Gangguan Kepribadian Histrionik

bla_bla_bla

New member
Gangguan Kepribadian Histrionik








Gangguan kepribadian histrionik adalah gangguan kepribadian dengan karakter emosi yang meluap-luap termasuk keinginan berlebihan untuk mendapatkan pujian, rayuan secara tidak tepat.

Gangguan ini dimulai pada masa kanak-kanak hingga menjelang memasuki remaja yang terus berlanjut menjadi bentuk gangguan keperibadian dikemudian harinya.

Kehidupan sehari-hari individu dengan gangguan histrionik (HPD) digambarkan sebagai kehidupan yang dramatis, memiliki antusias berlebihan dan terkesan genit. Kadang perilaku yang dimunculkan dapat membangkitkan hasrat seksual orang lain, ekspresi emosi berlebihan (termasuk dalam pakaian) dan mudah dipengaruhi orang lain.

Individu dengan gangguan kepribadian histrionik selalu ingin mencari perhatian dari orang lain, tujuannya adalah untuk mendapatkan pengukuhan dirinya. Individu ini akan selalu menanyakan pendapat orang lain mengenai hal-hal yang menyangkut dirinya, dimulai cara pakaian, dandanan, hingga masalah pribadi lainnya.

Potensi gangguan kepribadian histrionik pada wanita dan pria adalah sama.

Wanita dengan HPD berorientasi kedalam dirinya sendiri, berperilaku menurut suka hatinya dan sangat tergantung pada orang lain. Emosi yang labil dan terikat dengan hubungan yang tidak dewasa, —kekanak-kanakan.

Wanita dengan gangguan kepribadian histrionik mempunyai harapan-harapan yang tidak realistis, memiliki fantasi berlebihan dengan orang-orang yang ia kenal. Ekspresi emosional yang dangkal ketika ia menghadapi distres dan kesulitan untuk memahami orang lain membuat dirinya sulit dalam mempertahankan hubungan dengan pasangannya. Banyak menuntut, harapan yang tinggi dan disertai luapan amarah yang meledak-ledak membuat pasangannya lebih memilih untuk menjauh setelah mengenalnya lebih dalam. Beberapa wanita HPD yang cenderung memiliki gangguan kepribadian borderline juga melukai tubuhnya atau berpura-pura untuk bunuh diri sebagai cara untuk menarik pasangannya atau orang lain untuk mendapatkan perhatian yang lebih.

Pada pria, pelbagai permasalahan yang dihadapi dapat berupa krisis identitas diri, impulsif dan gangguan berhubungan dengan orang lain. Kecenderungan antisosial, tidak mampu bersikap dewasa, dramatis (walaupun sebagian dari mereka sanggup menahannya) adalah masalah yang sering dihadapi oleh pria dengan gangguan HPD. Selain itu, pria sangat introspektif dan merasa bersalah terhadap dirinya sendiri bila ia tidak mampu untuk dekat dengan seseorang atau orang lain.

Pria HPD dengan tendensi antisosial melakukan isolasi diri dan menghindari hubungan sosial untuk beberapa hari bahkan beberapa tahun ketika ia merasakan ketidaknyamanan atau bila terjadi kesalahpahaman yang membuat dirinya terusik.






SIMTOM

1) Tidak merasa nyaman dalam situasi dimana ia tidak menjadi pusat perhatian. Secara konstan ia akan berusaha mencari perhatian dari orang lain (self-centeredness)
2) Bertingkah laku tertentu untuk menjadi pusat perhatian dengan perilaku yang dapat membangkitkan hasrat seksual orang lain
3) Berpura-pura dan dapat mengubah ekspresi emosi dengan cepat dengan tujuan untuk memberikan perhatian pada orang lain
4) Konsisten menggunakan segala sesuatu yang berkenaan dengan fisik (dandanan) yang mencolok untuk mendapatkan perhatian dari orang lain.
5) Berbicara secara spontan dengan gaya bahasa tertentu untuk memberi kesan
6) Suka mendramatisir suatu keadaan secara berlebih-lebihan atau bahkan berbohong hanya untuk mendapatkan atau menyakinkan orang lain.
7) Sensitif terhadap kritikan dan penolakan
8) Mudah frustrasi dan tidak mudah puas
9) Pendapat-pendapatnya mudah dipengaruhi oleh orang lain, akan tetapi ia sulit untuk menjelaskan secara detail dari pendapatnya itu.
10) Suka mengambil keputusan secara terburu-buru
11) Berpura-pura atau mencoba bunuh diri untuk mendapatkan perhatian dari orang lain
12) Mereka mempercayai bahwa hubungan lebih akrab dikarenakan adanya dirinya


