Mengajarkan Anak Berpuasa

resi_dj

New member

Bulan Ramadhan sudah tiba, tentunya seluruh umat Muslim di dunia menyambutnya dengan gembira. Pria, wanita, tua, muda, besar, kecil, semuanya bergembira menyambut bulan suci nan sarat rahmat, berkah, dan berlimpah pahala.

Dan hari ini hari pertama kita semua berpuasa, gimana?
Masih kuat kan?
:)

“Melalui puasa, kita diminta ‘adil’ terhadap tubuh, khususnya perut yang setelah 11 bulan bekerja keras, untuk beristirahat selama 1 bulan penuh. Itu sebabnya puasa menyehatkan tubuh.” So, tetep semangat yak menjalaninya :)

_happy_ramadhan_thumb%5B1%5D.jpg

Oiya, tapi jangan lupa, kita sebagai orangtua/ kakak sudah selayaknya mengajarkan pentingnya berpuasa bagi buah hati/adik. Namun dalam praktiknya, orangtua kerap mengalami kesulitan. Rasa iba, tidak tega melihat anak lemas lantaran kehausan dan kelaparan kerap menghantui perasaan, namun di lain pihak, ingin melihat sang buah hati berpuasa 1 hari penuh menjadi keinginan yang tidak terbendung. Coba simak beberapa tips sederhana, dalam mengajarkan anak berpuasa berikut ini yuk :



1. Berikan pengertian
Sempatkan diri untuk memberi pengertian dan pemahaman terhadap anak mengenai apa itu puasa, mengapa puasa menjadi penting, keuntungan berpuasa bagi tubuh dan pahala yang akan didapat.

2. Pasang target
Setelah anak memahami arti berpuasa, buatlah deal atau perjanjian berapa hari sang buah hati akan berpuasa. Tentunya hal ini disesuaikan dengan kondisi anak tersebut, dan bisa bervariasi antara sang kakak dan sang adik.

3. Catat semua perkembangan
Ambillah secarik kertas dan buatlah tabel sesuai dengan target berpuasa sang anak. Berikan tanda ‘O’ bila anak dapat berpuasa sehari penuh, dan tanda ‘X’ bila anak tidak berpuasa sehari penuh.

4. Jadikan sahur menjadi aktivitas yang menyenangkan
Bangunkan anak dengan suara lembut sambil mengingatkan tentang target yang telah disepakati bersama. Selain itu buatlah menu makanan favorit dan usahakan agar tampilan makan sahur menjadi menarik.

5. Sibukkan anak saat berpuasa
Berikan beberapa aktivitas menarik selama anak berpuasa. Biasanya selama bulan Ramadhan, anak menjadi lebih cepat pulang dari sekolah. Ajaklah anak bermain untuk sejenak lupa bahwa ia sedang berpuasa.

6. Berikan reward
Jangan lupa memberikan reward setiap anak berhasil puasa 1 hari penuh. Reward yang dimaksud tidak harus mahal dan mewah. Sebuah pelukan dan ciuman hangat di pipi pada saat berbuka puasa adalah contoh sederhana yang dapat membuat anak termotivasi untuk berpuasa kembali keesokan harinya.
Puasa perlu diperkenalkan pada anak sejak dini. Jika kita menerapkannya sesuai dengan petunjuk puasa yang tepat, maka puasa tidaklah membuat anak sakit. Sebab dari sudut pandang medis, puasa diyakini dapat meningkatkan hormon pertumbuhan anak.

Sedangkan dari sudut pandang psikologis, puasa memberikan pengaruh positif pada anak, diantaranya melatih si kecil disiplin, sabar, mau berbagi dan mampu mengendalikan diri. Tapi mengingat usianya yang masih dini, si kecil memiliki keterbatasan fisik, maka puasa tentu saja tidak boleh dipaksakan.


Beberapa hal harus diperhatikan serta dipertimbangkan, diantaranya adalah :

1. Kapan waktu yang tepat ?
Kita boleh memperkenalkan puasa jika si kecil memasuki usia 4 tahun. Dimulai dengan melatih puasa beberapa jam dulu selama beberapa hari, kemudian dilanjutkan berpuasa setengah hari pada minggu berikutnya. Ajak dia makan sahur dan berbuka di siang hari, dan dilanjutkan berpuasa lagi dan berbuka kembali saat Maghrib tiba. Apabila si kecil sudah terbiasa dengan ritme ini dan kondisinya terlihat masih kuat, kita boleh melatihnya berpuasa sampai Maghrib di minggu terakhir bulan Ramadhan.
Tapi kita harus tetap memperhatikan kondisi si kecil, jangan membiarkan dia memaksakan diri untuk berpuasa jika kondisinya terlihat tidak sehat. Kondisi fisik dan daya tahan tubuh si kecil berbeda dengan orang dewasa, dia lebih rentan terhadap penyakit dan lemah. Jika puasa dilakukan dengan kondisi tubuh yang tidak fit, maka dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil.

2. Asupan makanan apa saja yang tepat saat si kecil berpuasa ?
Perlu diperhatikan, si kecil harus mendapat asupan makanan dengan menu yang lengkap, seimbang dan bergizi.

