN pd diri kalian adalah sifat KIKIR, HAWA NAFSU yang dituruti, & seseorang yg TERHERAN-HERAN dgn dirinya”{Jami’ Bayanil ‘Ilmi:1/173}

JANGANlah kamu sekalian saling MEMATA-MATAI yg lain,janganlh saling menCARI2 AIB yg lain,janganlh kamu saling berSAING (dlm keMEGAHan DUNIA){Shohih Muslim:4646}

Rosululloh:Barangsiapa yg MELAPANGKAN 1 kesusahan seorg muslim,maka Alloh akan melapangkan 1 kesusahan diantara kesusahan2 HARI KIAMAT nanti{Shohih Muslim:4677}

Rosululloh mendengar seseorang MEMUJI orang lain secara berLEBIH-lebihan, maka beliau bersabda: “Sungguh kamu telah memBINASAkannya.” {Shohih Muslim: 5321}

Apabila seorg diantara kamu TERPAKSA MEMUJI temannya,hendaklh ia brkata:Aku mengetahui kebaikan si Fulan namun Alloh LEBIH MENGETAHUI keadaannya{Muslim:5319}

KeWAJIBan sorg muslim adalah menDENGAR&TAAT dlm melakukan PERINTAH yg DISUKAI/TIDAK disukai,KECUALI bila diperintahkan melakukan MAKSIAT.”{Shohih Muslim:3423}

Rosululloh: “Barangsiapa yg MEMATUHI PEMIMPIN berarti ia telah mematuhiku & barangsiapa yg menDURHAKAi pemimpin berarti ia telah mendurhakaiku”{Muslim:3417}

“Sesungguhnya kamu sekalian akan menemui sepeninggalku para pemimpin yg EGOIS,maka berSABARlah SAMPAI kamu menJUMPAiku di telaga kelak.”{SHOHIH Muslim:3432}


Tdklah seorg muslim yg tertimpa suatu penyakit KECUALI Alloh akan mngHAPUS dgn penyakit tsb kesalahan2nya sperti sbatang pohon yg mrontokkan daunny{Muslim:4663}

“Wahai manusia,tebarkanlah salam,suguhkan makanan,sambunglah silaturahim,&sholatlah di malam hari sementara orang2 sedang tidur.Niscaya kalian masuk surga dgn selamat{HR.Tirmidzi,hasan shohih}

Rosululloh: “Seorang muslim yang diTINGGAL mati oleh 3 org anaknya TIDAK AKAN disentuh oleh api neraka KECUALI hanya sekedar berlalu saja”{SHOHIH Muslim: 4766}

Barangsiapa yg mlakukan amalan JELEK dlm Islam, lalu diTIRU org lain,maka baginy DOSA sperti org yg mlakukan&TDKdiKURANGi dosa mereka sedikitpun{HR.Muslim:4830}

Ssungguhny ALLOH YG Maha MULIA lagi Maha
AGUNG AKAN mengULUR2 WAKTU bagi org yg
ZALIM.TAPI ktika ALLOH akn menyiksanya,mk DIA TDK AKN mLEPASkannya{MUSLIM:4680}

sSUNGGUHny kZALIMan akn mnDATANGkn kGELAPan2 pd hr kiamat{MUSLIM:4676}Brgsiapa yg mnutupi AIB seorg MUSLIM,mk ALLOH akn mnutupi aibny pd hr kiamat{MUSLIM:4677}

Brgsiapa menCARI POPULARITAS dgn amal prbuatannya,maka ALLOH mnyiarkan AIBnya&brgsiapa yg RIYA dgn amalnya,maka ALLOH akn meNAMPAKkan riyany{MUSLIM:5302}

Rosululloh: “MENGUAP itu termasuk dari [GANGGUAN] SETAN, maka jika seorang dari kamu menguap, hendaklah ia MENAHAN semampunya.”{MUSLIM: 5310}

