Web Server

jakartaweb

New member
Apa itu Web Server?
Web Server adalah sebuah Software yang diinstall pada Linux dan Windows Server atau PC yang tugasnya untuk melayani web request. Web Server biasanya menyimpan data data website yang akan dihosting dan tugasnya adalah menampilkan halaman halaman web apabila ada request dari Pengunjung Website. Contoh Web Server bisa dengan mudah anda lihat ketika anda membuka web http://www.google.com/. Nah, google.com itu sendiri dihost di sebuah web server.

Kebanyakan dari anda mungkin membutuhkan sebuah web site baik itu buat pribadi ataupun bisnis, dan anda bisa dengan mudah membuat web server sendiri dengan menginstall Apache, ataupun IIS di PC Anda. Apache sendiri dapat didownload gratis di http://www.apache.org/ dan IIS sendiri sudah ada didalam PC anda, anda hanya tinggal perlu mengaktifkannya di PC anda di bagian Add and Remove Programs.

Semua komputer dapat dijadikan sebagai Web Server, dan anda dapat dengan mudah menghost website anda sendiri tanpa harus membayar hosting di tempat lain. Namun, biaya yang diperlukan untuk menghosting website anda sendiri di PC anda akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan menghosting website anda di Server yang dikhususkan untuk hosting.
Selain itu anda tidak perlu menghabiskan listrik untuk membuka komputer anda selama 24 jam penuh dan juga tidak perlu mengkhawtirkan tentang keamanan virus, ataupun serangan dari hacker. Kebanyakan server yang dikhususkan untuk hosting, mempunyai tim khusus yang menjaga server dan mereka adalah orang yang sudah sangat berpengalaman dalam hal penjagaan dan maintenance server. Jadi ngapain anda repot repot menginstall web server ke PC anda sementara dengan harga yang jauh lebih murah anda sudah bisa mempunyai web site anda sendiri.

Untuk memudahkan Orang orang untuk dapat membuat website , maka disediakan sebuah web hosting. Web Hosting disediakan agar para pembuat hosting tidak perlu mengakses data nya selama 24 jam.

Contoh Software web server.
Contoh web server yang sangat terkenal dan banyak dipakai orang adalah Apache dan IIS. Apache sering digunakan oleh para web server karena software ini adalah Open source dan gratis.
Apache memang merupakan web server yang sudah meluas dan terkenal dalam dunia internet, namun, IIS juga merupakan sebuah Web server yang terkenal dan sering digunakan. Tapi, kemampuan IIS masih dibawah Apache.

I. Apache
Faktor pendukung Apache
Selain faktor gratis, Apache juga mempunyai beberapa faktor yang dapat membuat Apache menjadi sangat terkenal pada kalangan web server. Faktor yang mempengaruhi antara lain :
1. Kontrol Akses
Kontrol ini dapat digunakan sesuai nama host atau nomor IP
2. Apache dapat mengakses client dengan cepat
3. Mampu dikopilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang
4. Bahasa
Apache dapat memberikan bahasa yangn diminta client nya. contohnya sebuah client meminta dalam bahasa portugis, maka Apache akan mencari servicenya dalam bahasa portugis.

Keuntungan dalam menggunakan Apache:
1. Apache merupakan sebuah freeware
2. Apache mudah dalam penginstalan dibandingkan dengan web server software lainnya seperti IIS, dll
3. Apache mampu beroperasi dalam berbagai platform
4. Apache sudah diakses dan dioperasikan khusus dan lebih berkembang untuk software web server.

II. IIS (Internet Information Server)
IIS merupakan sebuah software pembentuk web server dalam penggunaan windows.
Keuntungan dalam menggunakan IIS :
1. Sudah mendukung semua HTTP
2. Memiliki keamanan dalam mencegah sebuah web memonopoli bandwidth


Cara kerja web server.
Sebuah web server, bekerja penuh terhadap website clientnya. Maka, sebuah web server harus memiliki syarat dan memenuhi kriteria tertentu, jika tidak, web client tidak dapat di akses oleh pengunjung website.
Disaat orang menhubungkan komputernya dengan internet, maka komputer tersebut telah memilki sebuah IP.
Contohnya jika orang menulis link http://www.jakartawebhosting.com/ pada url address, maka web server akan mencari IP address Jakartawebhosting dan membukakan http://www.jakartawebhosting.com/ kepada orang yang meminta.
Sebuah penulisan HTTP sangat berpengaruh dalam pencarian untuk memudahkan para web server yang menerimanya.
Jika data yang diminta oleh browsing tidak ditemukan oleh web server, maka akan menimbulkan error yang sering anda lihat dalam page errorr, '404 Page Not Found'

Semua komputer dapat digunakan sebagai web server, tetapi, tidak semua komputer dapat memenuhi kriteria dan syarat dalam pembentukan web server.
Dalam syarat web server, sebuah komputer server harus tetap online selama 24 jam dan itu membutuhkan biaya yang besar dan pegawai yang dapat melakukan online selama 24 jam.
Maka, untuk memudahkan, Biasanya pembuat website selalu menggunakan web hosting sebagai penyalur data agar dapat diakses oleh internet. Sebuah penyalur web hosting dapat juga disebut sebagai web hosting provider.
Dalam layanan web hosting, sudah jarang dilihat adanya web hosting provider yang menyediakan sebuah layanan gratis, karena penyalur web hosting juga diharuskan melakukan pembayaran dalam IP address dan listrik.
Pembuatan sebuah website memang tidak murah, tetapi sebuah web hosting provider yang baik selalu memberikan paket paket hosting yang murah untuk client nya.
Salah satu contoh web hosting provider yang memberikan layanan hosting murah adalah Jakartawebhosting.com
Dengan adanya sebuah layanan web hosting, para user dapat mudah melakukan pembaharuan terhadap websitenya sendiri dan para pengunjung website dapat mengakses data website setiap saat.
Dan biasanya, sebuah web hosting mempunyai 2 layanan hosting yang dapat memudahkan client untuk memilih hostingannya, seperti windows hosting dan Linux hosting.
Seperti yang kita ketahui, Windows hosting menggunakan IIS dan Linux hosting menggunakan Apache.






Informasi terkait
Web Hosting
web Hosting Provider
Windows Hosting
Linux Hosting
IP Address
 
Back
Top