Mengenal Istilah asing

saintsaiya

New member
Chalazion. Pertumbuhan kista kecil yang timbul pada pinggiran pelupuk mata atau pada kulit. Merupakan kista lemak dan tidak mempunyai reaksi peradangan. Kista-kista tersebut biasanya berisi zat kental yang menyerupai madu. Chalazion murni adalah suatu retensi dan sekresi kelenjar meibomian; sehingga disebut juga kista meibomian. Sering terlihat pada anjing, terutama anjing dewasa. Merupakan suatu pembengkakan yang keras dan terbatas, yang membesar secara bertahap hingga sebesar biji kacang polong.


Chakravarti. Julukan bagi raja berkuasa penuh. Menurut etimologi yang diberikan sarjana Sansakerta, Wilson, “(Raja) yang menguasai daerah luas sepanjang mata memandang, sebesar
Chakra”.

Chaperon (Ing.). Pengiring dan pelindung wanita; bertugas mengurus segala sesuatu bagi keperluan wanita baik dalam asrama, latihan maupun dalam pertandingan serta menjaga (mengawasi) keselamatan serta kesehatan selama melawat sampai kembali lagi ke tempat asal.


Challenge Round (Ing.). Undangan untuk mengadakan pertandingan dengan maksud untuk mengetahui siapa pemain atau team dan daerah atau negara mana yang lebih kuat. Hal ini dapat dijumpai dalam pertandingan invitasi.


Cham. Suku bangsa di daerah pantai Annam, Vietnam Tengah. Dulu merupakan penduduk terpenting dari negara *Champa yang merupakan saingan penting dari negara Sriwijaya dalam abad ke-9 sampai ke- 11. Bahasa Cham termasuk rumpun bahasa Austronesia.


Channel (Ing.). Istilah komputer. Alat atau sebuah sub-sistem dari sistem komputer yang menghubungkan *input device dengan input *buffer dan CPU dan yang menghubungkan output buffer dari CPU dengan *output device. Jadi data masuk ke dalam dan ke luar dan CPU melalui channel.

Channel, Selat (Per.: La Manche). Selat antara Inggeris dan Perancis; panjang 560 km. Jalan ke luar pada selat tersebut ialah: Pas de Calais atau Selat Dover; lebar 31 km.


Chantage (Per.). Dalam hukum pidana: termasuk *pemerasan Berasal dari bahasa Perancis: faire chanter quelqu‘un, memeras seorang. Berarti: memaksa seorang menyerahkan barang atau uang dan sebagainya dengan ancaman, antara lain membuka rahasia yang dapat memburukkan namanya di muka umum.



Charge-Body (Ing.). Menyerang atau menyingkirkan rintangan dan lawan yang menghalang-halangi gerak maju dengan badan atau tubuh dengan mempergunakan tangan maupun kaki.


Chargé D’Affaires (Pen.). Kuasa usaha. Jabatan tingkat IV dalam lembaga Perwakilan Diplomatik.


Charles. Nama sejumlah raja Franka, Kekaisaran Romawi Suci dan Perancis yang memerintah antara tahun 768—1830. Di antaranya yang terkenal ialah Charles I (742—814), juga dikenal sebagai Charlemagne (Per.) atau Carolus Magma (Lat.) atau Karel Agung. Raja terakhir dengan nama ini adalah Charles X (memerintah tahun 1824— 1830), pemimpin kaum emigres selama revolusi; saudara dari Louis XVI dan Louis XVIII yang digantikannya; beraliran reaksioner sewaktu memerintah. Charles X turun takhta dan diusir dari Perancis setelah Revolusi Juli 1830.

Hukum Charles, Koefisien pengembangan zat padat dan zat cair sangat berbeda-beda. Tidak demikian dengan gas. Koefisien pengembangan gas apa saja sama, yakni 1/273 volumenya pada 0°C per derajat. Hukum ini dirumuskan oleh Charles (1787) dan oleh Gay Lusaac (1802). Hukum ini tidak sungguh-sungguh benar. Gas nyata hanya mendekati saja. Bila tekanan juga diubah, hukum ini harus digabung dengan hukum Boyle; Boyle-Charles, hukum.

