Pilek Anakku Tak Kunjung Sembuh

nurcahyo

New member
Pilek Anakku Tak Kunjung Sembuh


Saya memiliki anak berusia 18 bulan dalam 1 bulan ini ia mengalami pilek 2 kali yang pertama saya bawa ke puskesmas sembuh yang kedua saya bawa ke puskesmas lagi samapi obatnya habis pileknya belum sembuh dan juga matanya yang sebelah kanan selalu berair sebenarnya penyakit apa yang diderita anak saya ya dok, nafsu makannya bagus
Dian Anggraeni Ekasari, 28 tahun
Jawaban :
Dear ananda Dian,

Sebelumnya kami minta maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan ananda. Beberapa minggu ini kami telah disibukan oleh pekerjaan sehari-hari kami yang begitu menumpuk. Harap ananda bisa maklum dan tidak jera berkonsultasi dengan kami di mediasehat.com.

Keluhan-keluhan yang dialami anak ananda ini, pilek yang tidak sembuh-sembuh juga dan mata selalu berair, bisa jadi merupakan reaksi - reaksi alergi.

Pilek itu adalah reaksi keluarnya lendir berlebih dari saluran hidung, dan memang sebenarnya pilek ini bisa dianggap suatu reaksi dari tubuh itu sendiri melawan kuman / zat alergen yang mencoba masuk melalui rongga hidung, reaksi ini lebih tepatnya dilakukan oleh kelenjar lendir yang ada di liang hidung, dengan cara membungkus / menjerat kuman atau zat alergen dengan produksi lendir yang berlebih dan sekaligus mengeluarkannya. Nah, karena ananda bilang pileknya anak ananda ini tidak sembuh dengan obat pilek biasa, maka besar kemungkinan ini adalah reaksi alergi.

Mata berair - kelenjar air mata keluar berlebih, juga bisa dianggap reaksi melawan kuman / zat alergen yang berusaha masuk dan menginfeksi ke mata. Apalagi ananda bilang, cuma mata sebelah kanannya saja yang selalu berair.. ini berarti mata sebelah kanannya-lah yang kerap terpapar zat alergen.

Kalau anak memberikan reaksi alergi, itu berarti area sekitar anak itu mengandung zat alergen (bisa berupa kotoran, debu, serbuk sari, helaian benang, rambut, serpihan kulit dan serangga-serangga yang sangat kecil). Kalau anak masih terpapar zat alergen, maka matanya dan hidungnya akan tetap bermasalah. Kebersihan rumah dan area sekitar anak haruslah dijaga dengan benar. Perhatikan kebersihan dari kotoran dan debu seprai dan sarung bantal - guling si anak, kursi, sofa dan karpet... Kalau perlu cuci tiap 2 hari sekali, atau bisa dijemur di bawah sinar matahari langsung dan dibersihkan dengan menggunakan mesin penyedot debu dan kotoran, dan masih banyak lagi cara yang bisa terpikirkan untuk menjaga kebersihan rumah dan area sekitar anak ananda.

Namun, tidak ada salahnya untuk membawa anak ananda ini ke dokter spesialis anak atau spesialis mata, untuk opini yang lebih tepat, karena kami, tim konsultasi mediasehat, jelas-jelas tidak memeriksa langsung anak ananda dan jelas-jelas tidak akan bisa mendiagnosa kenapa anak ananda sebenarnya / apa yang terjadi sebenarnya hanya dengan deskripsi yang diberikan di sini. Pemeriksaan langsung oleh dokter, terutama yang ahli, sudah pasti bisa mendiagnosa ada apa sebenarnya.

Demikian penjelasan kami, semoga bisa membantu.

Salam, Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat.com
 
Back
Top