Catatan Sejarah Yang Terjadi Hari Ini [Daily Update]

Status
Not open for further replies.
19 Desember

* 1949 - Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta sebagai universitas milik negara yang pertama berdiri di Indonesia.

Ditilik dari sejarahnya, Universitas Gadjah Mada merupakan penggabungan dan pendirian kembali dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta.

Nama Gadjah Mada berawal dari dibentuknya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada yang terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusasteraan. Pendirian diumumkan di Gedung KNI Malioboro pada tanggal 3 Maret 1946 oleh Mr. Boediarto, Ir. Marsito, Prof. Dr. Prijono, Mr. Soenario, Dr. Soleiman, Dr. Buntaran dan Dr. Soeharto.

Sejak 4 Januari 1946 Soekarno dan Hatta memindahkan ibukota Republik Indonesia ke Yogyakarta. Dengan maraknya pertempuran antara pejuang kemerdekaan dan Sekutu serta NICA di Jakarta dan Bandung, maka Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung ikut pindah ke Yogyakarta. Pada tanggal 17 Februari 1946, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung dihidupkan kembali di Yogyakarta dengan para pengajarnya antara lain Prof. Ir. Rooseno dan Prof. Ir. Wreksodhiningrat.

Lembaga pendidikan lain yang berdiri pada waktu yang hampir bersamaan adalah Perguruan Tinggi Kedokteran (berdiri 5 Maret 1946), Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan (berdiri 20 September 1946), Sekolah Tinggi Farmasi (berdiri 27 September 1946), dan Perguruan Tinggi Pertanian (berdiri 27 September 1946) yang kesemuanya berada di Klaten, sekitar 20 kilometer dari Yogyakarta.

Institut Pasteur di Bandung sejak 1 September 1945, turut pula dipindahkan ke Klaten dengan laboratorium di Rumah Sakit Tegalyoso. Salah seorang yang berperan dalam pemindahan ini adalah Prof. Dr. M. Sardjito yang kelak menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada yang pertama. Kehidupan kampus di Klaten semakin ramai dengan berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi pada awal 1948.

Pada awal Mei 1948, Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan mendirikan Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta atas usul Kementerian Dalam Negeri untuk mendidik calon-calon pegawai Departemen Dalam Negeri, Departemen Luar Negeri dan Departemen Penerangan. Akademi ini awalnya dipimpin oleh Prof. Djokosoetono, S.H. Sayangnya akademi ini tidak berumur panjang, setelah pemberontakan PKI Madiun meletus, September 1948, akademi ini ditinggalkan para mahasiswanya yang ikut menumpas pemberontakan sehingga akademi ini ditutup.

Selanjutnya pada 1 November 1948 didirikan Balai Pendidikan Ahli Hukum di Surakarta, sebagai hasil kerja sama Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan dengan Kementerian Kehakiman. Bersamaan dengan itu Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta, yaitu Drs. Notonagoro, S.H., Koesoemadi, S.H. dan Hardjono, S.H. di Surakarta merencanakan mendirikan Sekolah Tinggi Hukum Negeri. Demi efisiensi, Panitia mengusulkan penggabungan Balai Pendidikan Ahli Hukum ke dalam Sekolah Tinggi Hukum Negeri yang akhirnya disetujui dan disahkan oleh Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 1948.

Serangan Belanda ke ibukota Republik Indonesia di Yogyakarta dalam rangka Agresi Militer Belanda II melumpuhkan semua kegiatan belajar mengajar di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta dan semua perguruan tinggi tersebut terpaksa ditutup dan para mahasiswa ikut berjuang.

Setelah serangan Belanda, wilayah Republik Indonesia menjadi semakin sempit. Pada tanggal 20 Mei 1949, diadakan rapat Panitia Perguruan Tinggi, di Pendopo Kepatihan Yogyakarta yang dipimpin oleh Prof. Dr. Soetopo, dengan anggota rapat antara lain, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Dr. M. Sardjito, Prof. Dr. Prijono, Prof. Ir. Wreksodhiningrat, Prof. Ir. Harjono, Prof. Sugardo dan Slamet Soetikno, S.H. Salah satu hasil rapat adalah pendirian perguruan kembali di wilayah republik yang masih tersisa, yaitu Yogyakarta. Disepakati Prof. Ir. Wreksodhiningrat, Prof. Dr. Prijono, Prof. Ir. Harjono dan Prof. Dr. M. Sardjito akan berusaha keras mewujudkannya. Kesulitan utama saat itu adalah tidak adanya ruangan untuk kuliah. Namun Sri Sultan Hamengkubuwono IX bersedia meminjamkan ruangan keraton dan beberapa gedung di sekitarnya.

Tanggal 1 November 1949, di Kompleks Peguruan Tinggi Kadipaten, Yogyakarta, berdiri kembali Fakultas Kedokteran Gigi dan Farmasi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Pembukaan ketiga fakultas ini dihadiri oleh Presiden Soekarno. Pada upacara pembukaan diadakan sebuah renungan bagi para dosen dan mahasiswa yang telah gugur dalam peperangan melawan Belanda, yaitu: Prof. Dr. Abdulrahman Saleh, Ir. Notokoesoemo, Roewito, Asmono, Hardjito dan Wurjanto.

Tanggal 2 November 1949, Fakultas Teknik, Akademi Ilmu Politik serta Fakultas Hukum dan Fakultas Kesusasteraan yang berada di bawah naungan Yayasan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada ikut diresmikan.

Tanggal 3 Desember 1949 dibuka Fakultas Hukum di Yogyakarta dengan pimpinan Prof. Drs. Notonagoro, S.H.. Fakultas ini merupakan pindahan Sekolah Tinggi Hukum Negeri Solo.

Akhirnya tanggal 19 Desember 1949, lahirlah Universitas Gadjah Mada dengan enam fakultas. Menurut Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949, keenam fakultas tersebut adalah:

1. Fakultas Teknik (di dalamnya termasuk Akademi Ilmu Ukur dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Ilmu Alam dan Ilmu Pasti);
2. Fakultas Kedokteran, yang di dalamnya termasuk bagian Farmasi, bagian Kedokteran Gigi dan Akademi Pendidikan Guru bagian Kimia dan limu Hayat;
3. Fakultas Pertanian di dalamya ada Akademi Pertanian dan Kehutanan;
4. Fakultas Kedokteran Hewan;
5. Fakultas Hukum, yang di dalamnya termasuk Akademi Keahlian Hukum, Keahlian Ekonomi dan Notariat, Akademi Ilmu Politik dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Tatanegara, Ekonomi dan Sosiologi;
6. Fakultas Sastra dan Filsafat, yang di dalamnya termasuk Akademi Pendidikan Guru bagian Sastra.