Charter (Ing.). 1) Istilah hukum internasional; 4piagam. 2) Dalam hukum-pengangkutan: to charter = men-charter, yaitu: a. menyewa kapal atau pesawat udara, b. mengambil kapal untuk charter waktu atau charter jalan.

Charter-Party (Ing.). Akte (surat) perjanjian 5pencataran. Akte ini dapat diminta oleh pihakpihak yang bersangkutan (Pas. 454 K.H. Dagang). Bisa dibuat “kepada pemegang” (Pas. 457 K.H. Dagang).

Chauvinisme. Disebut menurut nama Nicholas Chauvin, prajurit republiken Perancis yang amat setia kepada Napoleon; caranya mengagung-agungkan tanah airnya itu kemudian dikiaskan kepada cinta tanah air yang berlebih-lebihan. Tabiat Chauvin ini terkenal karena cerita sandiwara karangan Scribes Le sodat laboureur; jingoisme.

Chapullepec, Act of (Ing.; Ketetapan Chapultepec). Deklarasi yang dicetuskan 3 Mar 1945 oleh Konferensi Antar-Amerika tentang perang dan damai. Sama halnya dengan Deklarasi Panama yang dibuat tahun 1939 oleh Pan American Union, menandaskan tekad negara-negara Amerika untuk saling membantu dan mencegah negara lain melanggar kemerdekaan mereka. Mendahului Piagam PBB, ketetapan ini menyatakan bahwa kesepakatan antara negara-negara Amerika merupakan persetujuan regional yang bukan tidak sejalan dengan prinsip-pninsip PBB. Ketetapan mi kembali diperluas dengan Perjanjian Rio, 2 Sep 1947.

Cherokee (Ceroki). Suku bangsa Indian di sebelah tenggara Amerika Utara. Bahasanya termasuk sub-keluarga bahasa Muskogean, golongan Iroquois. Dulu banyak terdapat di Georgia, Carolina Utara dan Selatan, Tennessee, Sekarang tinggal 40.000 di bagian barat dan 3.000 di timur.
Cherrapunji. Kota di perbatasan Bangladesh dengan Provinsi Assam, India; terletak di bagian selatan perbukitan Khasi; bercurah hujan terlebat di dunia, 1.300 cm/tahun. Hasil bumi: terutama teh dan karet, di samping kopi.

Che-Li-Fo-Che. Ejaan Cina untuk Sriwijaya sampai abad ke-8. Setelah abad ke-10 San-fo-tsi menjadi ejaan untuk Sriwijaya.

Cheyne-Stokes, Pernapasan. Jenis pernapasan di mana terjadi dispnea (pernapasan sukar) dan apnea (pernapasan berhenti) secara bergantian. Selama masa dispnea, pernapasan menjadi makin lama makin dalam, kemudian makin berkurang lagi, lalu terjadi masa apnea. Pernapasan jenis mi terdapat pada penyakit yang disertai kekurangan zat asam pada otak.

CHH-Belanda “Chung Hwa Hui-Belanda.

Chibeha. Sub-keluarga bahasa yang dipergunakan suku bangsa Indian di Amerika Tengah, selatan Mexico dan Columbia di Amerika Selatan bagian barat laut.

Chip. Keping silikon sangat kecil yang diserapi (Ing.: impregnated) oleh impurities (Ing.). menurut pola-pola tertentu untuk membuat transistor, diode, dan resistor. Rangkaian listrik terjadi jika lapisan tipis dan aluminium atau emas dilekatkan chip.


Chirographum (Yun.: cheir tangan, graphoo = menulis: tulisan tangan). Dalam hukum Romawi: surat hutang atau kwitansi.


Chitin. Bahan keras yang merupakan kulit luar dan hewan berkaki ruas (Lat.: arthropoda). Kulit yang demikian umumnya bersegmen-segmen, sehingga hewan dapat bergerak tidak kaku. Bahan mi tidak dapat dicernakan oleh saluran makanan manusia. Bila dipanaskan bcrubah warna dan kehijau-hijauan menjadi merah.

Chitragupta * Yama.

Chitrakuta. Tempat pertapaan dalam cerita Ramayana karangan Valmiki, di mana Rama dan Sita (di Indonesia Sinta) beberapa kali berteduh. Diperkirakan bertepatan dengan kota yang sekarang bernama Chitrakote, di tepi S. Pisuni di daerah Bundelkhand, India.

