"Energi Kekal" ?

alan_gundul

New member
Dari hasil berangan angan, melamun, diskusi, dan kegemaran mengotak atik barang barang dan alat alat elektronik, kami mempunyai ide kecil untuk menciptakan alat pembangkit energi alternatif, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita dan orang orang. Harapan lainnya, semoga hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang prospektif.

Beberapa tahun yang lalu ditemukan sebuah rangkaian elektronik yang bernama INVERTER. Inverter adalah alat untuk mengubah arus DC menjadi arus AC. Dengan inverter kita bisa menyetrika baju (setria listrik membutuhkan arus AC) dengan ACCU atau batu batre yaitu dari arus DC. Menanak nasi (dengan rice cooker) dengan Accu atau batu batre, menyetel TV, VCD dll yang membutuhkan arus AC bisa terbantu dengan inventer. Itulah fungsi inverter.

Inverter adalah kebalikan fungsinya dengan ADAPTOR. Adaptor merubah arus AC menjadi DC.

Inverter kemudian dikembangkan menjadi UPS, yaitu alat sebagai cadangan arus AC, apabila arus AC PLN tiba tiba mati. Biasanya digunakan untuk komputer. Apabila arus AC / PLN tiba tiba mati, komputer kita masih ON, karena langsung disuplai arus AC dari UPS. Tetapi ini hanya berlangsung beberapa menit saja, (1 – 15 menit) biasanya hanya untuk menyelamatkan data (langsung saving data) ketika kita sedang menggunakan komputer.

Setelah kisaran waktu tersebut UPS ini akan mati karena sumber tegangan utamanya habis (sumber tegangan utama adalah ACCU). Apabila sumber utama habis, maka UPS perlu di charge lagi menggunakan sumber dari PLN. Kalau PLN masih mati, ya tentu saja kita tidak bisa men-charge UPS kita.

Berdasarkan beberapa ketentuan dan dasar teori diatas, kami mencoba mengenalkan dan membuat alat yang merupakan pengembangan dari inventer dan ups tersebut. Sebuah alat yang mampu menghasilkan tegangan listrik dengan daya yang bisa kita buat sesuai dengan kebutuhan pemakaian, tanpa harus men-charge ulang.

Alat ini kami sebut ”Inventer Pembangkit Listrik”.
Lihat Bagan / Gambar

Besarnya daya listrik ( 400 watt, 1000 watt dll) tergantung inverter yang kita buat.
Trafo penstabil berfugsi untuk menstabilkan arus AC 220.
Filter untuk menentukan frekuensi 50/60 khz.
Modul Balance, membagi out put untuk pemakaian dan output untuk selalu mencharge accu, sehingga accu tidak pernah “tekor”, / kehabisan energi, juga tidak mendapatkan suplay charge terlalu besar.

”Inventer Pembangkit Listrik” tersebut apabila komponen bekerja semua, akan menghasilkan energi listrik yang terus menerus, sampai waktu cukup lama. Kemungkinan komponen rusak/ tidak bekerja adalah accu. Tetapi komponen ini / accu cukup bisa bertahan untuk beberapa tahun, apabila dirawat dengan baik.

Alternatif lain yaitu memasang accu 2 unit dan dibuat bekerja secara bergantian secara otomatis. Unsur lainnya adalah proses pendinginan harus baik, agar komponen bisa bertahan lama.

Dengan bahasa lain yang mudah, kita bisa membuat aliran listrik dari accu, listrik bisa dipakai untuk berbagai keperluan, accu tersebut di charge terus menerus oleh listrik, begitu seterusnyadla waktu yag lama.

Paham?
Ini sangat menghemat energi, tanpa bahan bakar, tanpa matahari, energi dihasilkan dan diciptakan dari energi itu sendiri.

Ada komentar? Tanggapan? Aku tunggu.
 

Attachments

  • inverter.jpg
    inverter.jpg
    267.8 KB · Views: 1,667
Bls: "Energi Kekal" ?

wah aku belum bisa lihat bagannya nih...koneksi netku lemot..

pakai inverter ya bos, ntu inverternya membuat sendiri?? lalu bedanya dengan yang sudah ada di pasaran?
lalu juga perkiraan biayanya jika menggunakan inverter tersebut dibanding menggunakan tenaga surya dan lainnya gimana bos?
 
