Kota Dachau

Mikoto

New member
Kota Dachau

dachau23.jpg


Kota industri di Republik Federasi Jerman, di tepi S. Ampa; Penduduk 30 ribu. Berdekatan dengan kamp-konsentrasi Jerman yang pertama (1933).
 
Bls: [Budaya] Kota Dachau

Dachau (bahasa Bayern: Dachau) adalah sebuah kota di sebelah selatan Jerman, di negara bagian Bayern. Terletak sekitar 20 km dari Munchen, Dachau kini adalah kawasan pemukiman yang populer bagi orang-orang yang bekerja di Munchen. Saat ini penduduknya berjumlah sekitar 40.000 jiwa. Kota ini mempunyai pusat kota yang bersejarah, dengan istana yang dibangun pada abad ke-18.

Dachau didirikan pada abad ke-8 dan merupakan kampung halaman banyak seniman pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Penulis Ludwig Thoma dilahirkan di sana.

Sayangnya, Dachau lebih dikenal sebagai tempat yang cukup dekat dengan kamp konsentrasi Dachau yang terkenal, kamp konsentrasi berskala-besar pertama di Jerman, hasil bangunan rezim Nazi pada 1933.

Kamp konsentrasi Dachau

Kamp konsentasi Dachau merupakan kamp konsentrasi Nazi yang terletak di Dachau, yang berada di utara München, Bayern, Jerman bagian selatan.

Kamp konsentrasi Dachau dibuka pada tanggal 21 Maret 1933, bersamaan dengan naiknya Adolf Hitler ke puncak kekuasaan.

Bersama dengan kamp konsentrasi Auschwitz, kamp Dachau berperan sebagai prototipe bagi kamp konsentrasi Nazi lainnya.

Organisasi dasar, tata letak dan rencana pembangunan kamp Dachau dikembangkan oleh Komandan Theodor Eicke yang kemudian menjadi inspektur kepala bagi seluruh kamp konsentrasi di Jerman Nazi.

Terdapat sekitar 200.000 tawanan dari sekitar 30 negara yang dibawa ke Dachau. 25.613 tahanan dipercaya tewas di kamp tersebut dan hampir 10.000 di subkampnya, terutama karena penyakit, malnutrisi, dan bunuh diri. Pada awal 1945, terjadi wabah tifus di kamp tersebut yang diikuti oleh evakuasi, di mana sebagian besar tawanan yang lemah meninggal.

Dari awal pendiriannya, kamp konsentrasi Dachau ditujukan untuk menahan lawan politik, kriminal, penderita sakit jiwa, orang Rom, homoseksual, dan Yahudi.


-dipi-
 
Back
Top