Choisan. Keluarga bahasa khas, yang diucapkan suku Bushman penduduk asli pemburu dan peramu di Gurun Kalahari di Afrika Selatan;* Bushmen.

Chola. Nama negara dan kerajaan di India Selatan. Sering dinamakan

Cholamandala, yang dianggap kemudian menjadi Coromandel.

Cholelithiasis. Batu empedu yang terbentuk akibat peradangan selaput lendir kandung empedu yang menimbulkan pengelupasan epithelium dan pengumpulan garam-garam empedu secara bertahap. Penyebab umum adalah infeksi atau parasit yang masuk melalui saluran empedu dan menimbulkan rangsangan. Cholelithiasis dapat timbul selama beberapa waktu tanpa memperlihatkan gejala-gejala yang nyata, tergantung dan lokasi batunya. Bila batu terdapat dalam kandung empedu, akan menimbulkan sedikit gangguan; akan tetapi bila batu bergerak ke saluran empedu, akan terlihat gejala-gejala kolik yang parah; bila batu menghalang-halangi aliran empedu, akan timbul *ikterus

Cho-Po. Ejaan Cina untuk Jawa.

Chorda Dorsalis (Lat.). Rangkaian jaringan yang bingkas di bawah sumsum belakang, yang merupakan dasar poros rangka. Chorda mi terdapat pada semua binatang beruas, baik untuk selamalamanya atau untuk sementara (pada embryo).

Chordata (Lat.). Binatang yang dianggap termasuk bagian pokok binatang bertulang belakang (Lat.: Vertebrate), tetapi tidak mempunyai tulang belakang. Di bawah sumsum belakangnya ada batang jaringan ikat sebagai spon. Mirip ikan tetapi pada tingkat lebih rendah, Kepala berisi sumsum, bukan benak. Pada beberapa chordata diselubungi rawan tipis seperti selaput; jenis lain tidak berselubung. Termasuk chordata misalnya:ikan lanset.
image : Chordata

Checkout (Ing.). I) Urutan tindakan untuk penelitian atau pengujian suatu wahana antariksa atau wahana peluncur, apakah telah siap untuk melaksanakan fungsinya secara baik, 2) Meninggalkan hotel setelah membayar beaya penginapan.

Chef De Mission (Per.). Pemimpin atau kepala suatu rombongan yang membawa suatu tugas atau pekerjaan khusus dan daerah atau negara asal rombongan itu.
 
Bls: Mengenal Istilah asing

Cincinnati. Kota industri dan perdagangan di negara bagian Ohio, Amerika Serikat; terletak di tepi S. Ohio. Penduduk 500 ribu. Industri: mesin-mesin berbagai tipe dan ukuran, mesin jet, sepatu, barang dan kulit, barang kimia, kosmetik, dan alat-alat grafika. Pertanian/peternakan: tergolong dalam wilayah gudang gandum dan jagung; peternakan: babi dan lembu. Hasil tam- bang: batubara, gas alam, minyak bumi. Memiliki 2 universitas, museum dan orkes simfoni Cincinnati. Komunikasi dengan kota-kota di sekitarnya dilakukan dengan kereta api, mobil atau pesawat terbang.

Cincin Peluru. Bagian bantalan peluru, merupakan suatu cincin atau gelang kerangka untuk penempatan peluru dalam alur peluru agar jarak antara peluru tetap.
Cincin Saturnus *Saturnus.

Cincin Seret. Cincin dan logam (biasanya kuningan) yang dipasang tersekat dan konsentris pada poros mesin berputar yang dihubungkan dengan ujung-ujung lilitan dan dipasang pada bagian berputar (rotor). Dengan memakai sikatsikat arang yang tertekan pada cincin seret tadi, hubungan listrik dapat diselenggarakan dengan lilitan pada rotor. Dengan demikian cincin seret dapat menyalurkan arus searah ke kumparan rotor yang bekerja sebagai elektromagnet, misalnya pada generator atau motor sinkron; atau menghubungkan rotor dan motor induksi dengan tahanan pengatur di luar motor.

Cineac (Per.). *Bioskop, tempat diadakan pertunjukan terus-menerus (berita dan reportase). Cineas. Orang yang memberi pimpinan artistik sebagai sutradara dan juru kamera pada pembuatan sebuah film. Nama ini berasal dari jaman *avant garde (Per.: angkatan muda) dalam dunia film.

