Obyek Wisata Kebun Raya

Administrator

Administrator
Perjalanan bermobil dari Surabaya ke Malang merupakan hal mengasyikkan. Selalu singgah di Kebun Raya Purwodadi, di pinggir jalan raya Surabaya.

Obyek indah utama yang dapat kita temui adalah Taman Mexico. Sesuai namanya, beberapa jenis kaktus dan tanaman perdu ditata manarik dengan aksen bebatuan kapur kecil. Menghadirkan kesan tengah berada di gurun. Meski tak terlalu luas, kita akan tertarik melihatnya.

Kebun Raya Purwodadi diresmikan Dr. L,G.M Baas Becking atas prakarsa Dr DR Van Slooten pada tahun 1941. Berdasar katalog Kebun Raya Purwodadi 2006, disebutkan bahwa koleksi flora saat ini mencapai 174 famili, 904 marga dan 1.596 jenis.

Berbekal peta kecil dari petugas, kita dapat menuju sisi selatan kebun raya, yang dikembangkan alami seperti hutan. Kanopi terbentuk dari dedaunan pohon-pohon yang batangnya merapat di atas kepala, seakan memayungi sepanjang ruas jalanan. Kicauan burung perkutut, gereja dan gelatik batu, berbaur dengan desingan suara garengpung (Magicoda cossini) —sejenis kumbang pohon— membuat nuansa makin alami.

Ada yang tertarik mengunjungi obyek wisata ini?
 
Back
Top