Ya ALLOH!Ssungguhny aku HANYAlh manusia BIASA,mk siapa dri kaum MUSLIMIN yg aku CACI/aku LAKNAT/aku PUKUL,maka jadiknlh itu sbg ZAKAT&RAHMAT baginy{MUSLIM:4706}

Abu Bakrah: Aku pernah mendengar Rosululloh bersabda: Seseorang [HAKIM] TIDAK boleh memutuskan peerkara antara 2 orang ketika ia sedang MARAH. {HR.Muslim:3241}

Apbl HAKIM mmutuskn perkara dg brIJTIHAD,kmd ia BENAR,mk ia mnDAPATkn 2PAHALA&apbl ia mmutuskn prkra dg brIJTIHAD,lalu SALAH mk ia mmproleh 1 pahla{MUSLIM:3240}

Seorang muslim itu adalah SAUDARA muslim lainnya, dia TIDAK BOLEH menZALIMinya & mengHINAkannya. Barangsiapa yang membantu keperluan saudaranya, maka ALLOH akan memenuhi keperluannya.{MUSLIM: 4677}

Rosululloh: “TIDAK akan MASUK surga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan.” {SHOHIH MUSLIM: 4636}

Rosululloh:” Orang yang memBIAYAI para JANDA dan orang MISKIN itu BAGAIkan seorang PEJUANG di jalan ALLOH.”{SHOHIH MUSLIM: 5295}

Rosululloh:”JANGANlah seorang diantara kamu mengHARAPkan KEMATIAN dan JANGAN pula meMOHONnya sebelum kematian itu DATANG menjemputnya.”{SHOHIH MUSLIM:4843}

Rosululloh: “ALLOH itu memiliki 99 nama yang BAGUS. Barangsiapa yang mampu mengHAFALnya, maka dia akan MASUK surga.”{SHOHIH MUSLIM: 4835}
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

“Barangsiapa yg bersumpah dgn SUMPAH yg MEMAKSA, utk mengAMBIL HARTA seorg muslim sedang ia melakukan kePALSUan dlm sumpahnya maka ia akn bertemu ALLOH dlm keadaan MURKA kpdnya(MUSLIM:197)

MULAilah utk dirimu,berSEDEKAHlh utk dirimu.Jika masih tersisa,mk berINFAKlah pd keluargamu&jika msh tersisa,mk berinfaklh pd kerabatmu(SHOHIH Muslim:1663)

Urwah Al-Bariqi,ia brkata:Rosululloh brsabda:Kuda telah terikat pada ubun2nya itu kebajikan HINGGA hari kiamat,yaitu PAHALA&HARTA rampasan perang(MUSLIM:3480)

Abdullah bin Amru,ia berkata:Aku mendengar Rosululloh bersabda: Barangsiapa yang TERBUNUH demi mempertahankan hartanya,maka ia MATI SYAHID(MUSLIM:202)

Rosululloh:Tidaklah seseorang itu diBERI suatu pemberian yang lebih BAIK dan lebih LUAS dari keSABARan(HR.Bukhori:1369 dan Muslim:1053)

“NILAIlah seseorang itu dengan TEMANnya sebab sesungguhnya seseorang TIDAK akan berTEMAN KECUALI dengan orang yang mengagumkannya{Al Ibanah 2/477 nomor 501}

Rosululloh:”JANGANlah seorang diantara kamu mengHARAPkan KEMATIAN dan JANGAN pula meMOHONnya SEBELUM kematian itu DATANG menjemputnya{MUSLIM:4843}

Jka SEDEKAH it brup sbuah KURMA,mk diTNGAN ALLOH,sdkah it akn brtmbh smpai mjd lbh BESAR dr gunung,sbgmn se2orng klian mmbsrkn ankkudany/ank untany{MUSLIM:1684}

Rosululloh: “Tangan yang di atas lebih BAIK dari tangan yang di bawah. MULAilah dari orang yang engkau tanggung (nafkahi)”. {SHOHIH Muslim: 1716}