Sebagai Rektor yang pertama (Presiden) ditetapkan Prof. Dr. M. Sardjito. Pada saat yang sama juga ditetapkan Senat UGM dan Dewan Kurator UGM. Dewan Kurator UGM terdiri dari Ketua Kehormatan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, dan Ketua adalah Sri Paku Alam VIII, seorang wakil ketua dan anggota.

* 1972 - Eugene Cernan, Ronald Evans, dan Harrison Schmitt dengan Apollo 17 kembali ke bumi. Sejak itu belum ada manusia yang mengunjungi Bulan.

Apollo 17 adalah misi penerbangan berawak ke-11 dalam program Apollo NASA, dan merupakan pendaratan ke-6 dan terakhir di Bulan. Apollo 17 adalah peluncuran malam pertama dan yang terakhir di program Apollo.

* 1974 - Salah satu komputer pribadi pertama, Altair 8800, dilempar ke pasar.

Altair 8800 adalah komputer pribadi (Personal Computer) pertama di dunia pada tahun 1975. Altair berbentuk kit yang harus dirakit sendiri, dan dibuat oleh perusahaan bernama MITS dipimpin oleh Ed Roberts.

Altair dilengkapi dengan mikroprosesor Intel 8080 dan memori 256 byte. Bahasa pemrograman untuk Altair adalah BASIC yang dibuat oleh Bill Gates dan Paul Allen.

* 1984 - RRC dan Britania Raya menandatangani Deklarasi Bersama Sino-Britania, yang menyetujui pengalihan kedaulatan Hong Kong ke RRC pada 1 Juli 1997.

Deklarasi Bersama Sino-Britania adalah suatu deklarasi bersama yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Republik Rakyat Cina (RRC) dan pemerintah Britania Raya pada tanggal 19 Desember 1984 di Beijing. Deklarasi tersebut mulai berlaku dengan pertukaran dokumen ratifikasi pada 27 Mei 1985 dan didaftarkan oleh pemerintah RRC dan Britania Raya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 12 Juni 1985.

Menurut deklarasi ini, pemerintah RRC menyatakan bahwa negara tersebut memutuskan untuk melanjutkan kedaulatannya atas Hong Kong (termasuk Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories) efektif 1 Juli 1997, dan pemerintah Britania Raya menyatakan bahwa negara tersebut menyerahkan Hong Kong ke RRC efektif tanggal 1 Juli 1997. Pemerintah RRC juga menyatakan kebijakan-kebijakan dasar mereka terhadap Hong Kong di dokumen tersebut.

Sesuai dengan prinsip "Satu Negara Dua Sistem" yang disepakati antara kedua negara, sistem sosialis di RRC tidak akan diterapkan di Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR), dan sistem kapitalis serta gaya hidup yang sudah ada di Hong Kong tidak akan diubah selama periode 50 tahun. Deklarasi Bersama menyatakan bahwa kebijakan dasar ini harus dinyatakan dalam Hukum Dasar Hong Kong.

* 1997 - SilkAir Penerbangan 185 yang terbang dari Jakarta menuju Singapura, jatuh di sekitar Palembang.

SilkAir Penerbangan 185 adalah layanan penerbangan komersial rutin maskapai penerbangan SilkAir dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Indonesia ke Bandara Changi, Singapura. Pada tanggal 19 Desember 1997, sekitar pukul 16:13 WIB, pesawat Boeing 737-300 yang melayani rute ini mengalami kecelakaan jatuh di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Seluruh 104 orang yang ada di dalamnya (97 penumpang dan 7 awak kabin) tewas, termasuk pilot Tsu Way Ming dari Singapura dan kopilot Duncan Ward dari Selandia Baru.

Investigasi kecelakaan ini dilakukan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Indonesia bersama dengan tim ahli dari NTSB Amerika, Singapura, dan Australia. Pada tanggal 14 Desember 2000, KNKT mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa penyebab kecelakaan tidak dapat diketahui (undetermined). Namun, NTSB memiliki pendapat yang berbeda. Menurut mereka, kecelakaan ini disebabkan oleh tindakan Kapten Tsu yang sengaja menjatuhkan pesawatnya ke laut (bunuh diri). Menurut beberapa sumber, kemungkinan penyebab Kapten Tsu melakukan tindakan tersebut antara lain:
  • Masalah keuangan keluarga, dimana ia dilaporkan mengalami kerugian dalam investasi keuangan, dan hutang tagihan kartu kreditnya yang lebih besar dari kemampuannya membayar. (terutama diakibatkan dari pengeluaran keluarganya yang lebih besar dari gajinya sebagai pilot).
  • Kapten Tsu membeli polis asuransi beberapa hari sebelum kejadian (pada hari kecelakaan, jaminan perlindungan dari polisnya mulai berlaku), sehingga ia melakukan tindakan (menjatuhkan pesawat) tersebut untuk mendapatkan uang santunan asuransi (sebagai pengganti kerugian investasinya sebelumnya).
  • Ia juga dilaporkan beberapa kali mendapat teguran disiplin dari SilkAir, termasuk satu tindakan yang berkaitan dengan memanipulasi sekring dari perekam suara kokpit (CVR),
  • Laporan lain mengatakan ia juga berkonflik dengan Kopilot Ward dan beberapa rekannya yang meragukan kemampuannya memimpin sebagai Kapten Pilot.
  • Kapten Tsu adalah mantan pilot dan instruktur A-4 Skyhawk Angkatan Udara Singapura. Ia memiliki pengalaman dengan pesawat tersebut selama 20 tahun. Selama karirnya, ia pernah mengalami musibah, yaitu kehilangan 4 teman satu skuadronnya ketika latihan terbang rutin, setahun sebelum kecelakaan. Dampak psikologis dari musibah ini diduga mengubah kepribadian Tsu yang berujung pada kecelakaan pesawat SilkAir tersebut.



-dipi-
 
20 Desember

* 1917 - Polisi rahasa Soviet pertama, Cheka, didirikan. Felix Edmundovich Dzerzhinsky ditunjuk sebagai pemimpin pertamanya.

Cheka langsung dibentuk setelah Revolusi Oktober, ketika dalam hari-hari awal pemerintahan Bolshevik yang menggantikan organisasi Okhranka dari tsar. Organisasi ini bertugas dalam menginvestigasi para kontra-revolusi dan sabotase, kemudian menangani penahanan masal, pemenjaraan, dan eksekusi "musuh masyarakat". Cheka berperan dalam penindasan pemberontakan Krinstadt pada 1921, dan mengampanyekan penindasan tersebut sebagau Teror Merah.

Pada 1922, Cheka diubah menjadi administrasi politis negara atau GPU, sebuah bagian dari NKVD dari RSFS Rusia.

