Ketika Shalat anak menangis

Administrator

Administrator
Pengalaman ini sering menimpa kaum ibu, ketika sedang khusyu shalat, tiba-tiba anaknya yang masih kecil teriak menangis. Dikhawatirkan anak tersebut (na'udzubillaah) memegang strum, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Melanjutkan shalat dengan cepat sampai salam, apa menutup salam tanpa menggenapi rakaat lantas segera menolong anak yang menangis?
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

Salah satu solusi dari masalah yg disebutkan diatas adalah dengan menggendong anak ketika dalam keadaan sholat. Ini pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Qatadah : Bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam pernah menggendong Umamah bintu Zainab (cucunya) ketika sholat. Bila beliau sujud, beliau meletakkannya.
Rasulullah juga pernah menggendong Hasan dan Husain, cucunya yg lain dalam keadaan sholat.
Bahkan suatu ketika, saat Rasulullah sedang sholat, beliau menggendong cucunya yang bernama Umamah bin Abil ‘Ash, sehingga ketika sedang berdiri, beliau menggendongnya, dan ketika ruku’ dan sujud, beliau menurunkannya, padahal kala itu beliau sholat mengimami para sahabatnya. Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Al Bukhori dan Muslim dan juga lainnya.
Oleh karena itu para ulama’ menegaskan bahwa boleh bagi orang yang sedang sholat untuk mengangkat, atau menggendong anak kecil.

Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat, yaitu ketika kita hendak menggendong anak kecil dalam sholat, maka anak tersebut harus dalam keadaan suci, tidak sedang ngompol, atau bajunya dalam keadaan najis, atau mengenakan popok atau diapers yang tentunya berisikan najis. Sebab orang yang sedang sholat diperintahkan untuk meninggalkan atau melepaskan setiap yang najis dari pakaian, atau sandal atau kaus kaki atau tempat ia sholat.
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

Selamat Pagi Jeng Rikish, pagi2 Abah kasih Kejora atas kontribusi Jeng Rikish dalam Islam. Semoga bukan hanya sekedar bintang juga malaikat mencatat sebagai amal jariyah Jeng Rikish. Aamiin.
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

Aamin......
Thank's a lot atas doanya juga bintang kejoranya.....
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

wah jawaban DD202KZ bisa dimengerti

>.< susah nyebut namanya
ummm.....aku panggilnya mbak aja yach?
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

boleh nggak klo umpamanya si ibu meninggalkan sholat dulu, melihat anaknya, klo udah diam/ ada orang yg menjaga, si ibu mengulangi lagi sholatnya.

maaf, saya orang yang belum bagus syariat islamnya. jadi klo saya disuruh sholat sambil menggendong anak, pasti nggak bisa khusyuk.
 
Bls: Ketika Shalat anak menangis

kalau jadi g khusu, mungkin aja solatnya dibatalin dulu ^^' terus solatnya diulangi lagi aja kalo anaknya udah g nangis

eh boleh g ya seperti itu ??
 
Back
Top