Bls: "Energi Kekal" ?

Makanya liat bagannya /gambarnya dong….wajib tuh he he he.

Sebenarnya ini perpaduan adaptor, inventer dan ups. Isi dari UPS sebenarnya adalah adaptor untuk mencharge accu, kemudian ACCU (untuk menyimpan arus) , dan inverter untuk merubah arus DC menjadi AC ( untuk ke komputer misalnya).

Kalau Ups, accu sebagai penyimpan energi/ arus, perlu di charge lagi kalo energi/ arusnya habis, kalau mesin aku ini, accu selalu dalam kondisi dicharge terus.

Bedanya dengan yg dijual di pasaran? Malahan mesin aku ini belum ada dipasaran kayanya. Ini bukan UPS, bukan ACCU, bukan adaptor, bukan inventer. Tapi perpaduan dari mesin mesin tersebut, memadukan masing masing manfaatnya.

Aku belum membandingkan dengan energi surya ( yang solar sell nya aja mahal), belum membandingkan dengan pemanfaatan energi air terjun, ( dan harus ada air terjunnya). Tapi biaya mesin aku ini relatif murah, dari 2 hal itu. Dan lagi mesin aku ini sangat mobil, mudah dipindah pindahkan.

Gimana Om? Agak lebih paham kan?
 
Bls: "Energi Kekal" ?

Oke, aku tampilkan dulu bagannya di sini yak den alan...biar enak lihatnya

1_aq.JPG
 
Bls: "Energi Kekal" ?

hihi bukannya paham..tapi makin bingung...wong aku awam :)


hoo bagannya ntu, kayak pernah lihat......ntu bukannya emang dah diaplikasikan di UPS to?
trys masalah
Kalau Ups, accu sebagai penyimpan energi/ arus, perlu di charge lagi kalo energi/ arusnya habis, kalau mesin aku ini, accu selalu dalam kondisi dicharge terus.
dapet dari mana supply accu sebagai inputan inverter kok dalam kondisi charging terus?

mohon penjelasannya yak...
 
Bls: "Energi Kekal" ?

oh. . .ini kayak teori energi roda hamster itu kan? singkatnya, tangkap energi dari luar, terus energi itu terus diputar.

masalahnya udah dipikirkan dengan baik(tentang pendinginan). karena pastinya, kalo energi tersebut terus diputar, bisa overheat.

terus bagaimana dengan kemungkinan overload? besaran energi konstan itu lebih tinggi daripada 1 loh. jadi, singkatnya harus ada sekat yang dirasa mampu menahan energi konstan (kalo komponen listrik biasa kayak dioda gitu). dan gw rasa tidak mungkin yang namanya menahan energi yang konstan (belum ditemukan benda yang sangat stabil disegala cuaca dan radiasi).

pikirkan besaran energi yang dilepas energi konstan itu berapa. bisa2 boom! jadi bom deh.

dan masalah yang paling penting:
cara menggunakannya.

pastinya harus energi yang masuk = energi yang keluar (cara stabilnya, biar trus jalan dan konstan).

termasuk hitungan energi yang terlepas juga berarti. . .
 
Bls: "Energi Kekal" ?

Tks Koment nya.

Kalo masalah overhaet, panas dapat diatasi dengan berbagai pendingin yg kita pasang. Beberapa yg kamu tanyakan telah diantisipasi dengan "modul balance" seperti gambar diatas.

Kalau pertanyaan sampai datail, wah ini adalah "rahasia perusahaan" he he he. Alat ini telah diuji coba sampai hampir 6 bulan, cukup bagus hasilnya. Accu kita pake 2 buah, yang terpakai secara bergantian, ini juga mengantisipasi panas, cepet rusak dll.

Kita lagi mencoba merancang agar alat ini "siap jual".
Ada yang siap bantu modal?
 