* 1949 - Kabinet dan Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat dilantik

* 1995 - IFOR, yang dipimpin NATO, memulai misi perdamaiannya di Bosnia dan Herzegovina.

IFOR (Implementation Force) adalah pasukan multinasional pimpinan NATO di Bosnia-Herzegovina yang mendapat mandat selama satu tahun antara 20 Desember 1995 sampai 20 Desember 1996 dengan sandi Operation Joint Endeavour untuk menerapkan The General Framework Agreement for Peace (GFAP) in Bosnia and Herzegovinayang sebelumnya dilaksanakan UNPROFOR.

* 1999 - Makau resmi dikembalikan kepada Republik Rakyat Cina dari Portugal.

Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Cina Makau atau disingkat Makau adalah sebuah wilayah kecil di pesisir selatan Cina.

Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Cina, sejak abad ke-16. Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada Republik Rakyat Cina (RRC) pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Cina.

Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam bahasa Kantonis; selain itu, bahasa Mandarin, bahasa Portugis dan bahasa Inggris juga digunakan.


-dipi-
 
21 Desember

* 1891 - Olahraga bola basket dimainkan untuk pertama kalinya.

* 1898 - Marie dan Pierre Curie menemukan radium.

Radium adalah sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Ra dan nomor atom 88.

Radium berwarna hampir putih bersih, namun akan teroksidasi jika terekspos kepada udara dan berubah menjadi hitam. Radium mempunyai tingkat radioaktivitas yang tinggi. Isotopnya yang paling stabil, Ra-226, mempunyai waktu paruh selama 1602 tahun dan kemudian berubah menjadi gas radon.

* 1913 - Arthur Wynne mempublikasikan TTS di New York World.

Arthur Wynne (1862 - 1945), lahir di Liverpool, Inggris, adalah seorang editor dan pembuat permainan teki-teki di Britania dan Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penemu teka-teki silang pada 1913.

Ia bekerja di media New York World, hingga suatu hari ia diperintahkan untuk membuat sebuah permainan untuk dimuat di koran. Wynne mendapat ide dari permainan yang sering ia temui saat masa kanak-kanak, yakni Kotak Ajaib. Dengan pengubahan menjadi teki-teki silang. Permainan ini dimuat pada New York World edisi 21 Desember 1913.

* 1972 - Jerman Barat dan Jerman Timur menandatangani akhir perselisihan lebih 2 dasawarsa.

* 1980 - Sebuah bom teror meledak dan menghancurkan pesawat Boeing 747 pada penerbangan Pan Am 103 di atas Lockerbie, Skotlandia. 270 orang tewas.

Pan Am Penerbangan 103 (juga dikenal sebagai pengeboman Lockerbie atau bencana udara Lockerbie di Kerajaan Bersatu; dan juga disebut tragedi atau musibah Lockerbie) adalah penerbangan harian Pan American World Airways dari Bandara Internasional Heathrow, London ke Bandara Internasional John F. Kennedy, New York. Pada 21 Desember 1988 pesawat Boeing 747-100 terdaftar N739PA dan bernama "Clipper Maid of the Seas" meledak di udara pada saat terbang di atas Lockerbie, Dumfries dan Galloway, Skotlandia, ketika sebuah 340-450 gram peledak plastik diledakkan di tempat kargo depan, memicu kejadian-kejadian selanjutnya yang menuju kehancuran pesawat dengan cepat. Angin dengan kecepatan 100 knot (190 km/j) menyebarkan penumpang dan barang lainnya sepanjang 130 km. Dua ratus tujuh puluh satu orang dari 21 negara meninggal, termasuk 11 orang di atas tanah.

Musibah ini menjadi subyek pencarian kriminal terbesar Britania, dipimpin oleh pasukan polisinya yang kecil. Dipandang sebagai penyerangan terhadap Amerika Serikat (189 penumpangnya warga negara Amerika Serikat), kejadian ini merupakan serangan paling menelan banyak korban sampai Serangan 11 September.

Setelah investigasi selama tiga tahun oleh Constabulary Dumfries dan Galloway Skotlandia dan FBI AS, pernyataan dari sekitar 15.000 saksi mata dikumpulkan, tuduhan pembunuhan dikeluarkan pada 13 November 1991 terhadap Abdelbase Ali Mohmed Al Megrahi, seorang pejabat intelijen Libya dan kepala keamanan untuk Libyan Arab Airlines (LAA), dan Al Amin Khalifa Fhimah, stasiun manajer LAA di Bandara Luqa, Malta.

Sanksi Perserikatan Bangsa-bangsa terhadap Libia dan negosiasi dengan pemimpin Libia Kolonel Muammar Gaddafi menghasilkan diserahkannya terdakwa kepada polisi Skotlandia di Belanda yang dipilih sebagai tempat netral pada 5 April 1999. Pada 31 Januari 2001 Megrahi dinyatakan bersalah atas pembunuhan oleh suatu panel yang terdiri dari tiga hakim Skotlandia dan dijatuhi hukuman penjara selama 27 tahun. Fhimah dinyatakan bebas.-- Permintaan banding Megrahi terhadap keputusan pengadilan atas dirinya ditolak pada 14 Maret 2002, dan permohonannya kepada Pengadilan Hak-hak Asasi Manusia Eropa dinyatakan tidak dapat diterima pada bulan Juli 2003. Pada 23 September 2003 Megrahi mengajukan permohonan peninjauan kembali atas keputusan Scottish Criminal Cases Review Commission (SCCRC), dan agar perkaranya dilimpahkan kembali sebagai permohonan banding baru kepada Pengadilan Tinggi/Mahkamah Pengadilan (High Court). Ia ditempatkan di penjara Greenock dekat Glasgow,dalam rangka menjalani hukumannya, di mana ia terus menyatakan dirinya tidak bersalah.


-dipi-
 
22 Desember

* 1885 - Ito Hirobumi, seorang samurai, menjadi Perdana Menteri Jepang pertama.

Ito_hirobumi_portrait.jpg

Itō Hirobumi (1841–1909, juga dipanggil Hirofumi/Hakubun) adalah seorang politisi Jepang dan Perdana Menteri Jepang yang pertama (dan juga ke 5, 7, dan 10).

Ito adalah putra angkat seorang samurai Choshu dan sendiri memperoleh gelar samurai pada 1863, namun kunjungannya ke Inggris pada tahun yang sama meyakinkan dirinya bahwa Jepang perlu melakukan modernisasi ala Barat. Pada 1864 dia kembali ke Jepang dengan Inoue Kaoru untuk mencoba mencegah klan Choshu yang ingin memulai peperangan melawan para orang asing mengenai hak melintasi Selat Shimonoseki. Pada saat itu dia bertemu Ernest Satow untuk pertama kalinya, yang kemudian menjadi teman baiknya. Suematsu Kencho menikahi putri keduanya, Ikuko.

