Dampak Perceraian Terhadap Anak

Bls: Ortu Cerai, Anak Bagaimana?

aku sering ketemu kok sama anak-anaknya.. sama istri yang sana..
kan maen di satu warnet :)
cuman belakangan ini agak jarang :)

hmmm ya wish all the best for u deh non...disering- seringin juga dunk ma papamu:D

sama non kalin aku juga punya masalah yang sama. . .sekarang lagi pusing. apalagi anak tertua kayak gw, ngeliat ade gw yang beda 10 tahun dari gw, nangis2 pas bokap jawabannya itu2 "ayah lagi kerja~ sudah ya"

buat kalian udah menikah jangan ngambil jalan kek gini. buat cowok yang udah beristri, jangan pernah jadi pengecut kalau berbuat salah. buat cowok yang masih pacaran, cobain menjelajah pengalaman cinta kamu. (selingkuh kek, diselingkuhin, cuek, overprotektif, dll; bukan nyaranin yang jelek, cuma kalau cuma perkataan "selingkuh itu gag baik" gag menjamin)


trus klo dah nyoba njelajah ngapain bjhe?? maksudnya biar pas berkeluarga ga macem2 gitu?

Ehem, maksudnya apa neh?


apakah pernyataan itu menyinggung orang lain, bukankah ini suatu ulasan?
Gak bisa nyelamin hati orang? situ sendiri memahami tidak?


peacee:D@-->
 
Bls: Ortu Cerai, Anak Bagaimana?

iya. biasanya, yang nyobain yang aneh2 yang bisa nyebabin perceraian, kurang menghargai artinya cinta, perasaan dll. karena kurang lebih, gak tau rasanya~ itu kalo menurut gw

ada pepatah diluar yang mengatakan seperti ini:

jangan pernah pacaran dengan teman date pertamamu
 
Bls: Ortu Cerai, Anak Bagaimana?

iya sih...tapi jangan sampai kebablasan..sampai nggak bisa berhenti aja
 
Dampak Perceraian Terhadap Anak

12_DIVORCE.jpg


Perceraian dalam sebuah pernikahan tidak bisa dilepaskan dari pengaruhnya terhadap anak. Banyak faktor yang terlebih dahulu diperhatikan sebelum menjelaskan tentang dampak perkembangan anak setelah terjadi suatu perceraian antara ayah dan ibu mereka.

Faktor tersebut bisa meliputi perubahan usia anak dan tahap perkembangan anak, konflik yang terjadi setelah perceraian, jenis kelamin anak dan gaya pengasuhan orangtua setelah bercerai. Kesemua hal itu dapat menggambarkan bagaimana dampak yang diberikan akibat perceraian terhadap perkembangan anak pada saat itu dan masa yang akan datang.

Perubahan Usia dan Perkembangan

Usia anak pada saat bercerai perlu dipertimbangkan. Tanggapan tanggapan anak kecil atas perceraian ditengahi oleh terbatasnya kompetensi kognitif dan sosial mereka, ketergantungan mereka terhadap orangtuanya.

Belum matangnya faktor kognitif dan sosial mereka akan lebih menguntungkan mereka ketika remaja. Pada saat remaja, mereka lebih sedikit ingat mengenai konflik dan perceraian yang terjadi pada saat mereka masih kecil. Tetapi tidak dipungkiri bahwa mereka juga kecewa dan marah atas perkembangan pertumbuhan mereka tanpa kehadiran keluarga yang utuh atau tidak pernah bercerai.

Anak yang sudah menginjak remaja dan mengalami perceraian orangtua lebih cenderung mengingat konflik dan stress yang mengitari perceraian itu sepuluh tahun kemudian, pada tahun masa dewasa awal mereka. Mereka juga Nampak kecewa dengan keadaan mereka yang tumbuh dalam keluarga yang tidak utuh.

Mereka juga menjadi kawatir bila hidup mereka tidak akan lebih baik bila mereka tidak melakukan sesuatu lebih baik. Pada masa remaja mereka dapat masuk dan terperangkap masalah obat obatan dan kenakalan remaja dari pada remaja yang mengalami perceraian orangtua pada saat kecil dan remaja yang tumbuh dalam keluarga utuh.

Konflik

Banyak perpisahan dan perceraian merupakan urusan yang sangat emosiaonal yang menenggelamkan anak ke dalam konflik. Konflik ialah suatu aspek kritis keberfungsian keluarga yang seringkali lebih berat dari pada pengaruh struktur keluarga terhadap perkembangan anak.

