Dunia Science Itu Menyenangkan.

Dipi76

New member
Ada kisah Richard P Feynman (1918-1988) dari Amerika Serikat yang merupakan salah seorang fisikawan paling berpengaruh di abad ke-20. Ia peraih Nobel Fisika tahun 1965. Suatu ketika Feynman merasa mulai sebal dengan fisika. Ia tahu sebabnya. Tidak lain karena ia mulai serius. Akhirnya ia putuskan untuk kembali seperti dulu: bermain dengan fisika. Ia menulis di bukunya, “aku melakukan apa saja yang kusukai; apa yang kukerjakan tak mesti penting untuk perkembangan fisika nuklir, tapi asal menarik dan menyenangkan untuk mainanku”. Suatu ketika Feynman bermain lempar piring di kafetaria kampusnya. Waktu piring itu melayang di udara, ia melihat bandul merah di atas piring itu berputar-putar, lebih cepat daripada perputaran piring. Dengan penuh semangat ia mulai menghitung gerakan rotasi piring itu. Hasilnya ia ceritakan kepada koleganya, fisikawan terkenal Hans Bethe (peraih Nobel Fisika tahun 1967). Bethe bilang, “Feynman, itu memang menarik, tetapi apa pentingnya? Mengapa kau kerjakan?”

Memang tidak ada pentingnya. Feynman mengerjakannya cuma karena senang. Komentar Bethe tidak memengaruhinya karena ia sudah menetapkan hati untuk menikmati fisika. Ujungnya, main-mainnya itu mengantarkan ia kepada perhitungan-perhitungan gerakan elektron yang rumit, yang membuatnya memperoleh Nobel Fisika. Ya, itulah. Semestinya science didekati dengan semangat bermain.

Rupanya tidak mudah melepaskan science dari kata “serius”. Di dalam lomba percobaan science, seorang anak SD memeragakan kincir air buatannya. Kincir air itu bagus dan sederhana. Ia kemudian bercerita mengenai manfaat dari kincirnya itu, yang dikatakannya dapat memperbaiki kesejahteraan petani. Di sinilah soalnya. Paparan itu tampak membanggakan, tetapi saya malah jatuh iba. Anak sekecil itu sudah memikirkan soal yang serupa itu. Mungkin ini dramatisasi, tetapi sempat terpikir: berat benar jadi anak Indonesia! Ingin saya bilang, “Ayo kita keluar bermain-main dengan kincir airmu itu. Biar orang dewasa saja yang memikirkan kesejahteraan petani.”

Anak-anak, bahkan juga kita orang dewasa, patut diberitahukan bahwa kemenangan yang sesungguhnya ialah apabila kita semakin memahami alam. Jadi, entah di rumah entah di sekolah atau di mana saja, biarlah anak-anak bergembira dengan science. Biarlah mereka menemukan dunia yang asyik melalui kegiatan-kegiatan yang tampak tak berguna semacam mengamati semut, mencampur soda kue dan cuka di dapur rumah Anda, atau meniup gelembung sabun dari sisa sabun mandinya. Dampingi saja mereka bermain dan bergembiralah bersama. Atau jangan-jangan Anda sendiri masih memandang science kelewat serius? :))

Mari lewat Thread ini kita sedikit bergembira dan bermain-main dengan science melalui beberapa percobaan yang akan saya paparkan.

Untuk Warga ii yang lain, jika mempunyai percobaan Science yang dirasa menyenangkan bisa diposting di sini juga. [<:)

-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Air Dingin Mendidih

1. Isi udara ke balon dengan pompa balon.
2. Plintir leher balon sehingga udara di dalamnya tidak keluar.
3. Pasang mulut balon pada corong. Lalu isi corong dengan air.
4. Secara perlahan lepaskan plintiran balon dan amati yang terjadi.

Apa Yang Terjadi?

Air bergolak seperti mendidih

Mengapa?

Percobaan ini membuktikan bahwa setiap zat menempati ruang dan udara mempunyai sifat untuk mengisi semua ruang yang tersedia. Ketika plintiran balon dibuka, maka udara di dalam balon bergerak naik untuk mengisi semua ruangan. Saat naik melewati corong, udara menerobos air yang ada dicorong. Gerakan udara ini menyebabkan air tampak bergolak, seperti mendidih. Selama udara terus mengalir keluar, air dalam corong tidak dapat masuk ke balon. Setelah tidak ada lagi udara yang bergerak naik, barulah air masuk ke balon.

Sumber : Netscience & Rumahsains.


-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Api Lompat

1. Dengan bantuan lilin mainan tegakkan lilin di atas piring plastik
2. Nyalakan lilin dengan korek api dan biarkan selama beberapa saat
3. Nyalakan korek api dan matikan lilin. Segera dekatkan api dari korek api ke asap dari lilin.