Individu dengan gangguan keperibadian histrionik dapat berfungsi secara sosial dengan baik, bahkan pada level yang tinggi, ia dapat sukses dalam pekerjaannya. Mereka mempunyai kemampuan sosial yang baik, akan tetapi kecenderungan perilaku tersebut adalah manipulatif dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian dari orang lain.





FAKTOR PENYEBAB

Faktor penyebab utama gangguan ini tidak diketahui secara pasti, namun diduga pengalaman masa kanak-kanak dan faktor genetik keduanya mempunyai pengaruh kemunculan gangguan kepribadian ini. Gangguan kepribadian histrionik lebih banyak pada wanita dibandingkan pria, kebanyakan gangguan kepribadian histrionik pada pria, ―dengan gejala-gejala yang sama lebih cenderung didiagnosa sebagai gangguan kepribadian antisosial. Kemungkinan hal ini terjadi karena pada pria histrionik cenderung untuk menarik dari lingkungan sosial dibandingkan wanita histrionik.


Psikoanalisa menduga gangguan ini disebabkan oleh sikap otoriter sang ayah ketika masa kanak-kanak individu. Kebiasaan menggoda dan memuji anak tidak tepat juga dapat menimbulkan gangguan kepribadian ini dikemudian hari.





TREATMENT


Tidak ada obat secara langsung yang dapat menyembuhkan gangguan kepribadian ini, dokter akan memberikan jenis obat-obatan bila individu yang bersangkutan mengalami gangguan kecemasan atau gangguan mood seperti depresi.

Dalam psikoterapi, terapis harus dapat memlih terapi yang tepat untuk gangguan kepribadian histrionik, perlu diperhatikan bahwa gangguan HPD tidak cocok dilakukan terapi kelompok atau group therapy. Hal ini dikarenakan individu dengan gangguan HPD yang cenderung untuk mencari perhatian orang lain dapat menganggu jalannya terapi atau anggota kelompoknya.

Dialectical behavioral therapy
Target yang ingin dicapai dalam terapi ini adalah penyesuaian antara pelbagai permasalahan yang sedang dihadapi klien dengan pengambilan keputusan secara tepat. Hal-hal lain yang didapatkan klien dalam terapi ini adalah; pemusatan konsentrasi, hubungan interpersonal (ketrampilan sosial), adaptasi terhadap distress, identifikasi dan mengatur reaksi emosi secara tepat.

Family therapy
Terapi keluarga melatih anggota keluarga menghargai individu, meningkatkan komunikasi dan penyelesaian masalah secara bersama-sama dan saling mendukung. Anggota keluarga akan dilatih terlebih dahulu untuk bersikap dan berperilaku yang mendukung penyembuhan individu. Terapi ini dianggap lebih baik karena proses terapi berlangsung setiap saat. Terapi keluarga juga dapat dilakukan oleh pasangan individu (couples therapy)

Cognitive therapy
Terapi kognitif dirancang untuk membantu individu mengenal dan mengubah penyimpangan-penyimpangan cara berpikir yang muncul dari perasaan dan perilaku dari pelbagai masalah yang sedang dihadapi. [PD]




pikirdong.org
 
kalau soal gangguan beginian sih yang paling berpengaruh itu lingkungan keluarga sih ya, jadi emang harus keluarga yang bimbing anak itu untuk jadi lebih baik :)
 
Back
Top