Setelah Restorasi Meiji, Ito bertugas menjadi seorang penasehat muda di berbagai departemen pemerintah. Pada 1873, Ito diangkat menjadi penasehat penuh dan setelah kematian Okubo Toshimichi pada 1878 dia menjadi menteri dalam negeri dan mendominasi pemerintahan. Saat tahun 1881 dia berhasil memaksa Okuma Shigenobu untuk mengundurkan diri dan memperoleh posisi penting tersebut sendiri. Dia mengepalai beberapa misi untuk mempelajari pemerintahan asing dan kemudian menetapkan sebuah kabinet dan pelayanan sipil pada 1885 berdasarkan ide-ide yang diperoleh dari Eropa, menggantikan Dajokan sebagai lembaga pemerintah yang mempunyai hak mengambil keputusan dan menjadikan dirinya Perdana Menteri Jepang pertama.

Ide pemerintahan konstitusi didapatkannya dari menjadi anggota dari misi Iwakura. Dia mendirikan salah sebuah partai politik Jepang terawal, Rikkenseiyukai. Pada tahun 1885 dia menegosiasikan Konvensi Tientsin dengan Li Hung-chang. Dia juga mensupervisi perancangan Konstitusi Meiji 1889. Ito tetap menjabat sebagai ketua Dewan Penasehat Tinggi ketika Kuroda Kiyotaka dan Yamagata Aritomo menjabat sebagai Perdana Menteri.

Semasa menjabat sebagai Perdana Menteri kembali pada (1892-96), dia mendukung Perang Sino-Jepang (1894-1895) dan menegosiasikan Perjanjian Shimonoseki pada Maret 1895. Seusai perang dia menjadi pimpinan pertama partai Seiyukai, menjadi oposisi melawanYamagata Aritomo.Pada masa baktinya sebagai perdana menteri yang ketiga dan keempat (1898-1899, 1900-1901) dia mencoba menegosiasikan sebuah perjanjian dengan Rusia sebelum dipaksa mundur dari jabatannya oleh politisi-politisi yang lebih militeristik. Dia tetap merupakan orang yang kuat di pemerintahan ketika posisi perdana menteri berturut-turut dipegang oleh Saionji Kimmochi dan Katsura Taro.

Pada November 1905, setelah Perang Rusia-Jepang, Korea dijajah pasukan Jepang dan pemerintah Korea dipaksa untuk menanda tangani Perjanjian Protektorat; Ito menjadi gubernur jendral pertama di sana pada 1906. Dia memaksa pemimpin Korea Raja Gojong, untuk mengundurkan diri pada 1907 untuk digantikan anaknya Raja Sunjong dan mendorong tercapainya Konvensi Jepang-Korea (1907) yang memberikan Jepang kekuasaan yang cukup besar terhadap masalah dalam negeri Korea.

Meski mengundurkan diri dari posisi Gubernur Jendral Korea pada 1909, Ito dibunuh di Harbin,Manchuria oleh seorang nasionalis Korea bernama An Jung-geun. Kematiannya memicu penjajahan penuh terhadap Korea pada 1910 melalui Perjanjian Penjajahan Jepang-Korea.

* 1928 - Kongres perempuan Indonesia pertama diadakan di Yogyakarta, momen ini kemudian ditetapkan sebagai Hari ibu Nasional.

* 1948 - Syafruddin Prawiranegara memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatra Barat

Mr. Syafruddin Prawiranegara, atau juga ditulis Sjafruddin Prawiranegara (lahir di Serang, Banten, 28 Februari 1911 – meninggal di Jakarta, 15 Februari 1989 pada umur 77 tahun) adalah pejuang pada masa kemerdekaan Republik Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Presiden/Ketua PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) ketika pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda saat Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948.

* 1989 - Gerbang Brandenburg di Berlin kembali dibuka setelah ditutup selama hampir 30 tahun, mengakhiri pembagian antara Jerman Timur dan Jerman Barat.

Gerbang Brandenburg (Jerman: Brandenburger Tor) merupakan bekas gerbang kota dan salah satu simbol utama Berlin, Jerman. Terletak antara Pariser Platz dan Platz des 18. März dan merupakan satu-satunya gerbang yang tersisa yang sebelumnya pintu masuk ke Berlin. Satu blok ke utara berdiri Reichstag. Gerbang ini mengawali pemindahan Unter den Linden, jalan terkenal dengan pohon linden yang mengarah langsung ke kediaman kerajaan. Diusulkan oleh Friedrich Wilhelm II sebagai simbol perdamaian dan dibangun oleh Carl Gotthard Langhans sejak 1788 hingga 1791.


-dipi-
 
23 Desember

* 619 - Bonifatius V menjadi Paus

Paus Bonifasius V (Napoli, ?–25 Oktober 625) adalah seorang Paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari tahun 619 hingga 625. Ia diangkat sebagai Paus pada 23 Desember 619. Ia banyak berjasa dalam mengubah warga Inggris menjadi bergama Kristen dan juga membuat dekrit yang menjadikan gereja sebagai tempat perlindungan bagi para kriminal.

Bonifasius V dimakamkan di Basilika Santo Petrus pada 25 Oktober 625.

* 1947 - Transistor untuk pertama kalinya diperlihatkan di Laboratorium Bell

Bell Laboratories (juga dikenal dengan nama Bell Labs dan sebelumnya dengan nama AT&T Bell Laboratories dan Bell Telephone Laboratories) adalah bagian dari organisasi riset dan pengembangan dari Alcatel-Lucent dan sebelumnya dari United States Bell System. Bell Labs bermarkas di Murray Hill, Amerika Serikat, dan memiliki fasilitas riset dan pengembangan di berbagai tempat di dunia. Konsentrasi utama fasilitasnya adalah di utara New Jersey.

* 1954 - Transplantasi organ hati yang pertama dilakukan di Boston.

* 1979 - Unit militer Uni Soviet menduduki Kabul, ibu kota Afganistan

Kabul adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Afganistan dengan jumlah penduduk sekitar 2 – 4 juta jiwa. Sebuah terowongan menghubungkan Kabul dengan perbatasan Tajikistan di bawah Pegunungan Hindu Kush.

Komoditas-komoditas yang dihasilkan di Kabul antara lain baju, bit gula, furnitur dan perlengkapan senjata. Kinerja produktivitas ekonomi Kabul berkurang akibat peperangan yang berlanjut sejak 1979.

Usia Kabul lebih dari 3.000 tahun. Banyak kerajaan berperang mempererbutkan kota ini, karena lokasinya yg strategis sepanjang rute perdagangan Asia Selatan dan Tengah. Pada 1504, Babur membuat tempat ini ibukota Kekaisaran Moghul. Pada 1776, Timur Shah Durrani membuatnya menjadi ibukota Afghanistan modern.