Bls: "Energi Kekal" ?

oh, jadi beneran cukup 2 aki? huekekeke. . .tul, jangan percaya internet buat media curhat . . . . huakakakaka, pernah kepek -.-
 
Bls: "Energi Kekal" ?

wow..setelah baca ulang jadi ngerti nih aku..hihi

keren, jual..jual..beli...beli.. ;p

oyak selain cara- cara di atas, untuk masalah overheat yang dipermasalahin, dengan menaruh accu di tempat yang sirkulasi udaranya baik dan lancar bisa juga mengurangi adanya overheat, karena overheat bukan hanya timbul dari peralatan aja tapi dari lingkungan juga mempengaruhi
 
Bls: "Energi Kekal" ?

Ada sebuah cerita...... pada "jaman dahulu", di sebuah kelas anak anak ditanya gurunya : "Siapa yang kepingin jadi Presiden Amerika?" Seorang anak tunjuk jari dan menjawab : "Saya....!". Teman temannya tertawa semuanya. Anak tersebut adalah George Bush, yang kemudian bener bener manjadi Presiden Amerika.

Okelah terimakasih komentar dan masukannya, mudah mudahan beberapa kekhawatiran terhadap mesin / alat ini (misal bisa boom...meledak) bisa kami atasi (dan sebagian sudah bisa diatasi).

Kutipan kalimat pertama saya : Dari hasil berangan angan, melamun, diskusi, dan kegemaran mengotak atik barang barang dan alat alat elektronik, kami mempunyai ide kecil untuk menciptakan alat pembangkit energi alternatif, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita dan orang orang.
 
Bls: "Energi Kekal" ?

waaah siiiip, semangat bos..


hummm angan-angan, lamunanmu, diskusi, dan kegemaranmu mengotak atik barang barang dan alat alat elektronik ini ngingetin aku sama film 3 idiot.

pernah lihat ga??
keren loh, hampir sama, dia juga buat semacam pembangkit listrik ya gabungan dari inverter, aki, dan ups....
keren..

semangat bos, lanjutkan, moga hasil karyamu membawa berkah,, hehe aku klik deh biar semangat ;p
 
Bls: "Energi Kekal" ?

wew. . . . .boleh juga nih idenya.
klo kita pake accu 100A, berapa biaya 1 modulnya ? (accu+inverter+dll komplit). trus modul itu bisa menghasilkan tegangan 220V/380V berapa VA ?
 
Bls: "Energi Kekal" ?

ane kagak yakin alat ini bekerja dengan baik.
karena energi yang keluar dari accu=energi output arus AC 220v + energi yang masuk ke accu + energi yang terbuang (panas, efisiensi komponen dll).
jadi energi yang dikeluarkan oleh accu PASTI lebih kecil dari energi yang masuk ke accu, sehingga alat ini tidak bisa bekerja seperti uraian diatas.

energi memang kekal (tidak bertambah ataupun berkurang).
 
Energi memamng kekal. sayangnya dia juga meluruh.
Kalo proses transformasi listrik DC->AC/AC->DC efisiensi daya ga memungkinkan sampai 99%.
Misal efisiensi bisa 100,01% mungkin2 saja kretivitas diatas bisa dirilis. sayamgnya kabel2 ga bisa resistansinya = 0 ohm. belum panas "semi" conduktor yg ditimbulkan utk membangkitkan freq converter.

- n1 -
Pengembangan energi yg ada saat ini masih di photo-cell.
 
Energi memamng kekal. sayangnya dia juga meluruh.
Kalo proses transformasi listrik DC->AC/AC->DC efisiensi daya ga memungkinkan sampai 99%.
Misal efisiensi bisa 100,01% mungkin2 saja kretivitas diatas bisa dirilis. sayamgnya kabel2 ga bisa resistansinya = 0 ohm. belum panas "semi" conduktor yg ditimbulkan utk membangkitkan freq converter.

- n1 -
Pengembangan energi yg ada saat ini masih di photo-cell.
meluruh maksudnya apa non ningsih?
 
meluruh kira2 teredam. makin lama makin kecil. tapi ga bisa = 0.
semisal suara. makin jauh kita dengar makin kecil.. sampai telinga ke bs denger. tapi suara itu masih ada cuma amplitudonya kecil. bisa didenger pakai alat khusus/optional.

- n1 -
 
Back
Top