Rahasia manusia Jadi Tua

Megha

New member
Rahasia manusia Jadi Tua​


ppe-carlos2a.jpg



Seorang anak kecil yang duduk disamping saya di taman kota bertanya dengan memasang wajah keheranan

"Kak, kenapa sih kalau kita udah tua kita meninggal? dan kenapa orang tua kulitnya keriput?"​

Stuck, sambil pasang muka cengo aku melongo... God, pertanyaannya simpel tapi kenapa gw bloOn banget yak?

Hingga akhirnya aku dapat informasi bagus dari sebuah majalah bulanan Anak langganan saya dari jaman Ingusan yaitu "Tidur" <- coba deh tebak, anak kecil kalo bilang mau tidur pasti bukan tidur yang disebut tapi istilahnya itu adalah nama dari majalah penuh bobot ini :D

Ok deh kebanyakan omong ya Megha

Berabad-abad lamanya ilmuwan (termasuk kita orng-orang yang lagi pasang muka bego dilayar komputer membaca tulisan saya) pasti penasaran abis tentang penyebab musabab kenapa manusia bisa tua lalu MATI. <- sadiskan bahasanya :D

Penelitian sudah dilakukan oleh para ilmuwan Biologi Sel. Biologi Sel adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, khususnya tentang sel, kromosom dan gen. Hmmm,, Aden dan Ajeng tau kan kalo tubuh manusia itusendiri terdiri dari jutaan sel? Sel itu sendiri adalah bagian terkecil dari tubuh. Sel hanya bisa dilihat dai mikroskop atau alat bantu untuk melihat media atau makhluk hidup berukuran super duper kecil.

Ternyata, sel yang ukurannya udah kecil masih memiliki bagian lain yang ternyata jauh lebih kecil, bagian terkecil dari sel tersebut dinamakan Kromosom. Nah kromosom yang ternyata lebih kecil, masih memiliki bagian yang lebih kecil lagi yaitu Gen. nah para Ilmuwan menduga kalo Kromosom dan gen bertanggung jawabpada panjang pendeknya hidup seorang manusia. Terutama, deretan gen di ujung kromosom.

Deretan gen diujung kromosom tersebut disebut Telomerase. Saat manusia masih muda, ukuran telomerasenya panjang. Saat manusia berusia 20 tahun, ternyata telomerasenya mulai menjadi pendek.

Telomerase ini bertugas menyuruh sel membuat sel baru. Sel baru ini dipakai untuk mengganti sel-sel yang rusak. Nah, jika telomerase memendek, maka perintah membuat sel baru berkurang, dan jumlah darah yang dikirim ke otak juga ikut berkurang.

Setiap hari telomerase terus memendek. Akibatnya, manusia jadi keriput, dan pikun di usia tua. Nah, jika telomerase habis, sel baru tidak dapat dibuat lagi. maka manusia akan Mati.


Nah itu aja yang bisa megha tuliskan dari hasil rangkuman dan penyelidikan dari temen-temen ilmuwan dari berbagai jejaring sosial di seluruh penjuru negeri. Untuk Aden dan Ajeng yang punya informasi terkait atau sekedar cuap-cuap BERMUTU sok atuh dikomen tulisannya
 
Bls: Rahasia manusia Jadi Tua

hihihih..aku bayangin wajah neng egha waktu ditanyain tuh anak..hyahaha..pasti lucu

klo aku ditanya, mentok jawaban yang nyantol juga paling bilang klo "segala sistem dalam tubuh sudah mulai melambat dan berangsur berhenti".

waah lumayan nih mengingatkan pelajaran jaman dulu, makasih sharingnya neng egha
 
Back
Top