Abdullah bin Amru, ia berkata: Aku mendengar Rosululloh bersabda: Barangsiapa yang terbunuh demi mempertahankan hartanya maka ia mati SYAHID {HR. Muslim:202}

Abu Hurairah, ia berkata: Rosululloh bersabda: ”KAYA itu BUKANlah lantaran BANYAK harta. Tetapi kaya itu adalah kaya HATI”. {SHOHIH Muslim: 1741}

Ibnu Al-Qayyim: Amal yang dilakukan TANPA IKHLAS dan PASRAH bagai MUSAFIR yang memBAWA pasir sehingga memBERATkan dan TIDAK berMANFAAT apa-apa.(Al-Fawaid,55)

Sufyan Ats-Tsauri:Jika anda melihat orang yg AMBISI untuk SELALU DIIKUTI maka GESERlah dia ke BELAKANG {Imam Abu Nu’aim Al-Ashfahani,Hilyatul Auliya’:6/390}

Sufyan Ats-Tsauri: “Keselamatan itu ADA ketika anda TIDAK suka DIKENAL”. {Hilyatul Auliya’:7/13}

Bisyr bin Harits: Aku TIDAK mengetahui orang yang ingin TERKENAL melainkan agamanya HILANG dan aibnya TERBONGKAR {Hilyatul Auliya’:8/343}

Bisyr bin Harits: TIDAK AKAN menemukan MANISnya AKHIRAT bagi orang yang INGIN dikenal orang banyak. {Hilyatul Auliya’:8/343}

Ibrahim bin Adham: “Alloh TIDAK PERCAYA kepada orang yang CINTA POPULARITAS.”{Hilyatul Auliya’:8/19}

Sufyan AtsTsauri:Aku melihat org plg SULIT bisa bsikap ZUHUD thd KEKUASAAN.bila ada pmbagian kekuasaan mk ia bREBUT&bSAING utk mnDAPTknny(Hilyatul Auliya’:7/39)

"Barangsiapa yg memBUNUH orang KAFIR yg berada dalam perjanjian(DAMAI) maka ia TIDAK AKAN mencium BAUnya SURGA"(Muttafaq'alaih dari Abdullah bin Amr)

Ibrahim At-Taimi:Barangsiapa yg telah dberi ilmu NAMUN TDK menJADIknnya MENANGIS kpd AL-KHALIQ,mk hakikatnya ia TDK dBERi ILMU(AzZuhd karya Ibnul Mubarak hlm.41)

Aisyah:SeSUNGGUHnya Nabi jika memBICARAkn suatu pembicaraan (TENANG&tdk TERGESA2)skiranya ada orang yg menghitungnya,NISCAYA ia DPT mngHITUNGny(Muttafaq’alaih)

Dan TAKUTlah kepada FITNAH yang TIDAK HANYA menimpa org yg ZHOLIM diantara kalian semata & ketahuilah bahwa ALLAH memiliki ADZAB yg SANGAT PEDIH(QS.Al-Anfal:25)

Jika seorang diantara kamu MAKAN,SEBUTlah nama ALLAH LUPA mnyebut nama ALLAH pd AWALnya mk HENDAKnya mngatakn:Bismillahi awwalihi wa akhirihi(HR.Abu Dawud)

Abu Qatadah: AlQuran memBERI PETUNJUK tentang PENYAKITmu & OBAT PENANGKALnya. Penyakitnya adalah DOSA2mu sedangkan obatnya adalah ISTIGHFAR {Tazkiyatun Nafs,51}

Asma b.AbuBakar: dahulu SAHABAT NABI apbil dBACAkn pd mrk AlQuran mk airmata mrk mLELEH&kulit mrk GMTAR sbgmn ALLOH tlh mnJLSkn SIFAT2 mrk(TafsirAlQurthubiXV/149)

Abu Bakar:MINTAlah kpd ALLOH keselamatan.Karena TDK ADA pemberian yg LEBIH BERHARGA setelah nikmat IMAN mlebihi nikmatnya KESELAMATAN(AzZuhd Imam Ahmad,135)