-dipi-
 
24 Desember

* 1818 - Lagu Silent Night (Malam Kudus) digubah oleh Franz Xaver Gruber.

"Malam Kudus" adalah sebuah lagu Natal tradisional yang populer. Kata-kata lagu ini aslinya yang berjudul Stille Nacht ditulis dalam bahasa Jerman oleh seorang pastor Austria Fr. Josef Mohr sementara lagunya disusun oleh pemimpin paduan suara Austria Franz X. Gruber. Versi melodinya yang biasanya dinyanyikan sekarang agak berbeda sedikit (khususnya dalam bagian akhirnya) dari lagu aslinya karangan Gruber.

Lagu ini pertama kali dibawakan di Nicola-Kirche (Gereja St. Nikolas) di Oberndorf, Austria pada 25 Desember 1818. Sebelumnya, Mohr sudah menyusun kata-katanya pada 1816, tetapi pada malam Natal ia membawanya ke Gruber dan memintanya untuk menyusun melodinya serta iringan gitarnya untuk lagu itu. Hal ini disebabkan karena orgel di Nicola-Kirche sedang rusak malam itu. Mulanya, Gruber tidak setuju dengan usul Mohr karena ia khawatir bahwa orang-orang yang datang ke gereja itu tidak akan menyukai musiknya yang dimainkan dengan gitar. Tetapi ia tak dapat berbuat apa-apa. Gruber akhirnya menerima usul Mohr dan mengerjakan musiknya. Ketika musiknya selesai disusun, misa hanya tinggal beberapa jam saja. Mulanya orang-orang yang datang ke gereja itu terheran-heran mendengarkan musik itu dibawakan dengan gitar, namun mereka segera terpesona oleh melodinya yang indah.

Nicola-Kirche dihancurkan pada awal 1900-an karena rusak akibat banjir dan karena pusat kota itu dipindahkan ke hulu sungai yang lokasinya lebih aman, dengan sebuah gereja baru yang dibangun di sana dekat jembatan yang baru. Sebuah kapel kecil, yang disebut "Stille-Nacht-Gedächtniskapelle" (Kapel Peringatan Malam Kudus), dibangun di tempat gereja lama yang sudah dibongkar dan sebuah rumah di dekatnya dijadikan museum, menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia sepanjang tahun, namun terutama di bulan Desember.

Manuskrip aslinya telah hilang, namun sebuah manuskrip yang ditemukan pada 1995 ditulis tangan oleh Mohr dan diperkirakan oleh para peneliti berasal dari sekitar tahun 1820. Manuskrip ini memperlihatkan bahwa Mohr menulis kata-katanya pada 1816 ketika ia ditempatkan di sebuah gereja peziarah di Mariapfarr, Austria, dan bahwa musiknya dikarang oleh Gruber pada 1818. Ini adalah naskah tertua yang ada dan satu-satunya yang ditulis oleh Mohr. Komposisi Gruber dipengaruhi oleh tradisi musik daerah pedesaan tempat tinggalnya. Melodi Malam Kudus mirip dengan aspek-aspek musik rakyat dan yodeling Austria.

Sebuah cerita populer mengklaim bahwa setelah dibawakan, lagu Natal ini segera terlupakan. Baru ketika seorang reparasi orgel menemukan naskah ini pada 1825 dan menghidupkannya kembali. Namun Gruber menerbitkan berbagai aransemen dari lagu ini sepanjang hidupnya, dan kini kita memiliki kumpulan aransemen Mohr (sekitar 1820) yang disimpan di Museum Carolino Augusteum di Salzburg.

* 1906 - Program radio pertama diudarakan.

* 1943 - Jendral AS Dwight D. Eisenhower menjadi komandan besar Sekutu.

Dwight David Eisenhower, terlahir David Dwight Eisenhower (lahir di Denison, Texas, 14 Oktober 1890 – meninggal di Washington, D.C., 28 Maret 1969 pada umur 78 tahun), atau juga dikenal dengan nama panggilan "Ike", tentara dan politikus Amerika. Ia menjabat Presiden Amerika Serikat ke-34 (1953–1961).

Pada Perang Dunia II, ia adalah Panglima Tertinggi Sekutu di Eropa dengan pangkat Jenderal Angkatan Darat . Pada 3 Januari 1959, ia meresmikan penetapan Alaska sebagai negara bagian yang ke-49 yang merupakan wilayah terluas di Amerika. Eisenhower adalah satu-satunya presiden yang pernah berdinas dalam Perang Dunia I maupun Perang Dunia II.

Sebelum menjadi Presiden Amerika ke-34, Dwight Eisenhower telah mempunyai karier yang mengesankan dalam bidang kemiliteran. Ia mahir sekali dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota staf, dan ia menjalankan tugas di bawah tiga Jenderal, antara lain Jenderal Douglas McArthur.

Setelah Jepang menyerang Teluk Mutiara di Hawaii, pada Desember 1940. Kepala Staf Amerika Jendral George Marshall, mengangkat Dwight Eisenhower menjadi Kepala Bagian Perencanaan Perang Staf Umum Departemen Perang Amerika, dan kemudian menjadi Pembantu Kepala Staf.Tak lama sesudah itu ia naik pangkat menjadi Mayor Jenderal.

Pada November 1942 sebagai Letnan Jenderal, Dwight Eisenhower memimpin pendaratan tentara sekutu di Afrika Utara.

Pada 1944 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi Pasukan Sekutu yang menyerbu Perancis. Penyerbuan itu akhirnya menghasilkan penyerahan Jerman pada 8 Mei 1945.

* 1968 - Awak kapal USS Pueblo dibebaskan dari tuduhan spionase.



-dipi-
 
25 Desember

* 800 - Pengangkatan Charlemagne sebagai Kaisar Suci Romawi di Roma.

Karel yang Agung atau Karel Agung (Perancis: Charlemagne; bahasa Latin: Carolus Magnus atau Karolus Magnus; bahasa Jerman: Karl der Große; bahasa Inggris: Charles the Great, bahasa Italia: Carlo Magno) (742 atau 747 – 28 Januari 814), adalah raja kaum Frank dari 768 sampai 814 dan kaum Lombard dari 774 sampai 814. Ia dinobatkan sebagai Imperator Augustus di Roma pada hari natal tahun 800 oleh Paus Leo III, dan karenanya dianggap merupakan pendiri Kekaisaran Romawi Suci (dengan gelar Karel I). Melalui penaklukan dan pertahanan, ia mengukuhkan dan mengembangkan kekuasaannya hingga meliputi sebagian besar Eropa Barat. Ia sering dianggap merupakan bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang sebagai Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi.