Cinema (Yun.: kinema = gerakan). Gedung *bjoskop

Cinemascope. Sistem untuk memperlebar/memperluas gambar film; ditemukan oleh guru besar Perancis H. Chretien pada tahun 1953. Flak ciptanya dijual kepada 20th. Century Fox (1951) yang kemudian memberi nama cinemascope. Gambar dibuat atas film 35 mm dengan perbandingan gambar 1: 1,175. Dengan memakai ekspandi faktor 2 perbandingan gambar proyeksi menjadi b
2,35.

Cinematheque (Per.). Juga disebut Filmothek (Jer.) ataufl!m archive (Ing.). Perpustakaan film, tempat penyimpanan film untuk bacaan tentang film.

Cinerama. Sistem pertunjukan film dengan 11 layar dalam ruangan 360°. Dibuat dan diperkembangkan oleh Walt Disney Production 1955. Baik pemuatan gambar maupun proyeksinya memakai 11 proyektor yang bekerja secara serempak. Penonton merasa di tengah-tengah apa yang tenjadi di sekelilingnya. Biasa dipakai dalam pameranpameran besar.
Cipan, Tapir (Lat.: Tapirus indicus). Atau tenuk, babi-alu, kuda air; termasuk satwa yang dibindungi, karena langka. Terdapat di hutan primer dan sekunder, umumnya dekat sungai di Lampung, Sumatera Sebatan, Jambi, Riau, dan Bengkulu. Juga terdapat di Burma Selatan, Muangthai Barat dan Selatan.
 
Bls: Mengenal Istilah asing

Civitas (Lat.). Di Roma jaman kuno: kewarganeganaan, artinya: kewargaan masyanakat Rumawi serta kedudukan hukum menunut Jus civile. Sekarang persatuan, misalnya: civitas academica, yaitu para mahaguru, lektor, mahasiswa dan sebagainya yang tenikat pada univensitas.


Cisiunar. Dikatakan tentang fenomena, proyek atau kegiatan di antariksa antara bumi dan bulan atau antara bumi dan orbit mengitari bulan.


Civil Aviation Safety Regulations (CASR) *angkutan udara.

Civilization=peradaban

Civics. Disebut pula Ilmu Kewarganegaraan. Pengetahuan atau ajaran tentang hak dan kewajiban warga negara, tentang pemerintahan dan susunannya; merupakan cabang ilmu pengetahuan politik tata kerja sistem ekonomi dan politik. Diajarkan pada semua sekolah dan tingkat rendah sampai tertinggi di Indonesia.

Cirrus (Lat.; lambang: Ci). Jenis awan berbentuk benang-benang halus, kelompok-kelompok besar atau kecil atau sederetan kecil yang terdiri atas kristal es.

Citra (Ing.: image). Gambar rekaan yang ditimbulkan oleh daya-khayal seorang seniman pada khususnya dan setiap orang pada umumnya. Citra merupakan buah-hasil penginderaan (Ing.: sensation), pengamatan, kesan dan daya-khayal yang dipadukan secara tepat. Tak akan dapat dihasilkan karya seni tanpa kemampuan si seniman untuk menimbulkan citra-citra yang mengandung apresiasi pada penerima.


Civil Rights (Ing.; Hak-hak Sipil). Nama undang-undang yang diserahkan presiden Amerika Serikat, Kennedy, kepada Congress Jun 1963, dan akhirnya diterima Senat 19 Jun 1964, guna mengakhiri segregasi (pemisahan). 1966, House of Representatives menerima suatu rencana undang-undang yang disampaikan Presiden Johnson guna mengakhiri diskriminasi rasial dalam penjualan dan penyewaan rumah. 11 Mar 1968, Senat akhinnya menerima rancangan undang-undang yang mencakup perlindungan hak-hak sipil di bidang perumahan, pengendalian huru-hara, tata hidup sipil serta hak-hak suku Indian Amerika.
 
Last edited:
Bls: Mengenal Istilah asing

nice info nih tapi kenapa istilahnya huruf awal C semua ya???
Kalau boleh usul di urt sesuai abjad deh non/den
 
Back
Top