IbnHUBAIRAH: diantara TIPUDAYA setan adl mnJAUHkn hmba2ALLOH dri TADABBUR ALQuran.Sbb ia TAHU bhw HIDAYAH ADA ktk TDABBUR(Dzail Thabqat AlHanabilah.IbnRajabIII/273

IbnQayyim:Brgsp yg mngatakn,sSUNGGUHy AlQuran mmliki TAKWIL yg TDK kitaPAHAMi&hnya mBACA LAFAZ2nySAJA mk snguh dlmHATIny ADA pyimpangn(AtTibyan f.AqsmilQuran144

Abu’Ubaid: JANGANlah seorang hamba berTANYA kpd DIRInya KECUALI ttg AlZuran maka apbila ia mnCINTAInya brarti ia mnCINTAi ALLOH(Mushannaf Ibnu Abi Syaibah X/485

IbnTaimiyah: Barangsiapa yang TADABBUR AlQuran untuk menDAPATkn PETUNJUK darinya maka JALAN KEBENARAN akan menjadi JELAS baginya(Al-‘Aqidah Al-Waasithiyyah:103)

AlQurthubi:Apbil seorg hmba mDENGARkn AYAT2 kitabullah&sunnah Nabi dgNIATbnar mk ALLOH aknMMAHAMKnny sbgm LAZIMny&mJADIkn dlmHATInyCAHAYA(TfsirQurthubi XI/176

Ibnu Mas’ud:Apabila Anda mengINGINkan ILMU mka BUKAlah AlQuran ini krn diDLAMnya trkandung ilmu UMAT terDAHULU & yg AKN DATANG(Mushannaf Ibnu Abi Syaibah VI/126

Hasan bin Ali:Orang2 sbelum kalian mMANDANG bhw AlQuran adlh SURAT2 dri Rabb mrk shg mrk mnTADABBURIny diwaktu MALAM &mnCARIny diwaktu SIANG(AtTibyan AnNawawi:28

Masruq b.AlAjda:Tdklh kami brTANYA kpd sahabatNabi ttg ssuatu mlainkn ilmuny tlh tdp dlmAlQuran NMUN ilmu kita ttgAlQuran trlaluMINIM(Syu’abul ImanBAIHAQIV/231
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Sungguh, mereka yang beriman & mengerjakan kebajikan,KAMI benar-benar TIDAK akan menyia-nyiakan pahala org yg mengerjakan perbuatan yg baik itu(QS.AlKahfi:30)

Rosululloh Sholallohu’alaihi wasallam: Sesungguhnya pd diri kalian terdapat 2 hal yg dicintai oleh ALLOH yaitu SABAR &TENANG(tdk tergesa-gesa)(HR.MUSLIM)

“Jika hidupnya badan akan membuatnya lancar dalam beraktifitas, maka hidupnya hati akan membuatnya BAHAGIA dunia dan akhirat.” {Tazkiyatun Nafs: 39}

Umar bin Khaththab: “Sesungguhnya keBENARan itu BERAT namun dampaknya BAIK sedangkan keBATILan itu RINGAN namun dampaknya BURUK.”(Al Bayan wat Tabyin,3/138)

Sungguh akan KAMI berikan COBAAN kpdmu dgn SEDIKIT ketakutan,kelaparan& kkurangan HARTA,jiwa&buah2an&brikanlh berita GEMBIRA kpd org2 yg SABAR(QS.Al Baqoroh:155)

Umar bin Khaththab:Barangsiapa yg brTAKWA kpd ALLOH maka DIA akan melindunginya & brgsiapa yg brTAWAKAL kpd ALLOH mka DIA akan mncukupinya(Al Aqdul Farid 3/114)

Abu Bakar: Mintalah kpd ALLOH keselamatan. Karena TDK ada pemberian yg lebih brhrga setelah nikmat iman melebihi nikmatnya keselamatan(Az-Zuhd Imam Ahmad:135)

