Keutamaan Sholat Taraweh Berjamaah Hingga Selesai

AbuDzul

New member
Betapa banyak kaum muslimin yang gemar beribadah terutama pada bulan ramadhan karena ingin mendapatkan keutamaan yang banyak yang ALLAH berikan pada bulan ini, sehingga sakin bersemangatnya mereka lupa apa yang mendasari kegiatan (ibadah yang dilakukan). Salah satu contohnya adalah orang yang telah sholat malam berjamaah (sholat taraweh) karena mereka berpemahaman bahwa sholat witir adalah penutup sholat lail padahal mereka ingin menambahnya degan sholat tahajud pada sepertiga malam terkahir maka mereka keluar dari barisan. Pertanyaannya apakah tindakan ini dibenarkan ?
Untuk itu dengan ijin dan mengharapkan wajah ALLAH maka kami berusaha menjelaskan permasalahan ini berdasarkan keterangan ulama.
Diriwayatkan dari Abu Dzar semoga ALLAH meridhoinya berkata : “ Dahulu ketika kami melakukan puasa Ramadhan Rasullullah tidak pernah shalat berjama’ah ( sholat taraweh) dengan kami hingga bulan Ramadhan hanya tersisa tujuh hari lagi (malam ke-23). Lalu Beliau Sholat bersama kami hingga akhir sepertiga malam pertama (kira-kira jam 9.30), pada malam yang ke-26 Beliau tidak lagi sholat berjamaah bersama kami. Namun pada malam sebelumnya (malam ke-25) Beliau sempat sholat berjamaah bersama kami hingga pertengahan mala ( kira-kira jam 12.00). lalu kami bertanya: “ Ya Rasullullah, apakah tidak engkau sisakan sebagian malam agar kami menambah sholat sendiri ? , maka Beliaupun bersabda:
إنّه من قا م مع الامام ?*تّى ينصرف كتب له قيام ليلة
Barangsiapa yang sholat (malam) bersama imam hingga selesai sholatnya, akan dituliskan baginya (pahala) sholat sepanjang malam untuknya.

Hadits diriwayatkan oleh Abu Duwud I/27, Tirmidzi II/72-73 , An Nasa’I I/238 dan Ibnu majaah I/397

Hadits ini pada umumnya dijadikan dasar oleh para ulama untuk menetapkan disyariatkannya shoal malam berjamaah pada bulan ramadhon (Sholat Taraweh), namun secara khusus hadits ini menyiratkan keutamaan sholat malam berjamaah pada bulan Ramadhan.

Syaikh Nashiruddin al Albani menegaskan sabda Beliau “إنّه من قا م مع الامام
Barangsiapa yang sholat (malam) bersama imam, jelas menunjukkan keutamaan sholat malam dibulan Ramadhan berjamaah pendapat beliau ini dikuatkan dengan riwayat dari Imam abu dawud, beliau berkata: “ saya pernah mendengar imam Ahmad ditanya “ Manakah yang lebih menarik hatimu, orang sholat malam berjamaah atau sendiri ?” Beliau menjawab : “ tentu saja orang yang sholat berjamaah”, kemudian Beliau ditanya lagi “ Bagaimana jika orang yang sholat sendiri itu mengakhirkan sholat hingga akhir malam (waktu yang utama) ?, Beliau menanggapi :” Sunnah kaum muslimin tetap aku lebih sukai ( sholat Tarawih hal 15).
Demikianlah pembahasan ini mudah-mudahan menjadi ibrah bagi penulis dan pembaca, semoga semua amal kita diberikan ganjaran agar kelak kita dapat bertemu dan melihat wajahNYA yang maha indah kelak di Syurga (Alkhafi:110)
 
Back
Top