Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik

Megha

New member
Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik


12122009_tips%20membeli%20kosmetik.jpg



Jeng, kita pasti sempet dong mengalami masa apes ketika menggunakan kosmetik, keadaan apes itu macem-macem mulai dari rasa kering, perih, gatal, jerawat bahkan merasa panas pada bagian-bagian tertentu.

Seorang temen cewek pernah cerita gimana menderitanya punya muka yang rusak karena ketidak tahua masa kadaluarsa sebuah make up, dan makeup yang biasanya paling sulit ditebak kadar "basi" nya ini adalah bedak. Nah kali ini mod ganjen mau ngajak temen-temen forum untuk lebih berhati-hati dan cermat dalam penggunaan kosmetika.

Terkadang masyarakat merasa kesulitan melihat masa kadaluarsa kosmetik karena produsen tidak mencantumkan kapan masa kadaluarsanya. masyarakat sebenarnya bisa melihat masa kadaluarsa kosmetika dengan mencermati bahan pembuatannya. Kali ini megha mengajak Dr. Liii Legiawati, SpKK dan divisi Dermatologi Kosmetik Departemen ilmu Kehatan Kulit & Kelamin RSCM, untuk sedikit berbincang. Seperti halnya makanan, kosmetik juga mempunyai masa kaduluarsa. Artinya kosmetik tidak bisa selamanya dipakai dengan aman. Dr lili ngasih contoh simpel begini Non "Misalnya kosmetik yang bahan dasarnya terbuat dari tumbuhan umumnya mempunyai kadaluarsa lebih singkat. karena jika memakai bahan alami sebagai bahan dasarnya maka biasanya tidak memakai bahan pengawet. Umumya bahan pengawet ditambahkan sebagai pencegahan kontaminasi bakteri melalui udara. secara umum ada beberapa kosmetik yang bisa bertahan dalam beberapa tahun nitara lain lipstik atau lip gloss, alas bedak, dan bedak. Selain itu juga terdapat kosmetik yang mempunyai masa kadaluarsa yang bertahan sampai hitungan bulan aja, kosmetik tersebut meliputi maskara, eye shadow, dan blush on. Biasanya bila sudah terjadi reaksi akibat pemakaian kosmetik yang sudah kadaluarsa, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Pakar kecantikan dari salah satu Beauty center terpercaya pernah bilang gini sama megha (coba kita contohkan pake logat agak chinese cos ini masih keturunan asli :D) "kalo lu pake kosmetik yang kadaluarsa siap-siap aja lu nangis berbulan-bulan kaya keponakan wa" katanya dengan nada yakin dan meyakinkan. Sip sekarang megha ngasih pernyataan langsung dari seorang terapist kecantikan "jadi kalo jeng pake kosmetik kadaluarsa yang berbentuk maskara yang udah terkontaminasi bakteri bakalan berefek di konjungtiva, mata jadi merah, berair dan bengkak" konjungtiva tuh kayaknya sih bagian akar pada bulu mata kali ya jeng "nah kalo kita tetap memaksa pakai blush on, alas bedak atau bedak yang sudah lama bisa jadi kulit muka bakal iritasi, gatal, merah dan bengkak" tapi gak nutup kemungkinan juga sih kalo itu bisa terjadi pada kosmetik yang belom basi itupun jika kulit si pengguna emang ternyata sensitive.

Dari berbagai jenis kosmetik yang disebutkan di atas, hal-hal yang menyebabkan kosmetik menjadi kadaiuarsa berbeda-beda atau gdak sama. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain:

1. Bahan pembuat kosmetik.
Bahan kosmetik yang berbentuk krim seperti blush on akan lebih cepat kadaluarsa dibandingkan dengan kosmetik yang berbahan bubuk, mengandung air yang lebih cepat terkontaminasi bakteri. Oleh sebab itu kosmetik yang berbentuk krim berbahan dasar air lebih cepat masa kadaluarsanya dibandingkan dengan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

2.Cara pemakaiannya.
Kosmetik yang dipakai dengan menggunakan jari, berisiko terkontaminasi bakteri lebih besar dibandingkan dengan menggunakan kuas, sehingga masa kadaluarsanya akan lebih pendek.

3. Cara penyimpanannya.
Kosmetik idealnya disimpan setelah dipakai dengan ditutup rapat. Begitu kita buka kemasannya mulailah terjadi proses kontaminasi terhadap kuman. Oleh sebab itu kosmetik harus tetap tertutup rapat. Dengan tertutup rapat maka akan mengurangi jumlah kuman yang masuk ke dalam kosmetik.

4.Kosmetik jangan disimpan di dalam suhu yang ekstrim
misalkan suhu yang panas sekali atau sangat dingin. Jangan langsung terpacar sinar matahari, karena akan menyebabkan masa kadaluarsa kosmetik lebih pendek.


adved_1146459959.jpg


Sebelum kosmetik kesayangan memasuki masa kadaluarsa ada baiknya kenali tanda- tandanya, yaitu :

1 .Warnanya.
Bila melihat ada perubahan warna yang tadinya warna putih berubah menjadi warna kuning atau tadinya warnanya coklat muda menjadi cokiat tua atau benubah warna menjadi hitam,maka segera buang kosmetik Anda.

2. Berubah konsistensinya
yang tadinya cair berubah menjadi bentuk gumpalan atau berbentuk butiran.

3. Berbau
bila kosmetik sudah berbau apalagi berbau tengik maka berhati-hatilah bahwa kosmetiknya sudah terkontaminasi bakteri.


is098qb5f.jpg

Seputar Kosmetik

1. Kebersihan.
Sebelum mengoleskan kosmetik
wajah, ada baiknya Anda cuci tangan dan wajah Anda dengan sabun. Hal
akan mengunangi nisiko terkontaminasi dengan bakteri.