* 1642 - Isaac Newton, bapak fisika modern lahir.

Sir Isaac Newton FRS (lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, 4 Januari 1643 – meninggal 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun; KJ: 25 Desember 1642 – 20 Maret 1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Karya bukunya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Buku ini meletakkan dasar-dasar mekanika klasik. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karyanya ini akhirnya menyirnakan keraguan para ilmuwan akan heliosentrisme dan memajukan revolusi ilmiah.

Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya. Ia juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara.

Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah, Newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan "metode Newton" untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi, dan berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.

Sampai sekarang pun Newton masih sangat berpengaruh di kalangan ilmuwan. Sebuah survei tahun 2005 yang menanyai para ilmuwan dan masyarakat umum di Royal Society mengenai siapakah yang memberikan kontribusi lebih besar dalam sains, apakah Newton atau Albert Einstein, menunjukkan bahwa Newton dianggap memberikan kontribusi yang lebih besar.

* 1868 - Republik Ezo didirikan di Hokkaido.

Republik Ezo (Ezo Kyōwakoku) adalah sebuah bekas negara pecahan dari Jepang yang terletak di pulau yang kini bernama Hokkaido.

Setelah kekalahan pasukan Keshogunan Tokugawa dalam Perang Boshin (1868–1869), salah satu bagian dari angkatan laut shogun yang dipimpin Laksamana Enomoto Takeaki lari ke pulau Ezo di utara, bersama dengan beberapa ribu tentara dan sekelompok penasehat militer Perancis serta pemimpin mereka, Jules Brunet.

Pada 25 Desember 1868, mereka mendirikan sebuah negara republik yang merdeka bernama Republik Ezo. Negara ini menganut model yang diadopsi dari Amerika Serikat, dan Enomoto dilantik sebagai presiden. Ini adalah pemilu pertama yang pernah dilaksanakan di Jepang. Para penguasa Republik Ezo berupaya untuk memperoleh pengakuan internasional, namun gagal.

Pada masa musim dingin, mereka memperkuat pertahanan mereka di sepanjang semenanjung selatan di Hakodate, di mana di tengahnya terdapat benteng Goryokaku.

Tak lama kemudian tentara kekaisaran berhasil mengkonsolidasikan kekuasaan mereka di Jepang daratan, dan pada April 1869 mengirimkan satu armada dan satu pasukan infantri yang berjumlah 7.000 orang ke Ezo. Mereka maju dengan cepat dan menang dalam Pertempuran Hakodate. Goryokaku kemudian dikelilingi pasukan kekaisaran. Enomoto memutuskan untuk menyerahkan diri pada 18 Mei 1869 dan menerima kekuasaan Kaisar Meiji.

Enomoto dipenjara hingga tahun 1872 dan menerima jabatan sebagai pejabat pemerintah di Badan Pertanahan Hokkaido. Ia kemudian menjadi duta besar Jepang untuk Rusia dan menjabat dalam beberapa jabatan kementerian dalam pemerintah Meiji.

* 1941 - Hong Kong menyerah kepada Jepang.

* 1991 - Mikhail Gorbachev mengundurkan diri sebagai presiden Uni Soviet.

Mikhail Sergeyevich Gorbachyov (lahir di Stavropol, 2 Maret 1931; umur 79 tahun) adalah politikus Rusia. Ia adalah mantan pimpinan Uni Soviet, periode 1985 hingga bubarnya pada tahun 1991. Pada 11 Maret 1985, ia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet ketika menggantikan Konstantin Chernenko. Ia melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik. Akibatnya, Uni Soviet bubar. Ia meraih Piala Nobel Perdamaian pada tahun 1990. Ia mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet pada 25 Desember 1991 menyusul kudeta oleh kelompok garis keras di Moskow pada Agustus 1991. Ketika itu terjadi pertentangan atas rencana mengubah bentuk negara. Usahanya bereformasi yang disebut Perestroika untuk mengakhiri Perang Dingin secara tak sengaja juga mengakhiri Uni Soviet dan posisinya yang dominan di dunia.


-dipi-
 
26 Desember


  • 1893 - Mao Zedong dilahirkan di Shaoshan, Hunan, Kerajaan Tiongkok.

    Lahir di sebuah keluarga petani miskin, sejak kecil Mao harus bekerja keras dan hidup prihatin. Meskipun di kemudian hari keadaan ekonomi keluarganya meningkat, tetapi kesengsaraan di masa kecil itu banyak mempengaruhi kehidupannya kelak.

    Ketika kecil, Mao dikirim untuk belajar di sekolah dasar. Pendidikannya sewaktu kecil juga mencakup ajaran-ajaran klasik Konfusianisme. Tetapi pada usia 13 tahun, ayahnya menyuruhnya berhenti bersekolah dan menyuruhnya bekerja di ladang-ladang. Mao memberontak dan bertekad ingin menyelesaikan pendidikannya sehingga ia nekat kabur dari rumah dan melanjutkan pendidikannya di tempat lain. Pada tahun 1905, ia mengikuti ujian negara yang pada saat itu mulai menghapus paham-paham konfusianisme lama; digantikan oleh pendidikan gaya Barat. Hal ini menandakan permulaan ketidakpastian intelektual di Cina.

    Pada tahun 1911, Mao terlibat dalam Revolusi Xinhai yang merupakan revolusi melawan Dinasti Qing yang berakibat kepada runtuhnya kekaisaran Cina yang sudah berkuasa lebih 2000 tahun sejak tahun 221 SM. Tahun 1912, Republik Cina diproklamasikan oleh Sun Yat-sen dan Cina dengan resmi masuk ke zaman republik. Mao lalu melanjutkan sekolahnya dan mempelajari banyak hal antara lain budaya barat. Pada tahun 1918 ia lulus dan lalu kuliah di Universitas Beijing. Di sana ia akan berjumpa dengan para pendiri PKT yang berhaluan Marxis.

  • 2004 - Gempa bumi berkekuatan 9.3 SR mengguncang negara-negara di sekitar Samudra Hindia dan menimbulkan tsunami. Bencana ini menimbulkan korban lebih dari 150 ribu jiwa, sekitar 126 ribu di antaranya merupakan penduduk Aceh, Indonesia. 3-5 juta penduduk kehilangan tempat tinggalnya dan terpaksa tinggal di pengungsian.



-dipi-
 
27 Desember


* 537 - Hagia Sophia selesai dibangun di Konstantinopel.

Hagia Sophia (bahasa Turki: Aya Sofya; "Kebijaksanaan Suci"), Sancta Sophia dalam bahasa Latin atau Aya Sofya dalam bahasa Turki, adalah sebuah bangunan bekas basilika, masjid, dan sekarang museum, di Istanbul.