Umar: "Barangsiapa yg berSYUKUR tidak mungkin TIDAK ditambah oleh ALLOH,krn DIA berfirman: Jika kamu bersyukur PASTI AKU TAMBAH."(Al Bayan wat Tabyin 3/288)

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri berIMAN & berTAKWA, maka PASTIlah KAMI akan melimpahkan kepada mereka BERKAH dari langit & bumi." (QS. Al A'raf: 96)

Rosululloh: “Orang yang meRASAkan MANISnya IMAN adalah orang yang RIDHO ALLOH sebagai SESEMBAHAN. Islam sebagai AGAMA dan MUHAMMAD sebagai ROSUL.”(HR.Muslim,34)

Rosululloh: Barangsiapa yang ingin menDAPATkan keLEZATan IMAN,hendaklah menCINTAi seseorang dgn TIDAK menCINTAinya KECUALI karena ALLOH (Shohihul Al-Jami’,6163)

Doa: “Ya ALLOH, tolonglah aku agar DAPAT berDZIKIR kepada-MU, berSYUKUR kepada-MU, dan berIBADAH kepada-MU dengan BAIK.”
{HR. Abu Dawud : 1522}

“Barangsiapa meninggalkan sesuatu karena ALLOH niscaya ALLOH akan mengGANTInya dengan sesuatu yang lebih BAIK darinya.”(Al Maqosid Al Hasanah, 364)

Orang MUKMIN yang paling SEMPURNA imannya adlah orang mukmin yg paling BAIK akhlaknya &se-baik2 kalian adlah org yg paling baik kepada ISTRInya(HR.At-Tirmidzi)

TIDAKlah anak Adam melakukan AMALAN pd IDHUL ADHA yg LEBIH diCINTAi ALLOH daripada mengALIRkan darah (QURBAN),maka hendaknya kalian merasa BAHAGIA(HR.Hakim)

Dan bagi tiap2 umat telah KAMI syariatkn penyembelihan(QURBAN),supaya mereka menyebut nama ALLOH terhadap ternak yg telah diREZEKIkan ALLOH pd mreka(Al Hajj:34)

TERANGkanlah padaku jika ALLOH menCABUT pendengaran &penglihatan serta meNUTUP hatimu,SIAPAkah TUHAN selain ALLOH yg KUASA mengembalikannya padamu?(Al An’aam:46)

ALLOH Subhana wa Ta’ala berfirman: Barangsiapa menghendaki kehidupan DUNIAWI sekarang maka KAMI akan segerakan baginya di dunia ini apa yg KAMI kehendaki bagi orang yg KAMI kehendaki. Kemudian KAMI sediakan baginya di AKHIRAT neraka jahannam,dia akan masuk ke dalamnya dalam keadaan terhina dan terusir.(QS.Al-Isra’:18)

Ingat kematian ketika anda sdg melakukan SHOLAT krn jika sorg mengINGAT kematian ketika melakukan SHOLAT,niscaya dia akan melakukan SHOLAT dgn baik,lakukanlah SHOLAT seperti org yg tdk menyangka bahwa dia akan melakukan SHOLAT yg lain(krn MATI),dan JAUHILAH segala alasan yg menghalanginya.(Diriwayatkan oleh Ad Dailami dlm Kitab Musnad Al Firdaus)

Jauhilah olehmu HASAD (iri/dengki) karena sesungguhnya HASAD itu memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar atau rumput kering.”(HR.Abu Dawud)

Hakikat syukur terhadap nikmat ALLOH adlah ,menampakkan pujian dengan lisan, kecintaan dengan hati dan ketaatan dengan anggota tubuh(Madarijus Saalikin 2/254)

Dari Abu Hurairah;Rosululloh:setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selagi matahari masih terbit, mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atasnya adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju masjid adalah sedekah dan menyingkirkan aral dari jalan raya juga merupakan sedekah{HR.Bukhori dan Muslim}

ALLOH tidak ,menyukai ucapan buruk, (yg diucapkan) dgn terang kecuali oleh orang yg dianiaya. ALLOH adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui(AnNisaa’:148)

Barangsiapa berangkat ke masjid untuk sholat jamaah maka 1langkah menghapus kesalahan & langkah yg lain menulis 1 kebaikan, pulang & pergi (Shohih at Targhib 299)

Abu Darda' berkata: aku berlindung kepada ALLOH dari terpecahnya hati. Beliau dtanya apa yg dimaksud pecahnya hati?yaitu djadikan setiap lembah harta bagiku.