Misalnya, keluarga yang bercerai dengan koflik relatif rendah lebih baik dari pada keluarga yang utuh tetapi dengan konflik relatif tinggi. Pada tahun setelah perceraian konflik tidak berkurang tetapi bisa akan terus bertambah. Pada saat ini, anak laki laki dari keluarga bercerai memperlihatkan lebih banyak masalah penyesuaian dari pada anak anak dari keluarga utuh yang orangtuanya ada.

Selama tahun pertama setelah perceraian, kualitas pengasuhan yang dilakukan orangtua seringkali buruk. Orangtua lebih sering sibuk dengan kebutuhan kebutuhan dan penyesuaian dari sendiri seperti mengalami depresi, kebingungan dan instabilitas emosional.

Selama tahun kedua setelah perceraian, orangtua lebih efektif dalam mnegerjakan tugas tugas pengasuhan anak, khususnya anak perempuan.

Jenis Kelamin Anak dan Hakekat Pengasuhan

Jenis kelamin anak dan orangtua pengasuh adalah pertimbangan yang penting dalam mengevaluasi pengaruh perceraian terhadap perkembangan anak. Anak yang tinggal dengan orangtua pengasuh dengan kesamaan jenis kelamin menunjukkan kondisi sosial yang lebih kompeten seperti lebih bahagia, lebih mandiri, dan lebih dewasa dari pada anak yang tinggal dengan orangtua pengasuh yang berbeda jenis kelamin.

Dalam sebuah kajian lain, ditemukan bahwa remaja dengan jenis kelamin baik laki laki dan perempuan yang tinggal dengan keluarga ibu akan lebih dapat melakukan penyesuaian dari pada tinggal bersama keluarga ayah.

Kesimpulan tentang anak anak dari keluarga bercerai. Singkatnya, sejumlah besar anak yang tumbuh dalam keluarga yang bercerai. Kebanyakan anak anak pada mulanya mengalami stress berat ketika orangtua mereka bercerai dan mereka beresiko mengembangakan masalah masalah perilaku. Tetapi perceraian dapat juga melepaskan anak anak dari konflik perkawinan. Banyak anak yang mengalami perceraian orangtua menjadi individu yang berkompeten.

Daftar Pustaka

Santrok, John W. 2002. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Dari Psikologizone


Semoga gak ada lagi anak-anak yang stres karena perceraian orangtua
 
Bls: Dampak Perceraian Terhadap Anak

heheh neng egha.....kita sama lagi ni....
aku gabung yak persoalan yang sama...

thanks buat tambahan infonya :)
 
Bls: Dampak Perceraian Terhadap Anak

BETUL.......
PERCERAIAN emang di HALALKAN......
tpi menurutku Q KURNG SETUJU AMA PERCERAIAN....???
 
TDW Club - 7 Akibat Perceraian

akibat-perceraian.jpg


Setiap perceraian adalah hal yang menyedihkan, perceraian membuat hidup sesorang berubah. Semuanya menjadi berbeda tidak seperti apa yang diinginkan sebelumnya. mungkin anda sudah merencanakan berbagai hal dalam pernikahan anda, tetapi tetap saja perceraian hadir dihidup anda. akibat apa saja yang dapat ditimbulkan dari perceraian tersebut. Berikut 7 akibat perceraian :

1. Keuangan
Uang menjadi masalah besar bagi beberapa orang, biaya dari perceraian bisa amat tinggi, dan mempengaruhi siklus keuangan anda

2. Karir
Anda menjadi tidak focus dalam bekerja dan menghabiskan banyak waktu karena harus mengurus perceraian anda

3. Emosi
Orang yang bercerai terkadang mengalami depresi dan merasa tidak berharga. serta merasa bahwa dirinya adalah orang yang gagal

4. Mengganggu psikologis anak
Dalam perceraian anaklah yangmenjadi korban, karena mereka harus kehilangan salah satu sosok yang biasanya selalu bersama mereka, anak merasa kesepian dan di tolak, dan merasa bahwa mereka kurang perhatian.

5. Nafsu makan menurun

6. Kehilangan kepercayaan diri

7. Takut untuk memulai hubungan baru

Ketika anda memutuskan untuk bercerai, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu, karena 7 akibat perceraian tidak hanya anda yang akan mengalami tapi juga orang-orang disekeliling anda yang anda sayangi.

Anda dapat melihat yang artikel lainnya di:
TDW Club - 7 Akibat Perceraian
 
Bls: TDW Club - 7 Akibat Perceraian

kembali kejalannya..