Didalam Hagia Sophia terdapat surat-surat dari khilafah Utsmaniyah yang berfungsi untuk menjamin, melindungi, dan memakmurkan warganya ataupun orang asing pembawa suaka. Terdapat sekitar 10.000 sampel surat yang ditujukan maupun yang dikeluarkan kepada kholifah.
  • Surat tertua ialah surat sertifikat tanah untuk para pengungsi Yahudi pada tahun 1519 yang lari dari Inkuisisi Spanyol pasca jatuhnya pemerintahan Islam di Al-Andalus.
  • Surat ucapan terima kasih dari Pemerintah Amerika Serikat atas bantuan pangan yang dikirim khalifah pasca Revolusi Amerika abad ke-18.
  • Surat jaminan perlindungan kepada Raja Swedia yang diusir tentara Rusia pada 7 Agustus 1709.
  • Surat yang memberi izin dan ongkos kepada 30 keluarga Yunani yang beremigrasi ke Rusia pada tanggal 13 Rabiul Akhir 1282 H (5 September 1865).Belakangan mereka kembali ke wilayah khilafah.
  • Peraturan bebas [cukai] barang bawaan orang-orang Rusia yang mencari suaka ke wilayah khilafah pasca Revolusi Bolshevik tanggal 25 Desember 1920 M.
* 1945 - Semenanjung Korea terbagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.

Semenanjung Korea (Hangul:Han bando di Korea Selatan, Choson bando di Korea Utara) adalah sebuah semenanjung di Asia Timur, yang memanjang sekitar 1.100 kilometer ke arah selatan daratan Asia kontinental hingga Samudra Pasifik dan dikelilingi Laut Jepang (di Korea dikenal dengan nama "Laut Timur") di timur, Laut China Timur di selatan, dan Laut Kuning di barat. Semenanjung Korea saat ini terbagi menjadi dua negara: Korea Selatan dan Korea Utara. Sebelum perpecahan yang membentuk kedua negara tersebut setelah berakhirnya Perang Dunia II, Korea adalah sebuah entitas politik tunggal selama berabad-abad lamanya yang wilayahnya mencakup wilayah kira-kira di sekitar Semenanjung Korea.

Perbatasan Semenanjung Korea di utara umumnya dianggap sebagai perbatasan politik antara Korea Utara dan Republik Rakyat Cina (1.416 km) dan Rusia (19 km). Perbatasan ini terbentuk secara alami melalui Sungai Yalu (Amnok) dan Sungai Tumen. Menggunakan definisi ini, Semenanjung Korea mempunyai wilayah seluas 220.000 km².

* 1949 - Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia.

* 2007 - Benazir Bhutto dibunuh di Rawalpindi, Pakistan.



-dipi-
 
28 Desember

* 1895 - Menggunakan proyektor film mereka, Lumière Bersaudara memperlihatkan gambar bergerak kepada penonton berbayar untuk pertama kalinya.

Fratelli_Lumiere.jpg


Lumière Bersaudara, yang terdiri dari Louis Jean (Besançon, Perancis, 5 Oktober 1864 –Bandol, 6 Juni 1948) dan Auguste Marie Louis Nicholas (Besançon, 19 Oktober 1862–Lyon, 10 April 1954), adalah penemu cinematographe, sebuah kamera gambar bergerak three-in-one yang terdiri dari kamera gambar bergerak (film) dan perlengkapanya termasuk proyektor. Keduanya merupakan para perintis penyutradaraan dan pembuatan film. Mereka dilahirkan di Twin Valley, Besançon, Perancis namun kemudian besar di Lyon. Ayah mereka menjalankan bisnis fotografi dan keduanya bekerja di perusahaan ayahnya. Louis bekerja sebagai fisikawan sedangkan Auguste sebagai manajer. Louis kemudian membuat beberapa peningkatan pada proses fotografi.

Pada 28 Desember 1895, menggunakan cinematographe (proyektor film) mereka, Louis dan Auguste memperlihatkan gambar bergerak kepada penonton berbayar untuk pertama kalinya.

* 1949 - Presiden berpindah kediaman dari Istana Yogyakarta ke Istana Merdeka.

Istana Yogyakarta yang dikenal dengan nama Gedung Agung terletak di pusat keramaian kota, tepatnya di ujung selatan Jalan Ahmad Yani dahulu dikenal Jalan Malioboro, jantung ibu kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan istana terletak di Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, dan berada pada ketinggian 120 m dari permukaan laut. Kompleks istana ini menempati lahan seluas 43.585 m².
 
29 Desember

* 1891 - Thomas Edison mematenkan radio.
* 1911 - Sun Yat-sen menjadi Presiden Republik Cina
* 1937 - Perjanjian yang mengakui kemerdekaan Republik Irlandia ditandatangani oleh pemimpin Irlandia Selatan dan pemerintah Britania Raya.
* 2003 - Wartawan RCTI yang ditawan oleh GAM, Ersa Siregar, tewas tertembak dalam kontak senjata antara pasukan GAM dan TNI di Desa Alue Matang Aron, Kabupaten Aceh Timur
 
Pindah di sini :D

30 desember

  • "... hari ke-364 (hari ke-365 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 1 hari menjelang akhir tahun.

Peristiwa
  • "... 1880 - Transvaal menjadi sebuah negara republik dan Paul Kruger menjadi presiden yang pertama.
  • "... 1899 - pelantikan Ibrox Stadium.
  • "... 1922 - Republik Sosialis Uni Soviet Resmi Berdiri dan di akui.
  • "... 1947 - Dua kelompok teroris Zionis dalam operasi bersama mereka, menyerang sebuah desa bernama Baladush-Shaikh di Palestina.
  • "... 1949 - Menteri Penerangan Arnold Mononutu mengumumkan nama Batavia menjadi Jakarta.
  • "... 1965 - Ferdinand Marcos menjadi Presiden Filipina.
  • "... 1972 - Presiden AS Richard Nixon menghentikan pengeboman di Vietnam Utara dan mengumumkan proses perdamaian.
  • "... 1987 - Perdana Menteri Robert Mugabe terpilih menjadi Presiden Zimbabwe.
  • "... 1993 - Israel dan Vatikan menjalin hubungan diplomatik.
  • "... 1996 - Pemotongan dana yang diajukan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menimbulkan protes dari 250 ribu pekerja yang menghentikan kerjanya di seluruh wilayah Israel.
  • "... 2000 - Serangkaian ledakan bom di sejumlah tempat di Metro Manila, Filipina, menewaskan 22 orang dan melukai ratusan lainnya.
  • "... 2006 - Saddam Hussein, mantan Presiden Irak dieksekusi para algojo di komplek militer Irak.