Nabi ditanya tentang puasa 'arafah (9 Dzulhijjah), Beliau bersabda: "Menghapus (dosa2) setahun yg telah lalu & setahun yg akan datang...(HR. Muslim)

Tiada hari2 yg paling agung disisi ALLOH & dcintainya utk beramal didlmnya drpd 10 hr ini(Dzulhijjah),mk prbanyaklah tahlil,takbir,&tahmid saat ini(HR.Thabrani)

Rosululloh: Jangan jadikan rumah2 kalian bagaikan pekuburan. Sesungguhnya syaithan lari dari rumah yg dibacakan padanya surat Al Baqoroh(HR.Muslim 780)

WAHAI sekalian manusia!apabila seorg manusia atau mukmin trtimpa musibah,hendaklh ia brusaha meRINGANkan MUSIBAHnya itu&musibah yg mnimpa slainku(dg mengINGAT musibah keMATIanku)sbb seorg dari UMATKU TIDAK AKAN dtimpa suatu musibah speninggalku yg LEBIH BERAT bgnya DARI musibahku ini(SHOHIH IbnMAJAH1300)

Muslim Ibnul Walid Al Anshori: Aku peroleh utk HATIku SATUpandangan ygMnyenangkn MATAku.Namun trnyata pandangan itu mjd keSENGSARAanBAGIku. TIDAKlh brlalu pdku ssuatu yg LEBIHbrBAHAYA drpd hawaNAFSU.MahaSuci lgMahaTinggiDZAT yg tlh mnCIPTAkn hawaNAFSU(Adhwa’ul Bayan,Al Imam asySyinqithi)

TIDAK ADA yg terSISA SEDIKITpun dari hal yg dpt menDEKATkan diri kalian keSURGA&menJAUHkan dariNERAKA,mlainkan tlah diTERANGkn kpd kalian (HR.athTHABRANI 2:1647)

Demi ALLOH ssungguhny KAMI tdkAKAN mgANGKAT seorgpn utk mnJABAT kdudukn ini dariSEORG ygmeMINTA JABATAN trsebut/dari seorg ygbrHASRAT kpdJABATAN tsb(Bukhori:6730)

Sesungguhnya org yg PALING KHIANAT diantara kalian BAGIku adlah yg meMINTA JABATAN ini kpdku,mka HENDAKnya kamu skalian brTAQWA kpd ALLOH (SHOHIH al Jami’:103)

Rosululloh: Kekuasaan & jabatan ini AWALnya adalah CELAAN, sedangkn AKHIR kesudahannya penyesalan & ADZAB pd hari KIAMAT (Silsilah al Ahadits ash Sholihah:1982)

Barangsiapa yang diangkat sebagai HAKIM yg memutuskan ditengah-tengah manusia, maka seakan-akan dia disembelih tanpa pisau (SHOHIH al Jami’ ash Shaghir:6190)

Rosululloh: Hendaklah kalian saling memberi hadiah niscaya kalian akan saling mencintai {Irwa’ al Ghalil: 1601}

Puasa adalah untukKU dan SAYA sendiri yg akan membalasnya, dia RELA meninggalkan syahwat, makanan, dan minumannya demi AKU
{Muttafaqun ‘alaih}

Rosululloh: Puasa pada hari ARAFAH, saya harap ALLOH akan mengHAPUS (dosa) setahun SEBELUM dan SETELAHnya. {HR. Muslim}