2. Jangan langsung memegang kosmetik dengan jan. Lebih baik tuangkan kosmetik sedikit demi sedikit ke tangan atau ke dalam wadah kosmetik untuk mengurangi kontaminasi

3. Jangan berbagi kosmetik dengan orang lain.

4. Selalu menutup kosmetik dengan rapat setelah pakai

5. Jangan sayang-sayang, segera buang kosmetik yang sudah berubah warnanya

6. Saat membeli kosmetik, pastikan bahwa kosmetik yang dibeli masih baru



Giaman sama jeng semua, ada pengalaman buruk gak sama kosmetika?
 
Bls: Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik

wah wah wah..
keren non egha... tang tang bintang untuk non...
iya memilih kosmetik tentunya harus berhati hati, dan juga tetep terus memperhatikan kadaluarsanya... salah salah, kalau ga berhati hati, bukan cantik yang kita dapat, malah ancur...
 
Bls: Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik

assiikkk dapet bintang dari jeng bla bla..


aku dulu pernah punya pengalaman buruk sama kosmetika, kita juga harus jeli melihat kode edar dari pemerintah. Sumpah aku nyesel banget terbuai beli produk tapi gak liat-liat dulu kode edar dan bahan pembuatannya.
 
Bls: Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik

sempet jadi merah-merah gitu sampe dibilang kayak bayi kepiting, hehe mukanya jadi merah, ya kalo digambarin sama kayak bule yang kulitnya putih klo kebakar sinar matahari langsung merah-merah gitu. Terus jerawatan sumpah serem banget deh sama Drop percaya diri aku non. hikz.. hikz.. kapok pake makeup..
 
Bls: Mengenal ciri kadaluarsa Kosmetik

walah enak aja yg bilang kayak bayi kepiting... masak manis manis gitu kok kayak bayi kepiting.... itu kan kayak bayi gurita...

iya kalau ga cocok cenderung membuat merah, gatal, n jerawatan
 
Setau gw sih di paketnya mustinya tuh ada tanggal manufacture-nya, trus gw biasanya itung kalo dah lewat dari 2 taon setelah itu biasanya gw ga beli, dan laporin ke manufacturernya biar bisa ditarik. Tapi gw biasanya pake organic ato natural product sih, dan kebanyakan product2 itu ada best before date-nya. Trus perhatiin juga di packaging ato botol2nya gitu ada icon yang ada tulisannya 6M, 12M, 24M, 36M, dll, itu tandanya tahan brapa lama setelah dibuka. Kalo gw sih emang mungkin dasar kerajinan yah, tiap kali beli make up baru, gw tulis tanggal brapa itu gw buka, trus perhatiin tanggalannya selalu.

Setau gw tuh bedak2 mineral gitu bisa tahan 3 taon, tapi maskara umurnya paling pendek, kalo mau aman sih 3 bulan, tapi bisa sampe 6 bulan sih. Yah gitu deh, asal diperhatiin aja sih. Dan bisa juga coba liat dari texture, separation dan bau-nya kok buat tau itu udah kadarluarsa ato belon.

Semoga membantu :)
 
jadi lebih baik pakai kuas ya? padahal waktu ngelat orang pakai foundation pake kuas rasanya agak aneh, kuasnya kan biasa aja kotor, taunya gak juga ya.

nona Lady say:
Setau gw tuh bedak2 mineral gitu bisa tahan 3 taon, tapi maskara umurnya paling pendek, kalo mau aman sih 3 bulan, tapi bisa sampe 6 bulan sih. Yah gitu deh, asal diperhatiin aja sih. Dan bisa juga coba liat dari texture, separation dan bau-nya kok buat tau itu udah kadarluarsa ato belon.
nn lady, maximal pake maskara yang udah dibuka sampai 6 bulan n minimal 3 bulan ya? waktu dulu pernah pake maskara yang udah lebih 3 bulanan, udah agak kering n males buat beli baru, akibatnya dibagian mata agak gatel-gatel.


for u n Op nice info nih, reppu send :)
 
Kalau lipstik gimana,,, ._.
Apa jenis yang cair gitu lebih mudah kadaluarsa? Atau lebih awet daripada yang batangan? ._.
 
jadi lebih baik pakai kuas ya? padahal waktu ngelat orang pakai foundation pake kuas rasanya agak aneh, kuasnya kan biasa aja kotor, taunya gak juga ya.


nn lady, maximal pake maskara yang udah dibuka sampai 6 bulan n minimal 3 bulan ya? waktu dulu pernah pake maskara yang udah lebih 3 bulanan, udah agak kering n males buat beli baru, akibatnya dibagian mata agak gatel-gatel.


for u n Op nice info nih, reppu send :)

Thank you for the reppu misa :)

Kuas dan alat2 perlu dibersihin secara regular juga... gw biasanya bersihin sebulan/2 bulan sekali gitu deh. Tergantung dipakenya sesering apa. Tapi kalo kuas jangan keseringan dicuci, soalnya yang ada kuasnya cepet rusak. Daripada beli solution buat bersihin kuas, benernya pake shampoo juga udah cukup :)

Soal maskara, maksimal sih 6 bulan, tapi ada orang2 yang milih ganti 3 bulan sekali gitu deh. Kalo udah kering2 gitu jangan dipake kali yah... haha... gw agak2 curiga sih kalo liat udah rada2 kering gitu...
 
kenapa bedak yang ditutup rapat (udah pernah dipake) gak pernah dipake lagi pas dibuka bedaknya pecah ya?
pecahnya bukan karena dibuka
 
Back
Top