Negara North Dakota atau Dakota utara

Takoyaki

New member
Negara North Dakota atau Dakota utara

north-dakota.jpg



Dakota Utara (Ing.: North Dakota disingkat: N.D.). Negara bagian Amerika Serikat ke-39, ibu kota Bismark; luas 183.022 km2 penduduk 619 ribu.

TOPOGRAFI, Deretan dataran tinggi terdapat di wiIayah bagian barat, terpotong aliran S. Missouri dan cabang-cabangnya merupakan dataran rendah glasial yang luas. Di wilayah timur terbentang dataran rendah subur, menjadi pusat aktivitas pertanian sebagai lumbung gandum, kentang dan gula bit. Daerah pcrtanian mi dialini S. Merah (Red River), S. Sheyenne dan S. James. Hutan-hutan kultur di bagian barat ditanami berbagai jenis kayu untuk bahan dasar pabrik kertas dan bahan bangunan.

PETERNAKAN. Lembu, babi, biri-biri dan ternak unggas.

INDUSTRI Yang dominan adalah industri-industri bahan makanan dan minuman; industri lainnya: kertas/kertas koran dan bahan bangunan. Barang tambang dan bahan galian: minyak bumi, gas alam, batu bara, uranium, molibdonum, garam dapur; batu-batu hias dan batu bahan bangunan.

PENDIDIKAN. Memiliki universitas-universitas negeri dan swasta yaitu Universitas Negeri Dakota Utara, Universitas Dakota Utara (Swasta), “Dickinson State College”, “Minot State College” dan “Valley City State College”. Tempat rekreasi yang mendapat banyak pengunjung adalah “Peace Garden” luas 889 ha, terbentang sampai ke tapal batas Provinsi Manitoba (Canada). Museum sejarah dan D. Sakakawea (terbentuk sebagai akibat dibangunnya Bendungan Garrison di S. Missouri).
 
Back
Top