Apa Yang Terjadi?
Api melompat dari korek api ke sumbu lilin dan lilin kembali menyala

Mengapa?
Api dapat menyala oleh karena 3 hal, yaitu sumber panas, bahan bakar dan oksigen. Di dalam percobaanmu, sumber panas adalah gesekan antara batang korek api dengan dinding korek api. Bahan bakarnya adalah lilin, sedangkan oksigen diperoleh dari udara sekitar. Setelah beberapa waktu dibakar sebagian lilin menguap dalam bentuk asap. Jadi ketika kamu matikan lilin, lalu kamu sentuhkan api ke asap sumbu lilin kembali menyala. Dengan kata lain, pada asap masih terdapat uap lilin yang berfungsi sebagai bahan bakar.


-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Koinnya Hilang!!!

Letakkan koin di atas meja. Kemudian taruh gelas di atas koin tersebut. Apakah koin terlihat? Isi gelas dengan air sampai penuh. Masihkah koin terlihat? Sekarang tutup gelas. Dapatkah kamu melihat koin?

Apa yang terjadi?

Koin hilang!

Mengapa?

Kita hanya dapat melihat benda apabila ada cahaya yang mengenainya. Gelas adalah benda bening sehingga meneruskan hampir seluruh cahaya yang diterimanya. Oleh karena itu koin kelihatan. Air juga benda bening, akan tetapi mengapa koin tidak kelihatan? Ini membuktikan bahwa cahaya yang datang dan melewati dinding gelas berisi air mengalami perubahan arah atau pembelokan. Akibatnya cahaya tidak lagi jatuh ke dasar gelas, sehingga koin menjadi tidak kelihatan.

-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Pasir dan Air

1. Isi gelas dengan pasir sampai penuh.
2. Tuang air ke gelas.

Apa Yang Terjadi?
Ternyata masih ada ruang kosong di gelas. Air mengisi tempat tersebut dan tidak tumpah.

Mengapa?
Percobaan ini menunjukkan bahwa udara ada di berbagai tempat. Pada gelas yang penuh diisi pasir sebenarnya terdapat celah yang diisi oleh udara. Ketika air dituang kita melihat gelembung yang bergerak ke atas. Ini menunjukkan bahwa air mendorong udara pergi dari tempatnya di dalam gelas. Semua benda menempati ruang. Tidak ada 2 benda yang menempati ruang yang sama.

-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Emang menyenangkan liat percobaan & hasilnya.. tp males belajarnya.. pusiiing :D
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

Bola Pingpong yang bandel

1. Letakkan bola pingpong di dalam corong
2. Tiuplah bola pingpong itu dari bagian bawah corong. Dapatkah bola pingpong keluar?
3. Ulangi lagi dengan cara meniup keras-keras?
4. Sekarang coba tiup bola pingpong dari atas. Dapatkah bola pingpong keluar?

Apa Yang Terjadi?

Bola pingpong justru bisa keluar kalau ditiup dari atas

Mengapa?

Siapapun, sekuat apapun dia, tidak akan pernah bisa mengeluarkan bola pingpong dari corong dengan cara meniupnya dari bagian bawah corong. Kelihatannya aneh, tetapi ini benar-benar merupakan gejala fisika. Hukum fisika mengatakan bahwa udara yang bergerak lebih cepat mempunyai tekanan yang lebih rendah. Sementara itu udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Dengan meniup bagian bawah corong, tekanan di bagian bawah lebih rendah daripada di bagian atas, akibatnya udara dari atas menekan bola pingpong untuk selamanya berada di dalam corong. Sebaliknya, jika bagian atas yang ditiup maka tekanan udara di bagian ini mengecil sehingga udara dari bawah mendorong bola pingpong keluar corong.

-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

dulu sempet pusing ma kerumitan dari banyak teori, argumen2, serta data2 yang seringkali berbeda antara pemikir yang satu dengan yang lainnya.. semenjak ntu diputuskan buat lebih menyederhanakan pola pikir... gw cuma pelajari apa yang menurut gw menarik :D hal itu membuat data yang coba di input ke dalam otak kita bakal lebih mudah di save di memori...
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

dulu sempet pusing ma kerumitan dari banyak teori, argumen2, serta data2 yang seringkali berbeda antara pemikir yang satu dengan yang lainnya.. semenjak ntu diputuskan buat lebih menyederhanakan pola pikir... gw cuma pelajari apa yang menurut gw menarik :D hal itu membuat data yang coba di input ke dalam otak kita bakal lebih mudah di save di memori...
Cara yang bijak...:)(


-dipi-
 
Bls: Dunia Science Itu Menyenangkan.

aku sangat menyukai dunia science

Sama om lolo [<:)
Sejak kecil saya menyukai science, masa sekolah dulu saya suka star-gazing (teleskopnya skr tinggal kenangan). Sekarang saya menyukai penelitian, ga terbayang hidup tanpa laboratorium.
 
Back
Top