Tidaklah seorang hamba berPUASA sehari di JALAN ALLOH melainkan dg (puasa) sehari tersebut ALLOH akan menJAUHkan WAJAHnya dari NERAKA sejauh 70 tahun (Muttafaqun’alaih)

Sesungguhnya ALLOH itu pencemburu & cemburunya ALLOH adalah apabila sseorang menDATANGi apa2 yg ALLOH haramkan (Muttafaqun’alaih)

Dan TIDAKlah AKU mngutusmu(wahai MUHAMMAD) mlainkan utk sluruh umat manusia,sbg pembawa kabarGEMBIRA &peringatan,akn TETAPI kbanyakn manusia tdk mngetahuinya(QS.al Anbiya:107)

TIDAK akan SEMPURNA iman seseorang dari kalian hingga aku LEBIH ia CINTAI daripada ORANGTUA & ANAKnya serta SELURUH manusia(HR. Bukhori: 15)

Rosululloh: “TIADA hari yg LEBIH diCINTAi ALLOH utk berbuat suatu amalan yg BAIK dari hari2 ini yaitu 10 hr (pertama) bulan DZULHIJJAH.”
(HR.Bukhori 969)

Neraka diliputi oleh berbagai macam SYAHWAT dan SURGA diliputi oleh berbagai macam perkara yang TIDAK diSUKAi
(HR.Bukhori 6006 dari sahabat Abu Hurairah)

“Barangsiapa membaca surah AL-KAHFI pd hari JUM’AT, maka dia diterangi CAHAYA diantara dua JUM’AT”
(HR. Hakim & Baihaqi dari Abu Said. Shohih alJami’ ashShaghir)

Rosululloh: Dgn berpuasa Arafah,aku mengharap kpd ALLOH akan menghapuskan dosa-dosa pd tahun LALU & dosa2 pd tahun menDATANG.
(HR. Muslim,1162)

Umar bin Khaththab: Sesungguhnya saya BENCI kpd orang yg berjalan SIA-SIA yaitu TIDAK karena urusan DUNIA & TIDAK pula krn AKHIRAT
(Adabus Syariah3/588)

Hadits riwayat Ali bhw Rosululloh pernah mnyuruhku utk mengurusi hewan qurbannya,mnyedekahkan dagingnya, kulitnya, serta bagian-bagiannya yang terbaik dan MELARANGku memBERIkannya kepada TUKANG JAGAL.
Beliau bersabda: Kita akan memberinya dari yang kita miliki(SHOHIH Muslim:2320)

“Neraka diliputi oleh berbagai macam SYAHWAT dan SURGA diliputi oleh berbagai macam perkara yang TIDAK diSUKAi.”
{HR. Al Bukhori no.6006 dari sahabat Abu Hurairah)

Rosululloh: “tiada hari yg LEBIH diCINTAi ALLOH utk berbuat suatu AMALAN yg BAIK dari 10 hr(PERTAMA) bulan DZULHIJJAH(HR.Bukhori:969)
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

wah wah... mantap banget den masykur....
iya tuh, selain bisa lewat sms, bisa untuk update status.. hihi
bisa berguna buat orang lain ma diri kita sendiri juga..
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

wah wah... mantap banget den masykur....
iya tuh, selain bisa lewat sms, bisa untuk update status.. hihi
bisa berguna buat orang lain ma diri kita sendiri juga..

makasih mbak bla udah masuk sini :D
nih 1 bintang buatmu.....
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

wah makasih bintangnya ya.... ga salah masuk aku, threadnya bener bener mantap.... kemarin2 jg udah aku kasih bintang pas pertama liat threadnya.. hehe
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

Wah.... Banyaknya.........

Tambah banyak ilmu nih dari mas masykur....

Makasih ya....

Aq copy boleh ga'? Tolong dijawab ya....

Nih, 1 bintang jg dr aq....
 
Bls: Kumpulan SMS nasehat dan taushiyah

silahkan.....DD202KZ monggo di copy sepuasnya :D
aku juga copy-paste dr situs orang
makasih bintangnya....1 bintang jg untukmu
 
Back
Top