TUHAN yng MAHA KUAT
MAHA PEMURAH
MAHA PENGASIH

"sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yg kamu perbuat"

perceraian itu berawal dari keinginan yg berkecukupan.. hingga berlimpah tanpa berpikir kekurangan.
saat kekurangan HATI AKAN MERASAKAN BORING...mencari sesuatu yg pintas
kehangatan rumah akan berubah bersuhu tinggi..
kembalilah kejalan kepasrahan dengan ilmu syukur..Insya Allah
 
TDW Club - Komunikasi Efektif Membantu Mencegah Perceraian

Komunikasi-Efektif-Membantu-Mencegah-Perceraian.jpg


Ketika Anda berdua berdiri dialtar dengan sinar dimata anda dan kasih dalam hati Anda, sulit untuk berpikir hal-hal yang dapat berbeda dalam waktu singkat dimasa depan. Bagi beberapa orang, waktu singkat diukur dalam bulan atau bahkan berminggu-minggu, lainnya diukur dalam tahun. Sungguh menakjubkan untuk mencatat jumlah perceraian yang terjadi setelah pasangan telah menikah selama 25, 30, atau bahkan lebih.

Setiap orang pastinya tidak ingin mengalami yang namanya perceraian. Komunikasi efektif membantu mencegah perceraian. Karena hal itu akan menimbulkan konsekuensi dari anggota keluarga, teman, ditempat kerja Anda, dan lain-lain. Anda harus bertanya pada diri sendiri jika perceraian benar-benar apa yang Anda inginkan, atau jika ada beberapa hal yang Anda bisa dan harus lakukan secara berbeda, melihat dari sudut yang berbeda, dan mengambil sudut pandang yang lebih subyektif. Setelah semua, Anda menyadari bahwa lama perkimpoian adalah seperangkat kompromi, percakapan sederhana tentang kompromi yang jelas akan menunjukkan sisi lain dari Anda, dan kemungkinan besar Anda berdua.

Perceraian biasanya menjadi situasi ketika dua orang yang pernah sangat dekat, bahkan mungkin pasangan jiwa, telah menjadi terpisah. Mungkin tidak dipisahkan secara fisik, tetapi dipisahkan dari segi mental dengan tujuan.Jadi menggali sedikit lebih dalam, akar penyebab melalui komunikasi, atau lebih tepatnya, kurangnya komunikasi antara Anda berdua.

Seperti apapun, komunikasi harus berjalan dua arah. Satu orang tidak bisa terus berbicara sementara lainnya mendengarkan. Berbicara adalah keterampilan yang didapatkan dari lahir, tetapi sangat sedikit dari kita yang benar-benar menguasai, atau bahkan mencoba untuk menguasai seni mendengarkan. Anda harus mendengarkan apa yang dikatakan pasangan. Mereka mungkin memberi Anda petunjuk, seperti peta jalan, untuk kembali pada tempat yang sama seperti Anda berada. bila tidak terjadi titik temu, sebisa mungkin usahakan untuk tidak bercerai.

Pertama, menentukan apa yang menyebabkan Anda berhenti berkomunikasi secara efektif. Mungkin saat ini anda berdua menaruh begitu banyak dari diri Anda ke dalam pekerjaan Anda,anda memiliki sedikit energi untuk berkomunikasi. Buatlah upaya untuk menghemat energi Anda agar anda bisa berkomunikasi dengan pasangan Anda setelah seharian bekerja keras lama. Ini benar-benar dapat membantu Anda untuk bersantai, dan membantu pikiran Anda tenang, dan berkonsentrasi pada sesuatu yang lain, seperti pasangan Anda, apa yang mereka lakukan hari ini, dan apa yang penting dalam hari-hari mereka. Menampilkan kepentingan lainnya selalu selangkah lebih dekat menuju komunikasi yang efektif.

Ada beberapa pasangan yang mungkin telah hanyut terlalu jauh karena terpisah terlalu lama. Ada pertimbangan yang lebih sebelum muncul jawaban perceraian, semuanya harus sangat serius dipertimbangkan sebelum memutuskan bahwa perceraian adalah satu-satunya jawaban layak, karena dalam sejumlah kasus mengejutkan, perceraian hanya salah satu dari banyak pilihan. Dan inilah butuhnya komunikasi, komunikasi efektif membantu mencegah perceraian

Anda dapat melihat yang artikel lainnya di:
TDW Club - Komunikasi Efektif Membantu Mencegah Perceraian
 
Back
Top