Konsekuensi Jarak Kelahiran Anak

resi_dj

New member
- Jarak Usia Antara Kakak dan Adik -

Apa kelebihan dan kekurangan memiliki dua anak dalam jangka waktu tertentu? Meskipun setiap anak dan keluarga berbeda-beda, secara umum, paparan berikut dapat menggambarkan situasi yang akan dialami serta konsekuensinya.:D


1 – 2 tahun

Konsekuensi Bagi Orang Tua : Anda hanya akan punya sedikit waktu untuk dihabiskan bersama pasangan. Banyak hal yang harus dipikirkan setiap hari. Kelebihannya, karena usia kakak adik dekat, biasanya hubungan mereka cukup akrab dan Anda tak harus terus-menerus menemani.

Konsekuensi Bagi Kakak-Adik : Kedekatan hubungan kakak-adik biasanya sangat erat. Satu sama lain memiliki minat yang kurang lebih sama. Di sisi lain, tingkat persaingan cukup tinggi, terutama pada kakak-adik dengan jenis kelamin yang sama.



3 – 4 tahun

Konsekuensi Bagi Orang Tua :Ritme hidup berjalan lebih santai dibandingkan mereka yang jarak usia anaknya 1 – 2 tahun. Lebih banyak waktu untuk memperhatikan anak satu persatu.

Konsekuensi Bagi Kakak-Adik : Bagi si sulung, kehadiran adik akan dihadapi dengan lebih baik. Si sulung selama 3 – 4 tahun telah cukup membangun fondasi bonding dengan orang tua. Ia tidak merasa terancam dengan hadirnya adik. Kakak biasanya menempatkan diri sebagai pembimbing adik



5 tahun atau lebih

Konsekuensi Bagi Orang Tua : Fase menjadi orang tua akan lebih panjang. Ayah dan ibu dapat menikmati setiap kehadiran anak dengan lebih tenang dan fokus selama masa balita.


Konsekuensi Bagi Kakak-Adik : Hubungan antar saudara belum tentu erat. Seolah orang tua membesarkan dua anak tunggal di waktu berbeda. Sehingga perilaku dan kecenderungan si adik tidak dapat diprediksi berdasarkan sikap dan perilaku si kakak.


:)[<:)
 
Bls: Konsekuensi Jarak Kelahiran Anak

kalau di keluargaku.. jangan kelamaan ngasih adik.. :) biar repotnya sekalian :D

sepupu aku.. jarak usia mereka.. setahun setengahan lah.. :) repotnya beres saat itu juga :)
 
Bls: Konsekuensi Jarak Kelahiran Anak

hmm kalau aku...jarak sama kakak aku sekitar 4 tahun...hmm tapi kok rasanya ada unsur persaingan ya...piye ini ya...
 
Bls: Konsekuensi Jarak Kelahiran Anak

atau mungkin jarak 4 tahun ini sebetulnya cukup lama ya??

mungkin ga sih kalau dengan jarak selama itu lalu sang kakak malah merasa kehadiran sang adik itu mengganggu?
 
Back
Top