- Pada waktu Sahur :
a. Berikan karbohidrat yang cukup pada si kecil, seperti misalnya nasi atau sejenisnya
b. Berikan juga lauk pauk yang merupakan sumber energi dan lemak, dengan begitu si kecil akan mendapatkan cadangan energi yang lebih besar saat berpuasa.
c. Jangan lupa lengkapi juga dengan buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral dan serat. Makanan ini wajib dierikan untuk melancarkan BAB.
d. Dan yang tidak kalah penting adalah susu, minuman ini wajib ada dalam menu puasa si kecil.
e. Anda boleh juga menambahkan Multivitamin, tapi ingat, jangan memberikan vitamin nafsu makan, sebab malah akan membuat si kecil cepat lapar.


- Pada waktu Berbuka :
a. Berikan makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, misalnya the manis, kolak atau kue-kue manis lainnya. Kandungan gula akan diserap oleh tubuh sehingga dapat memulihkan energi secara cepat.
b. Hindari minuman atau makanan yang pedas, bersantan maupun asam, supaya tidak mengganggu kinerja lambung si kecil.
c. Berikan si kecil makanan yang cukup, tidak berlebihan / tidak kekenyangan, sebab jika kekenyangan akan membuat lambung melebar dan si kecil cepat merasa malas, mengantuk, lelah dan bahkan bisa muntah.
d. Untuk mencegah dehidrasi, berikan si kecil air putih sebanyak mungkin pada waktu berbuka hungga sahur agar tubuhnya segar.


3. Istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Untuk itu biarkan si kecil beristiraat dan tidur sekitar 10 hingga 12 jam dalam sehari. Apabila si kecil kurang tidur, akan dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

Yang Perlu Diperhatikan :
Jangan lanjutkan puasa bila si kecil mengalami dehidrasi, dengan gejala-gejala sebagai berikut :
- Muntah-muntah
- Keluar keringat dingin
- Tubuhnya terasa lemas

Selain itu, puasa si kecil jangan dilanjutkan jika dia mengalami penurunan berat badan, jadi cengeng dan rewel.

:) Semoga bermanfaat yak.
Dapat dari sini
 
Bls: Mengajarkan Anak Berpuasa

Hum tipsnya yummy juga menurut aku :)
Dulu waktu kecil, orang tuaku nggak jauh beda mengajarkan puasa seperti tips2 di atas.
Di mulai aku kelas nol kecil kalau ga salah..ya sekitar usia 4 tahun itu.
Dan tips tambahan dari aku, seperti pengalaman dulu waktu kecil yaitu, alangkah baiknya untuk melatih anak puasa ini, orang tua mengajarkan anaknya berpuasa dengan metode step per step.

Jadi untuk hari pertama puasa, dicoba puasa sampai dzuhur aja (istilahnya puasa bedug ;p)
Nah waktu menjelang dzuhur itu, lihat kondisi anak, apa masih kuat, jangan segan juga untuk menanyakan, tanyakan langsung apakah anak masih ingin melanjutkan puasa?
Kalau masih, beri step sampai waktu ashar, di waktu ashar itu juga Tanya lagi pada anak, jika masih mau melanjutkan, ya lanjut sampai magrib :)
Tapi kalau anak memang belum kuat, ya jangan dipaksakan.
Hehe dulu aku mulai puasa waktu kecil sehari duank yang puasanya puasa bedug (sampai dzuhur) di hari kedua…alhamdulillah gool aku puasa sampai magrib.
Dan orang tuaku menerapkan metode step per step tadi :) hihi lucunya di hari kedua, waktu habis ashar, aku dah laper banget, tapi masih ingin nerusin…akhirnya diajak jalan2 keliling kota oleh ayahku naik mobil, hihi jadi lupa deh sama puasanya…hingga magrib tiba, aman deh puasaku. Dan berlanjut hingga 28 hari berikutnya :)
 
Bls: Mengajarkan Anak Berpuasa

Hehehe jadi inget puasa pertamaku saat masih TK, sempet putus asa karena lemes nahan puasa akhirnya diajak jalan-jalan sama nenek ke pasar belanja kebutuhan untuk sahur tapi herannya bukannya makin lapar malah semangat :D apalagi pas tawar menawar sama pedangang hehe...

suka dikasih reward sama nenek kalau puasaku Full sampai maghrib dan itu menyemangati banget apalagi kalau ada rivalnya :D
 
Tips yg berguna bgt nih. Dan yg pasti hrs di bantu dgn susu formula yg baik tentunya. Yg nutrivitnya tinggi (mengandung AA, DHA utk otak, dan GA utk pencernaan). Jd walaupun anak berpuasa, tubuh tetap fit (gak gampang sakit/lemas), dan otak tetap fresh :) Trims ya udah share tips nya. Wass.
 
mengajarkan anak untuk berpuasa memang hal yang sangat bagus, namun sebaiknya tidak hanya berpuasa tetapi ibadah yang lain juga, seperti sholat tepat waktu saat jam adzan tiba. sebelumnya thanks gan artikelnya sangat bagus.
 
emang harus dari kecil mendidik anak ke arah yang baik,agar dewasa nanti tidak salah arah,atau terjerumus untuk pergaulan yang tidak benar,misal temenya mengajarkan untuk tidak berpuasa,kita selaku orang tua berusaha pertahan kan,agar anak tetap menjadi baik
 
Back
Top