Kelahiran
  • "... 1673 - Ahmed III, Sultan Ottoman (meninggal 1736)
  • "... 1678 - William Croft, komposer Inggris (meninggal 1727)
  • "... 1838 - Émile Loubet, Presiden Perancis Ke-7 (meninggal 1929)
  • "... 1851 - Asa Griggs Candler, businesman dan politikus Amerika (meninggal 1929)
  • "... 1853 - André Messager, komposer Perancis (meninggal 1929)
  • "... 1873 - Al Smith, politikus Amerika (meninggal 1944)
  • "... 1878 - William Aberhart, politikus Kanada (meninggal 1943)
  • "... 1884 - Hideki Tojo, Perdana Menteri Jepang (meninggal 1948)
  • "... 1890 - Adolfo Ruiz Cortines, Presiden Meksiko (meninggal 1973)
  • "... 1897 - Alfredo Bracchi, pengarang Italia (meninggal 1976)
  • "... 1910 - Paul Bowles, komposer dan pengarang Amerika (meninggal 1999)
  • "... 1911 - Jeanette Nolan, aktris Amerika (meninggal 1998)
  • "... 1913 - Elyne Mitchell, pengarang Australia (meninggal 2002)
  • "... 1914 - Jo Van Fleet, aktris Amerika (meninggal 1996)
  • "... 1920 - Jack Lord, aktor Amerika (meninggal 1998)
  • "... 1927 - Bernard Barrow, aktor Amerika (meninggal 1993)
  • "... 1929 - Barbara Nichols, aktris Amerika (meninggal 1976)
  • "... 1931 - Skeeter Davis, singer Amerika (meninggal 2004)
  • "... 1933 - Joseph Bologna, aktor Amerika
  • "... 1934 - Joseph P. Hoar, Jenderal Amerika
  • "... 1934 - Del Shannon, singer Amerika (meninggal 1990)
  • "... 1934 - Russ Tamblyn, aktor, danser, dan singer Amerika
  • "... 1935 - Omar Bongo, Presiden Gabon
  • "... 1935 - Jack Riley, aktor Amerika
  • "... 1937 - John Hartford, musisi Amerika (meninggal 2001)
  • "... 1940 - James Burrows, direktur televisi Amerika
  • "... 1942 - Janko Prunk, sejarawan Slovenia
  • "... 1942 - Fred Ward, aktor Amerika
  • "... 1945 - Davy Jones, singer Inggris (The Monkees)
  • "... 1945 - Vernon Wells, aktor Australia
  • "... 1946 - Patti Smith, singer Amerika
  • "... 1947 - Michael Burns, sejarawan Amerika
  • "... 1949 - Jim Flaherty, politikus Kanada
  • "... 1952 - June Anderson, soprano Amerika
  • "... 1953 - Harald Schmautz, wartawan kelahiran Jerman
  • "... 1953 - Meredith Vieira, wartawan televisi Amerika
  • "... 1956 - Suzy Bogguss, singer Amerika
  • "... 1959 - Tracey Ullman, aktris dan singer Inggris
  • "... 1960 - Kelli Maroney, aktris Amerika
  • "... 1961 - Ben Johnson, atlit Kanada
  • "... 1963 - Milan Šrejber, pemain tennis Ceko
  • "... 1964 - Sylvie Moreau, aktris televisi dan film Quebec
  • "... 1969 - Dave England, kru televisi Amerika
  • "... 1969 - Jay Kay, musisi Inggris (Jamiroquai)
  • "... 1971 - Daniel Sunjata, aktor Amerika
  • "... 1972 - Kerry Collins, pemain football Amerika
  • "... 1973 - Jason Behr, aktor Amerika
  • "... 1975 - Tiger Woods, pemain golf asal Amerika Serikat
  • "... 1976 - Meredith Monroe, aktris Amerika
  • "... 1976 - Alex A. Quinn, aktor Amerika
  • "... 1977 - Kenyon Martin, pemain bola basket Amerika
  • "... 1978 - Tyrese, singer Amerika
  • "... 1978 - Zbigniew Robert Promiński drummer Polandia
  • "... 1980 - Eliza Dushku, aktir Amerika
  • "... 1980 - Kenny Kwan, singer Hong Kong
  • "... 1982 - Kristin Kreuk, aktris Kanada
  • "... 1984 - LeBron James, pemain bola basket Amerika

Meninggal
  • "... 1525 - Jacob Fugger, banker Jerman (l. 1459)
  • "... 1572 - Galeazzo Alessi, arsitek Italia (l. 1512)
  • "... 1573 - Giovanni Battista Giraldi, penulis Italia (l. 1504)
  • "... 1591 - Paus Innosensius IX (l. 1519)
  • "... 1662 - Archduke Ferdinand Charles dari Austria (l. 1628)
  • "... 1931 - Hamengkubuwana VII, raja Kesultanan Yogyakarta, dimakamkan di Makam Raja-Raja di Imogiri (l. 1939).
  • "... 1941 - El Lissitzky, artis dan arsitek Rusia (l. 1890)
  • "... 1967 - Vincent Massey, Gubernur Jenderal Kanada (l. 1887)
  • "... 1968 - Trygve Lie, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa pertama (l. 1896)
  • "... 1970 - Sonny Liston, petinju Amerika (l. 1932)
  • "... 1971 - Melba Rae, aktris Amerika (l. 1922)
  • "... 1979 - Richard Rodgers, komposer Amerika (l. 1902)
  • "... 1986 - Era Bell Thompson, wartawan Amerika (l. 1905)
  • "... 1988 - Yuli Daniel, penulis Rusia (l. 1925)
  • "... 1994 - Maureen Starkey, istri Ringo Starr (l. 1946)
  • "... 1995 - Doris Grau, aktris Amerika (l. 1924)
  • "... 1996 - Lew Ayres, aktor Ameria (l. 1908)
  • "... 1997 - Shinichi Hoshi, novelis Jepang (l. 1926)
  • "... 1998 - George Webb, aktor Inggris (l. 1911)
  • "... 1998 - Johnny Moore, penyanyi Amerika (The Drifters) (l. 1934)
  • "... 2002 - Mary Wesley, novelis Inggris (l. 1912)
  • "... 2003 - John Gregory Dunne, penulis Amerika (l. 1932)
  • "... 2003 - Anita Mui, singer dan aktris Hong Kong (l. 1963)
  • "... 2003 - Anita Mui, aktris dan penyanyi Hong Kong (l. 1963)
  • "... 2006 - Saddam Hussein, diktator Irak (l. 1937) meninggal setelah dieksekusi dengan cara digantung.
  • "... 2009 - Abdurrahman Wahid, Presiden RI ke 4 (l. 1940)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top